Sabtu, 06/07/2024 05:01 WIB

World Water Forum 2024 Bali Akan Dihadiri Lebih dari 50 Parlemen Negara

Sebenarnya, kalau dari sisi forum, itu cukup banyak parallel session. Jadi akan ada yang kelompok pemerintah, ada yang kelompok parlemen, ada yang kelompok civil society. Pendekatannya nanti multistakeholder.

Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon. (Foto: Dok. Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyampaikan ada lebih dari 50 parlemen dari berbagai negara yang terkonfirmasi akan hadir dalam ‘Parliamentary Meeting of the 10th World Water Forum’. Rencananya, forum ini akan digelar sepanjang 18-25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali mendatang.

Mengangkat tema ‘Memobilisasi Aksi Parlemen Mengenai Air untuk Kesejahteraan Bersama’, dirinya menjelaskan bahwa pembahasan di dalam forum tersebut tidak hanya persoalan isu air saja, akan tetapi juga yang terkait dengan air, seperti emisi gas, perubahan iklim dan pemanasan global. Sebab itu, ia menilai masyarakat sipil harus turut dilibatkan guna melahirkan resolusi mangkus dan sangkil.

“Sebenarnya, kalau dari sisi forum, itu cukup banyak parallel session. Jadi akan ada yang kelompok pemerintah, ada yang kelompok parlemen, ada yang kelompok civil society. Pendekatannya nanti multistakeholder. Tentu, partisipasi (masyarakat sipil) itu sudah pasti, justru core-nya ada di civil society ya,” jelas Fadli Zon di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (14/5).

Selain itu, dirinya memaparkan ada 2 (dua) pleno yang akan digelar, di antaranya pleno pertama dengan tema ‘Akses Terhadap Sanitasi dan Air’ dan pleno kedua dengan tema ‘Praktik Inovatif untuk Akses Air yang Inklusif dan Setara’.

Sebagai bagian dari aksi, forum ini akan mengadakan beberapa kegiatan yang merepresentasikan kesetaraan akses air bersih yang memiliki tema ‘Air Bagian dari Inti Aksi Perubahan Iklim’.

“Pada intinya, ada yang dari eksekutif, ada yang dari civil society. Tapi ya, ini memang harus ada saling keterkaitan, ada irisan. Tidak bisa sendiri-sendiri. Ini bukan persoalan hanya satu pihak saja,” tandasnya.

 

KEYWORD :

Warta DPR Ketua BKSAP Fadli Zon World Water Forum parlemen dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :