Minggu, 08/09/2024 07:27 WIB

Wamendes Paiman Tinjau Embung di Gemblegan Kalikotes Klaten

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo meninjau embung di Desa Gemblegan

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo usai meninjau embung di Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Jumat (28/7/2023). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

Klaten, Jurnas.com - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo meninjau embung di Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Jumat (28/7/2023) sore.

Wamendes Paiman mengatakan, potensi embung di Desa Gemblegan itu memiliki nilai ekonomi. Bahkan saat musim kemarau, Embung tersebut tidak mengalami kekeringan.

"Embung ini telah dikelola BUMDes tapi untuk pemancingan sebulan sekali bahkan terkadang hanya 6 bulan sekali. Tetapi kegiatan tersebut menambah pemasukan untuk desa," kata Wamendes Paiman.

Namun, Wamendes Paiman melihat potensi embung itu bisa lebih dimaksimalkan dengan unit usaha yang lain.

Potensi air di Embung itu cukup bersih dan tidak surut meski musim kemarau.

"Nantinya embung ini bisa dimaksimalkan dengan pembuatan penyulingan untuk air mineral," kata Wamendes Paiman.

"Nama bisa Air Berkah Air Sehat ,Aquades atau Kalikotes karena kondisinya yang bagus," kata Wamendes PDTT yang juga Rektor Universitas Moestopo Beragama ini.

Selain itu, perlu menggandeng investor-investor lokal termasuk yang berasal dari Kecamatan Kalikotes.

Para Investor ini, kata Wamendes Paiman, nantinya bisa diajak untuk membangun potensi-potensi desa yang belum tergali.

"Saya kira Kades, Camat dan perangkat desa harus inovatif dan kreatif untuk manfaatkan potensi-potensi desa," kata Wamendes Paiman.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, kata Wamendea Paiman, akan mendukung program-program itu sesuai regulasi dan ketersediaan anggaran yang ada.

Dalam kunjungan itu, Wamendes Paiman didampingi Camat Kalikotes Retno Setyaningsih dan Muspika Kalikotes serta Kades Gemblegan H. Waluyo.

Sebelum agenda kunjungan, Wamenden Paiman bertemu warga Desa Gemblegan untuk mendengarkan aspirasi yang disampaikan perwakilan warga, sekaligus memantau penyerapan pemanfaatan dana desa.

KEYWORD :

Wamendes PDTT Paiman Raharjo Embung Gemblegan Kalikotes Klaten




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :