Minggu, 08/09/2024 08:41 WIB

Calon Presiden Lituania Bersumpah untuk Melawan Ancaman Rusia

Calon Presiden Lituania Bersumpah untuk Melawan Ancaman Rusia

Presiden Lituania Gitanas Nauseda menghadiri konferensi pers di Vilnius, Lituania 2 April 2024. REUTERS

VILNIUS - Warga Lituania memberikan suaranya pada Minggu dalam pemilihan presiden yang diperkirakan akan memberikan masa jabatan baru kepada petahana Gitanas Nauseda. Dia adalah pendukung setia Ukraina dalam perang dua tahun dengan Rusia. Dalam kampanyenya, dia berfokus pada masalah keamanan di Ukraina dan negara-negara Baltik.

Pemungutan suara ditutup pada jam 8 malam. waktu setempat (1700 GMT), dengan hasil diperkirakan setelah tengah malam. Jika tidak ada kandidat yang menang lebih dari 50% – yang kemungkinan besar berdasarkan survei opini – pemungutan suara putaran kedua akan diadakan pada tanggal 26 Mei.

Nauseda, 59 tahun, mantan ekonom senior di sebuah bank ternama, mendapat dukungan dari 29% pemilih, menurut jajak pendapat Delfi/Spinter Tyrimai baru-baru ini. Penantang terkuatnya adalah Perdana Menteri Ingrida Simonyte, 49, satu-satunya perempuan yang mencalonkan diri, dengan 14% dukungan.

Di seluruh kawasan, para pemilih khawatir negara-negara bekas Uni Soviet yang membentuk Baltik, yang kini menjadi anggota aliansi militer NATO dan Uni Eropa, bisa menjadi sasaran agresi Rusia di masa depan.

Lebih dari separuh warga Lituania meyakini serangan Rusia mungkin atau bahkan sangat mungkin terjadi. Berdasarkan jajak pendapat ELTA/Baltijos Tyrimai Intelijen Lituania mengatakan pada bulan Maret bahwa Rusia berada di jalur yang tepat untuk memperkuat kemampuan militernya di sepanjang perbatasannya dengan NATO. Moskow secara teratur menolak anggapan Barat bahwa mereka mungkin menganggap serangan terhadap anggota NATO sebagai omong kosong.

Sebagian besar kandidat yang mencalonkan diri dalam pemilu hari Minggu, termasuk Simonyte dan Nauseda, mengatakan kepada stasiun televisi nasional bahwa mereka berdua menyiapkan persediaan makanan di rumah jika terjadi konflik militer.

“Saya melakukan semua yang saya bisa untuk memastikan hal itu tidak diperlukan,” kata Nauseda dalam debat yang disiarkan televisi.

Baik Nauseda maupun Simonyte mendukung peningkatan belanja pertahanan hingga setidaknya 3% dari produk domestik bruto Lituania, dari 2,75% yang direncanakan pada tahun ini, untuk membiayai modernisasi tentara dan infrastruktur guna mendukung brigade pasukan Jerman, dan keluarga mereka, yang akan dikerahkan di Lituania dan siap tempur mulai tahun 2027.

Meskipun menyetujui kebijakan Rusia, kedua kandidat teratas berbeda pendapat dalam isu-isu seperti kemitraan sipil sesama jenis, yang ditentang oleh Nauseda, dan memiliki sejarah pertengkaran sengit dan menolak untuk berbicara satu sama lain.

Presiden Lituania mempunyai peran semi-eksekutif, termasuk memimpin angkatan bersenjata dan mengetuai badan kebijakan pertahanan dan keamanan nasional tertinggi, serta mewakili negara tersebut di KTT Uni Eropa dan NATO.

Bersamaan dengan pemerintah, presiden menetapkan kebijakan luar negeri dan keamanan, dapat memveto undang-undang dan mempunyai suara dalam penunjukan pejabat penting seperti hakim, kepala jaksa penuntut, kepala pertahanan dan kepala bank sentral.

Pada tahun 2019, Nauseda memenangkan pemilihan presiden putaran kedua melawan Simonyte, mantan menteri keuangan, dengan 66% suara.
Simonyte juga menghadapi ujian berat dalam pemilihan umum bulan Oktober ini, karena partai-partai pemerintah tertinggal dalam jajak pendapat.

KEYWORD :

Pilpres Lituania Pendukung Ukraina Lawan Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :