Rabu, 26/06/2024 10:51 WIB

Diduga Tak Netral di Pemilu 2024, Puskapi Minta PJ Bupati Muna Dicopot

Jika Pj kepala daerah menyampaikan dukungan terbuka terhadap capres tertentu, maka ada kemungkinan perangkat kekuasaan di daerah tersebut akan digunakan untuk memenangkan capres tertentu dan ini masuk kategori penyalahgunaan kekuasaan. Praktik seperti ini merusak demokrasi dan mencederai upaya mewujudkan pemilu bersih

PJ Bupati Muna Barat, Bahri. (Foto: Net)

Jakarta, Jurnas.com - Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Sulawesi Tenggara, Bahri diminta dicopot dari jabatannya. Dia diduga mengkampanyekan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dalam video yang viral beberapa waktu lalu.

"Jika Pj Kepala Daerah terbukti melanggar maka harus di copot," kata Direktur Komunikasi Publik Pusat Kajian Pemilu Indonesia (Puskapi), Zaenal Abidin, Kamis (16/11).

Dia menegaskan, pernyataan dukungan terhadap kandidat capres tertentu bertentangan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Yakni terkait instruksi kepada kepala daerah agar bersikap netral dalam Pemilu 2024.

"Sikap Presiden Jokowi dan Mendagri telah jelas, memerintahkan Pj kepala daerah agar bersikap netral dalam Pilpres 2024, perintah itu semestinya menjadi acuan bagi semua Pj kepala daerah. Mereka tidak boleh memperlihatkan sikap yang bertentangan dengan perintah tersebut karena mereka dipilih oleh presiden," tegas Zaenal.

Di samping itu, Zaenal menyebut pernyataan Bahri yang disampaikan secara terbuka di depan umum itu berpotensi mencederai proses demokrasi. Kemudian, bisa memicu polemik berkepanjangan di tengah masyarakat Muna Barat. Khususnya masyarakat yang memiliki sikap politik berbeda pada Pilpres 2024.

"Jika Pj kepala daerah menyampaikan dukungan terbuka terhadap capres tertentu, maka ada kemungkinan perangkat kekuasaan di daerah tersebut akan digunakan untuk memenangkan capres tertentu dan ini masuk kategori penyalahgunaan kekuasaan. Praktik seperti ini merusak demokrasi dan mencederai upaya mewujudkan pemilu bersih," ungkap Zaenal.

Menurutnya, hajatan Pilpres di depan mata menjadi ujian tersendiri bagi kepala daerah dan Pj kepala daerah. Netralitas mereka dalam kapasitas sebagai pejabat sangat dibutuhkan demi menghadirkan pilpres yang jujur, bersih, dan adil.

"Kasus OTT KPK terhadap Pj Bupati Sorong (Yan Piet Mosso) dalam dugaan tindak pidana korupsi yang ditemukan surat pakta integritas memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 sebagai tanda adanya dugaan permainan elite mengatur pejabat daerah," bebernya.

Untuk diketahui, Pj Bupati Muna Barat, Bahri telah dilaporkan ke Bawaslu. Laporan ini buntut diduga mengkampanyekan Capres Ganjar Pranowo dan calon anggota DPD Laode Umar Bonte.

"Maka kami Advokat yang tergabung dalam Advokat Pemantau Netralitas ASN (APENA) melaporkan kejadian tersebut ke Bawaslu RI atas dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilu Tahun 2024," kata Koordinator Apena Suhono melalui keterangan tertulis, kemarin.

Pelanggaran Bahri dinilai terekam dalam sebuah video. Rekaman tersebut viral di media sosial. Dia menjelaskan Bahri diangkat sebagai Pj Bupati Muna Barat berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 100.2.1.3-1199 Tahun 2023 juncto Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 131.74-1207 Tahun 2022.

Kampanye yang dilakukan Bahri terhadap dua calon itu dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara. Bahri juga dinilai melanggar Surat Keputusan Bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Menteri Dalam Negeri, Kepala Badan Kepegawaian Negara, dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2022, Nomor 800-5474 Tahun 2022, Nomor 246 Tahun 2022, Nomor 30 Tahun 2022, dan Nomor 1447.1/PM.01/K.1/2022 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan.

"Saudara Bahri selaku Penjabat Bupati Muna Barat dan aparatur sipil negara (ASN) sudah seharusnya wajib menjaga netralitas dalam Pemilu Tahun 2024," ungkap dia.

 

KEYWORD :

PJ Bupati Muna Barat Puskapi Bahri Pemilu 2024 Pilpres Ganjar Pranowo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :