Minggu, 08/09/2024 07:06 WIB

FBI Berupaya Menangkap Peretas dari Geng Kriminal Scattered Spider

FBI Berupaya Menangkap Peretas dari Geng Kriminal Scattered Spider

Proyeksi kode siber pada pria berkerudung digambarkan dalam gambar ilustrasi yang diambil pada 13 Mei 2017. REUTERS

SAN FRANCISCO - FBI AS sedang berupaya untuk menuntut para peretas dari geng kriminal agresif Scattered Spider yang sebagian besar berbasis di AS dan negara-negara barat dan telah menyusup ke puluhan organisasi Amerika, kata seorang pejabat senior.

Para peretas muda menjadi berita utama tahun lalu ketika mereka membobol sistem operator kasino MGM Resorts International (MGM.N), dan Caesars Entertainment (CZR.O), mengunci sistem perusahaan dan menuntut pembayaran uang tebusan yang besar.

Mulai dari perusahaan kesehatan dan telekomunikasi hingga jasa keuangan, mereka telah meretas sejumlah organisasi selama dua tahun, memberikan tekanan pada lembaga penegak hukum untuk menggagalkannya.

“Kami berupaya untuk menuntut individu yang melakukan tindakan kriminal, dalam kasus ini, sebagian besar terkait dengan Undang-Undang Penipuan dan Penyalahgunaan Komputer,” Brett Leatherman, wakil asisten direktur dunia maya FBI, mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Kelompok ini merupakan aliansi yang jarang terjadi antara peretas di negara-negara Barat dengan penjahat cyber veteran dari Eropa Timur, katanya di sela-sela Konferensi RSA di San Francisco, Rabu.

“Seringkali kita tidak melihat adanya percampuran peretas geografis yang bekerja sama di luar batas-batas hacktivisme, misalnya,” katanya.

Peneliti keamanan telah melacak Scattered Spider setidaknya sejak tahun 2022 dan mengatakan bahwa kelompok tersebut jauh lebih agresif dibandingkan geng kejahatan dunia maya lainnya – khususnya terampil dalam membajak identitas staf pusat bantuan TI untuk menembus jaringan perusahaan. Caesars membayar sekitar $15 juta untuk membebaskan sistemnya dari para peretas.

Dalam obrolan dengan para korbannya, kelompok tersebut terkadang mengancam akan melakukan kekerasan fisik, sehingga membuat beberapa peneliti khawatir.

Tampaknya aktivitas geng tersebut menurun pada bulan Januari, namun aktivitasnya “cukup berat saat ini,” kata Charles Carmakal, kepala bagian teknologi di bagian keamanan Mandiant Google yang telah menangani beberapa korban.

Geng tersebut telah menargetkan lebih dari 100 organisasi dalam dua tahun, mendapatkan akses tertentu ke semua organisasi tersebut, dan berhasil melakukan phishing kepada orang-orang secara rutin, katanya.

Mengingat intensitas serangan mereka, beberapa ahli mengkritik kurangnya penangkapan, terutama karena mereka berbasis di negara-negara Barat.

Leatherman mengatakan perusahaan keamanan swasta membantu FBI mengumpulkan bukti.

“Ini adalah kelompok yang sangat penting bagi kami untuk terus melihat peluang disrupsi,” katanya.

“Kami mempunyai beban pembuktian tertentu yang harus kami penuhi untuk melakukan operasi penegakan hukum. Dan kami sedang menuju ke arah itu secepat yang kami bisa,” katanya.

Ada satu penangkapan yang diketahui. Pada bulan Januari, FBI mendakwa Noah Urban yang berusia 19 tahun dari Florida atas penipuan kawat, yang menurut Leatherman dilakukan dengan Scattered Spider.

Penangkapan lebih lanjut mungkin akan terjadi. Beberapa anggota geng tersebut masih di bawah umur, namun FBI dapat menggunakan undang-undang negara bagian dan lokal untuk membawa mereka ke pengadilan, kata Leatherman.

“Itu secara historis sangat, sangat efektif,” katanya.

KEYWORD :

Peretas FBI Amerika Geng Kriminal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :