Minggu, 29/09/2024 04:21 WIB

Berupaya Ciptakan Zona Penyangga, Rusia Terus Serang Kharkiv di Ukraina

Berupaya Ciptakan Zona Penyangga, Rusia Terus Serang Kharkiv di Ukraina

Seorang petugas pemadam kebakaran bekerja di lokasi serangan rudal Rusia, di Kharkiv, Ukraina 4 Mei 2024. REUTERS

KYIV - Pasukan Rusia melancarkan serangan darat lapis baja pada Jumat di dekat kota Kharkiv kedua di Ukraina di timur laut negara itu dan membuat terobosan kecil, membuka front baru dalam perang yang telah lama terjadi di wilayah timur dan Ukraina. selatan.

Ukraina mengirim bala bantuan ketika pertempuran berkecamuk di daerah perbatasan di wilayah tersebut, kata kementerian pertahanan, seraya menambahkan bahwa Rusia telah menggempur kota perbatasan Vovchansk dengan bom udara dan artileri berpemandu.

“Rusia telah memulai gelombang baru tindakan serangan balasan ke arah ini,” kata Presiden Volodymyr Zelenskiy pada konferensi pers di Kyiv. “Sekarang terjadi pertempuran sengit ke arah ini.”

Ukraina telah memperingatkan akan adanya penumpukan pasukan Rusia di wilayah tersebut, yang berpotensi menandakan persiapan untuk serangan atau upaya untuk mengalihkan dan menangkap pasukan Ukraina yang jumlahnya terlalu banyak dan jumlahnya lebih banyak. Tidak jelas apakah Moskow akan melancarkan serangan tersebut.

Zelenskiy mengatakan Rusia mungkin sedang mempersiapkan serangan besar-besaran pada musim semi atau musim panas ini. Pasukan Kyiv bersiap menghadapi serangan hari Jumat, namun Moskow bisa mengirim lebih banyak pasukan ke daerah tersebut, katanya kepada wartawan.

“Sekitar pukul 5 pagi, ada upaya musuh untuk menerobos garis pertahanan kami di bawah perlindungan kendaraan lapis baja,” kata kementerian pertahanan.

“Sampai sekarang, serangan-serangan ini telah berhasil digagalkan; pertempuran dengan intensitas yang berbeda-beda terus berlanjut.”
Gubernur wilayah Kharkiv mengatakan sepanjang perbatasan dan permukiman di dalamnya merupakan “zona abu-abu” dan membenarkan adanya pertempuran aktif.

Sumber senior militer Ukraina yang menolak disebutkan namanya mengatakan pasukan Rusia telah mendorong sejauh 1 km (0,6 mil) ke dalam perbatasan Ukraina dekat Vovchansk.

Sumber tersebut mengatakan pasukan Rusia bertujuan untuk mendorong pasukan Ukraina sejauh 10 km ke wilayah Ukraina sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan zona penyangga, namun pasukan Kyiv berusaha menahan mereka.

Setidaknya dua warga sipil tewas dan lima lainnya terluka dalam penembakan besar-besaran Rusia terhadap pemukiman perbatasan, kata Oleh Synehubov, gubernur wilayah Kharkiv.

“Yang bisa dilakukan musuh hanyalah menyerang kelompok kecil tertentu, bisa disebut kelompok sabotase dan pengintaian atau yang lainnya, dan menguji posisi militer kita,” ujarnya di televisi.

Di Vovchansk, sebuah kota perbatasan dengan populasi sebelum perang sebanyak 17.000 jiwa dan telah menyusut menjadi beberapa ribu jiwa, pihak berwenang mengatakan mereka membantu warga sipil mengungsi dari pemukiman dan daerah sekitarnya akibat penembakan besar-besaran.

Ukraina mengusir pasukan Rusia dari sebagian besar wilayah Kharkiv pada tahun 2022, menyusul invasi besar-besaran Rusia pada bulan Februari tahun itu. Namun setelah menghadapi serangan balasan Ukraina tahun lalu, pasukan Rusia kembali melakukan serangan dan perlahan-lahan maju di wilayah Donetsk yang terletak lebih jauh ke selatan.

Kekhawatiran Ukraina meningkat pada bulan Maret atas niat Kremlin di wilayah Kharkiv ketika Presiden Rusia Vladimir Putin menyerukan pembentukan zona penyangga di dalam wilayah Ukraina. Dia mengatakan hal ini diperlukan untuk melindungi Rusia dari penembakan dan serangan perbatasan.

Sejak itu, Kharkiv, yang sangat rentan karena kedekatannya dengan Rusia, dilanda serangan udara yang merusak infrastruktur listrik di wilayah tersebut.

Lebih dari dua tahun setelah invasinya, Rusia memiliki momentum di medan perang dan Ukraina menghadapi kekurangan tenaga kerja dan stok peluru artileri serta pertahanan udara.

KEYWORD :

Serangan Rusia Balas Ukraina Wilayah Timur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :