Rabu, 26/06/2024 18:21 WIB

Pembicaraan Gencatan Senjata Gaza Kembali Buntu, Hamas Salahkan Israel

Pembicaraan Gencatan Senjata Gaza Kembali Buntu, Hamas Salahkan Israel

Pemimpin utama kelompok Palestina Hamas, Ismail Haniyeh di Teheran, Iran 27 Maret 2024. WANA via REUTERS

KAIRO - Ketua Hamas Ismail Haniyeh pada Rabu menyalahkan Israel atas kebuntuan dalam perundingan gencatan senjata di Gaza dan menegaskan kembali tuntutan-tuntutan penting termasuk bahwa perjanjian apa pun memberikan kerangka kerja untuk mengakhiri serangan Israel di wilayah kantong tersebut secara permanen.

Awal bulan ini, kelompok Palestina mengatakan mereka menyetujui proposal gencatan senjata dari mediator Qatar dan Mesir yang sebelumnya diterima Israel.

Israel membantah hal ini, dengan mengatakan proposal tiga fase disetujui oleh Hamas tidak dapat diterima karena persyaratannya telah dipermudah. Pembicaraan gencatan senjata di Kairo terhenti bulan ini tanpa adanya kesepakatan.

“Mereka juga memperkenalkan amandemen terhadap proposal yang membuat perundingan menemui jalan buntu,” kata Haniyeh, yang berbasis di Qatar, dalam pidatonya yang disiarkan televisi.

Haniyeh mengatakan kelompoknya bertekad untuk mengupayakan semua cara yang ada untuk mengakhiri perang di Gaza, membiarkan pintu terbuka untuk upaya mediasi lebih lanjut, namun ia tetap memenuhi tuntutan utama kelompok tersebut.

“Setiap upaya atau kesepakatan harus menjamin gencatan senjata permanen, penarikan menyeluruh dari seluruh Jalur Gaza, kesepakatan pertukaran tahanan yang nyata, pemulangan pengungsi, rekonstruksi, dan pencabutan blokade,” kata Haniyeh.

Israel menyatakan ingin mencapai kesepakatan tawanan untuk sandera namun sejauh ini menolak komitmen apa pun untuk mengakhiri serangan militer di Gaza, yang dikatakan bertujuan untuk memusnahkan Hamas.
Haniyeh, yang kelompoknya telah menguasai Gaza sejak tahun 2007, menolak pemukiman pascaperang di Gaza yang mengecualikan kelompok tersebut. “Hamas ada untuk bertahan,” katanya.

“Gerakan (Hamas) akan memutuskan, bersama dengan semua faksi nasional, pemerintahan Jalur Gaza setelah perang,” kata Haniyeh.
Israel mengatakan Hamas tidak dapat mengambil peran apa pun dalam memerintah Gaza setelah perang usai. Sekutunya, Amerika Serikat, mengatakan pihaknya ingin melihat Gaza dan Tepi Barat bersatu kembali di bawah saingan Hamas, Otoritas Palestina, yang saat ini memiliki pemerintahan sendiri yang terbatas di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Otoritas kesehatan di Gaza mengatakan perang tersebut telah menewaskan hampir 35.000 orang sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober. Sekitar 1.200 orang tewas di Israel dan 253 orang disandera pada 7 Oktober, menurut penghitungan Israel.

KEYWORD :

Israel Palestina Gencatan Senjata Hamas Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :