Minggu, 08/09/2024 08:35 WIB

Ejek Tarian Selandia Baru, Kapten Spanyol Minta Maaf

Ejek Tarian Selandia Baru, Kapten Spanyol Minta Maaf

Kapten timnas Spanyol, Ivana Andres (Foto: Goal/Getty Images)

Wellington, Jurnas.com - Kapten tim nasional (timnas) Spanyol, Ivana Andres, meminta maaf kepada pemerintah dan publik Selandia Baru, atas dugaan mengejek tarian perang tradisional Haka.

Sebelumnya, video yang berisi empat pemain timnas perempuan Spanyol yang mencoba selebrasi haka, diposting dan viral di media sosial.

Unggahan tak lama kemudian dihapus, setelah warganet menuduh kelompok tersebut mengejek tarian perang tradisional milik suku Maori ini.

Dikutip dari Goal pada Selasa (18/7), Andres membacakan surat permintaan maaf kepada sesepuh dan anggota Rangitane O Manawatu iwi (suku) pada sebuah upacara pada Senin kemarin.

Dia juga menyerahkan jersey Spanyol sebagai tanda permintaan maaf, karena tidak memahami lebih dalam mengenai Tari Haka.

"Kami baru berada di Aotearoa (Selandia Baru) selama beberapa hari dan kami harus belajar banyak tentang budaya Anda," kata bek Real Madrid tersebut.

"Oleh karena itu, terima kasih banyak atas kebaikan hati yang telah mendedikasikan beberapa menit kebijaksanaan Anda, terutama di momen penting seperti Matariki," imbuh dia. Matariki adalah Tahun Baru Maori, yang jatuh pada 14 Juli.

Diketahui, timnas Spanyol bermain melawan Kosta Rika, Zambia dan Jepang di babak penyisihan grup Piala Dunia Perempuan.

KEYWORD :

Ivana Andres Timnas Spanyol Selandia Baru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :