Senin, 23/09/2024 01:22 WIB

Tak Banyak Orang Tahu, Ternyata Daun Pare Bisa Merawat Kulit

Manfaat daun pare ternyata bagus untuk kesehatan, tidak heran banyak yang menggunakan daun pare sebagai obat tradisional.

Manfaat daun pare untuk kesehatan ( Foto :iStock )

Jakarta, Jurnas.com - Dibalik pahitnya buah pare ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan. Namun, tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, ternyata daun pare bisa dimanfaatkan bagi kesehatan, salah satunya dengan dibuat teh herbal untuk mengobati sejumlah penyakit, mulai dari tekanan darah tinggi, hingga sembelit.

Beberapa manfaat daun pare mengutip dari Healthline :

Memperkuat imunitas tubuh

Ini dikarenakan memiliki sifat antimikroba dan antivirus yang bisa membantu menangkal flu maupun penyakit infeksi umum lainnya. Daun ini juga diyakini bisa membasmi cacing dan parasit di pencernaan, sehingga kesehatan usus tetap terjaga. 

Penurun kadar gula darah

Biasanya, orang yang menggunakan daun pare sebagai pengobatan diabetes alami akan meminumnya dalam bentuk teh secara teratur. Selain itu, bisa menurunkan gula darah, daun pare juga dianggap bisa menurunkan resistensi insulin dan peradangan. 

Menurunkan darah tinggi

Menurut sebuah sebuah survei yang dilakukan pada 345 orang Jamaika pada tahun 2020, daun pare disebut sebagai salah satu obat herbal yang paling banyak digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan diabetes.

Sehingga, manfaat daun pare dalam menurunkan tekanan darah tinggi ini kemungkinan diperoleh dari kandungan asam galat dan kalium yang ada di dalamnya.

Mengurangi risiko kanker

Potensi manfaat kesehatan lainnya adalah penurunan risiko kanker, seperti kanker prostat, serviks, lambung, paru-paru, dan kanker kulit.Meskipun demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat ini.

Dapat merawat kulit

Anda bisa dengan berendam teh daun pare untuk dapat membantu meringankan berbagai gejala kondisi kulit, seperti ruam, eksim, jerawat, bisul luka dan juga lecet.

Caranya, rebus daun pare dan batangnya, lalu dibiarkan hingga dingin. Setelah itu, gunakan air rebusan tersebut untuk mandi atau berendam beberapa kali dalam seminggu.

KEYWORD :

Daun pare khasiat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :