Senin, 09/09/2024 10:36 WIB

Efektif, Cara Kreatif BPIP Tanamkan Nilai Pancasila ke Generasi Bangsa Lewat Musik

BPIP memiliki cara kreatif dalam menananmkan nilai-nilan Pancasila ke generasi bangsa. Salah satunya dengan musik.

BPIP menggunakan cara-cara kreatif untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila ke generasi bangsa. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggunakan cara-cara kreatif untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila. Salah satunya lewat musik. Karena itulah, BPIP menggelar roadshow Bedah Musik Kebangsaan di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Salah satunya di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) yang jadi tuan rumah Bedah Musik Kebangsaan. BPIP menggandeng Sinergy For Indonesia dalam konser yang dipusatkan di auditorium Fakultas Kedokteran Unsrat, Selasa (06/12/2022).

Musisi Irang Arkad eks BIP, Conrad Good Vibration, Indra Sabil dan Nova Rianty. Tak sekedar menghibur, mereka membakar rasa nasionalisme mahasiswa Unsrat lewat lagu-lagu nasional. Sejumlah lagu yang dibawakan adalah lagu wajib nasional Dari Sabang Sampai Merauke, Bangun Pemudi Pemuda, Anak Negeri, Garuda, Sempurnaku Disini (Indonesia), Rayuan Pulau Kelapa, Indonesia Rumah Kita, Pacasila Sudah Final yang telah diubah dengan gaya kekinian.

Hotrun Siregar SSos MSi, Plh Direktur Sosialisasi BPIP mengatakan, menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda bisa lewat banyak cara.

"Menginternalisasi nilai-nilai Pancasila bisa melalui musik salah satu di antaranya. Bisa juga melalui kuliner, lukisan, fotografi maupun cara konvensional hingga multimedia," kata Hotrun baru-baru ini.

Musik adalah instrumen universal yang sangat efektif dijadikan alat penyampaian pesan. Bahkan lebih dari itu, musik juga diyakini dapat menjadi media untuk melakukan internalisasi nilai-nilai kepada pendengarnya. "Termasuk nilai-nilai Pancasila," singkatnya.

BPIP rencananya menggelar roadhow Bedah Musik Kebangsaan di enam kampus di Indonesia. Sebelum Manado, roadshow sudah digelar di Jakarta, Malang, Mataram. Setelah ini akan digelar di Bali dan Medan.

"Nilai-nilai Pancasila disosialisasikan tidak lagi dalam bentuk indoktronisasi," tegas Hotrun.

Tampil juga berbagi ilmu kepada 300-an mahasiswa Unsrat, akademisi sekaligus pelaku seni, Dr Ir James JH Paulus MSi, Wakil Dekan 3 Fakultas Perikanan Unsrat dan Ketua Umum MPM Unsrat, Yosua Sinaulan.

Kolaborasi antara Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care telah menelurkan satu album musik bertema kebangsaan berjudul Nyanyian Rumah Indonesia. Sinergy for Indonesia adalah komunitas anak muda yang fokus dalam gerakan membanguns emangat kebangsaan. Komunitas ini diinisiasi Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, S. Si., M. T yang juga merupakan produser eksekutif sekaligus penulis lirik salah satu lagu yang ada dalam album Nyanyian Rumah Indonesia.

KEYWORD :

BPIP Pancasila Musik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :