Sabtu, 21/09/2024 07:48 WIB

Rusia: Tidak Ada Hambatan Persetujuan WHO terhadap Vaksin Sputnik V

Vaksin Sputnik V, banyak digunakan di Rusia dan disetujui untuk digunakan di lebih dari 70 negara, sedang ditinjau oleh WHO dan European Medicines Agency (EMA).

Sputnik V, vaksin Covid-19 buatan Rusia (foto: Middleeast)

Mokow, Jurnas.com - Menteri Kesehatan Rusia, Mikhail Murashko mengatakan pada Sabtu (2/10), semua hambatan untuk mendaftarkan vaksin Sputnik V COVID-19 Rusia ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah dibersihkan dan hanya beberapa dokumen yang harus diselesaikan.

Vaksin Sputnik V, banyak digunakan di Rusia dan disetujui untuk digunakan di lebih dari 70 negara, sedang ditinjau oleh WHO dan European Medicines Agency (EMA). Persetujuan mereka dapat membuka pasar baru untuk bidikan tersebut, terutama di Eropa.

Murashko telah bertemu dengan direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di Jenewa.

"Posisi Rusia tentang promosi dan pendaftaran vaksin Sputnik V telah didengar, kami telah menghapus semua pertanyaan untuk hari ini," kata Murashko seperti dikutip oleh kantor berita Interfax.

Dia mengatakan bahwa perusahaan yang menangani pendaftaran Sputnik V di WHO hanya "harus menandatangani beberapa dokumen, menyerahkan beberapa surat tambahan".

WHO tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

WHO mengatakan pada bulan Juli tinjauannya tentang bagaimana Rusia memproduksi vaksin Sputnik V telah menemukan beberapa masalah dengan pengisian botol di satu pabrik. Pabrikan mengatakan sejak itu telah mengatasi semua kekhawatiran WHO. (Reuterws)

KEYWORD :

Sputnik V Rusia Mikhail Murashko




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :