Selasa, 18/06/2024 20:13 WIB

DEN Instruksikan Daerah Buat Perencanaan Energi

DEN tentunya akan mendorong dan memfasilitasi daerah dalam menyusun Rencana Umum Energi Daerah.

Dewan_Energi_Nasional

Jakarta - Dewan Energi Nasional (DEN) mendesak agar setiap daerah menyusun Rencana Umum Energi Daerah (RUED) untuk menindaklanjuti Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang telah disahkan oleh Presiden Jokowi.

"Kita (DEN) tentunya akan mendorong dan memfasilitasi daerah dalam menyusun Rencana Umum Energi Daerah," ujar Anggota DEN Tumiran, menyampaikan hasil Sidang Anggota DEN ke-20, Selasa (24/1/2017).

Dalam menyusun REUD ini, lanjut Tumiran, daerah bisa menggandeng akademisi dan para ahli yang kompeten. DEN pun berharap agar setiap daerah memakai jasa konsultan agar REUD itu benar-benar akurat.

RUED sendiri akan menjadi acuan dan road map dalam upaya memenuhi kebutuhan energi daerah, sekaligus menjaga ketahanan energi nasional. Potensi energi yang ada di daerah-daerah pun nantinya dapat dipetakan untuk selanjutnya dimanfaatkan.

"Kami juga mengusulkan agar dibentuk forum energi daerah. Nanti DEN akan memberikan bimbingan teknis dalam menyusun RUED, kerja sama dengan Bappenas," jelas Tumiran seperti dikutip Antara.

KEYWORD :

DEN REUD Tumiran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :