Kamis, 03/10/2024 13:31 WIB

Presiden Jokowi: ASEAN Masih Relevan di Tengah Krisis Global

Hal itu disampaikan Jokowi  saat membuka acara Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (29/1).

Presiden Joko Widodo memberikan arahannya pada pembukaan Rapat Kerja Nasional membahas Strategi Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta Program Percepatan Penurunan Stunting tahun 2023, Jakarta, Rabu (25/1).

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meyakini peran Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) masih penting dan relevan bagi dunia di tengah situasi global yang sulit akibat berbagai krisis.

Hal itu disampaikan Jokowi  saat membuka acara Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (29/1).

“Kita telah menjalankan Presidensi G20 dengan baik, dan tahun ini Indonesia menjadi Ketua ASEAN di tengah-tengah situasi global yang sangat tidak mudah. Krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, semuanya, perang, semuanya sedang terjadi,” kata Jokowi.

“Tetapi, saya meyakini bahwa ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat, bagi kawasan dan bagi dunia,” imbuhnya.

Jokowi mengatakan,  ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik. Kepala Negara optimistis, ASEAN akan dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi.

“Bahwa ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN mates epicentrum of growth,” ujarnya.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim. Pada pagi hari ini secara resmi saya nyatakan kick of keketuaan ASEAN Indonesia 2023 dimulai,” ucap Jokowi.

KEYWORD :

Presiden Jokowi Joko Widodo ASEAN Krisis Global




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :