Minggu, 08/09/2024 07:10 WIB

Prabowo Terima Kenaikan Pangkat Istimewa Jenderal TNI Hari Ini

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan menerima tanda kehormatan kenaikan pangkat menjadi jenderal TNI bintang 4.

Prabowo Subianto dalam debat capres-cawapres di Kantor KPU.

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan menerima tanda kehormatan kenaikan pangkat menjadi jenderal TNI bintang 4. Prabowo dijadwalkan menerima penganugerahan pangkat istimewa menjadi Jenderal TNI (HOR) tersebut pada Rapim TNI di Mabes TNI hari ini, Rabu (28/2).

Juru bicara Menhan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, pemberian jenderal kehormatan bintang 4 juga sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2009.

"Benar, besok (hari ini, red) Pak Prabowo akan hadir di Rapim TNI dan rencananya akan menerima Keppres dari Presiden terkait dengan tanda kehormatan berupa kenaikan pangkat secara istimewa menjadi Jenderal TNI. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan," kata Dahnil Anzar Simanjuntak.

Selain Prabowo, kata Dahnil, sejumlah tokoh militer juga pernah menerima tanda kehormatan serupa. Adapun beberapa alasan pemberian tanda kehormatan itu kepada Prabowo adalah dedikasi serta kontribusi dalam dunia militer dan pertahanan.

"Hal yang sama pernah diperoleh oleh Pak Jenderal SBY, Pak Luhut, Pak Hendropriyono, dan beberapa tokoh yang lain," kata Dahnil.

Dahnil mengatakan tanda kehormatan yang akan diterima Prabowo merupakan usul Mabes TNI kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Oleh sebab itu, Pak Prabowo diputuskan diusulkan oleh Mabes TNI kepada Presiden untuk diberikan jenderal penuh dan insyaallah besok Pak Prabowo akan menerima tanda kehormatan kenaikan pangkat istimewa tersebut di Mabes TNI," terangnya.

TNI-Polri bakal menggelar rapat pimpinan (rapim) hari ini. Presiden Jokowi diagendakan hadir dalam kegiatan tersebut.

"Bapak Presiden datang," kata Mensesneg Pratikno di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (27/2).

Namun Pratikno tak menjawab gamblang soal apakah Jokowi akan menyerahkan secara langsung kenaikan pangkat yang akan diterima Prabowo Subianto. Pratikno hanya menjelaskan Jokowi bakal menyampaikan sambutan di acara Rapim TNI-Polri.

KEYWORD :

Prabowo MenhanSubianto -Terima Kenaikan Pangkat Istimewa Jenderal TNI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :