Sabtu, 21/09/2024 14:51 WIB

Usai Memberontak di Rusia, Wagner Kini Latih Tentara di Belarusia

Belarusia mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan kelompok tentara bayaran Wagner untuk melatih tentaranya.

Seorang pria mengenakan seragam kamuflase berjalan keluar dari PMC Wagner Center, yang merupakan proyek yang dilaksanakan oleh pengusaha dan pendiri kelompok militer swasta Wagner Yevgeny Prigozhin, saat pembukaan resmi blok kantor di Saint Petersburg, Rusia, 4 November 2022 (Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Belarusia mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan kelompok tentara bayaran Wagner untuk melatih tentaranya, setelah pemimpin dan pejuang Wagner melakukan pemberontakan singkat bulan lalu terhadap kepemimpinan militer Kremlin.

Kementerian Pertahanan Belarusia mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat (14/7) bahwa mereka telah mengembangkan peta jalan dengan manajemen Grup Wagner "dalam waktu dekat untuk pelatihan dan transfer pengalaman antara unit-unit dari berbagai cabang angkatan bersenjata".

Sebelum pemberontakannya, Wagner telah memainkan peran kunci dalam perang Rusia di Ukraina, yang berlangsung selama 17 bulan.

Kementerian tidak mengatakan berapa banyak pejuang Wagner yang berada di Belarusia atau menentukan apakah akan ada lebih banyak lagi, tetapi menambahkan akan terus memberi informasi kepada publik “tentang pekerjaan yang akan datang”.

Kementerian juga merilis sebuah video yang menunjukkan pejuang Wagner menginstruksikan tentara Belarusia di jarak militer dekat kota Asipovichy, sekitar 90 km (56 mil) tenggara ibu kota, Minsk.

Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko membantu menengahi kesepakatan untuk mengakhiri pemberontakan berumur pendek Wagner pada 23-24 Juni ketika kelompok tersebut menguasai kota Rostov-on-Don di Rusia selatan dan berbaris menuju Moskow, menembak jatuh sejumlah helikopter militer Rusia dan membunuh pilot mereka.

Di bawah kesepakatan itu, kepala Wagner Yevgeny Prigozhin memberhentikan tentara bayarannya dengan imbalan Rusia membatalkan tuduhan pemberontakan.

Prigozhin tidak terlihat di depan umum sejak meninggalkan Rostov pada 24 Juni.

Kremlin telah mengkonfirmasi tetapi hanya memberikan sedikit rincian tentang pertemuan di Moskow antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Prigozhin serta komandan Wagner lainnya lima hari setelah pemberontakan.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Kamis malam, Putin mengatakan dia telah menawarkan jalan ke depan bagi para pejuang Wagner.

"Mereka semua bisa berkumpul di satu tempat dan terus mengabdi," kata Putin seperti dikutip Kommersant. "Tidak ada yang akan berubah untuk mereka. Mereka akan dipimpin oleh orang yang sama, yang merupakan komandan mereka yang sebenarnya selama ini."

Putin mengatakan banyak pasukan Wagner mengangguk menyetujui proposal tersebut, tetapi Prigozhin, yang duduk di depan dan tidak melihat reaksi mereka, dengan cepat menolaknya, menjawab, "Anak laki-laki tidak akan setuju dengan keputusan seperti itu."

Wagner, yang merekrut secara ekstensif dari penjara Rusia, telah beroperasi dalam bayang-bayang selama bertahun-tahun. Itu menjadi sorotan selama pertempuran di Ukraina meskipun faktanya perusahaan militer swasta ilegal di Rusia.

Putin, yang sebelumnya membantah adanya hubungan antara pemerintah Rusia dan Wagner, setelah pemberontakan mengakui bahwa perusahaan Prigozhin telah menerima miliaran dolar dari negara.

Dia mencatat bahwa penyelidik akan menyelidiki apakah ada dana yang telah dicuri, sebuah peringatan kepada Prigozhin bahwa dia dapat menghadapi tuntutan keuangan.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Tentara Bayaran Wagner Pemberontakan Wagner di Rusia Perang Rusia Ukraina Belarusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :