Sabtu, 28/09/2024 20:10 WIB

Orang Paling Berkuasa di Inggris Raya, Raja Charles Cuma Punya Harta Rp12,2 Triliun!

Orang Paling Berkuasa di Inggris Raya, Raja Charles Cuma Punya Harta Rp12,2 Triliun!

Orang Paling Berkuasa di Inggris Raya, Raja Charles Cuma Punya Harta Rp12,2 Triliun! (FOTO: GETTY IMAGES)

JAKARTA - Sebagai orang paling berkuasa di Inggris Raya, kerajaan terbesar dan terpopuler di dunia, ternyata kekayaan Raja Charles tidaklah terlalu wah. Ia disebut-sebut cuma punya harta Rp12,2 triliun!

Namun Raja Charles dianggap lebih kaya dari ibunya. Menurut Sunday Times Rich List tahun 2024, kekayaan pribadi Raja Inggris mencapai $770 juta atau Rp12,2 trilun (kurs 1$ = Rp15.969), menjadikannya orang terkaya ke-258 di Inggris.

Ini menandai peningkatan $12 juta sejak daftar tersebut dirilis pada tahun 2023, menurut The Sunday Times.

Kekayaan Raja Charles juga jauh melebihi kekayaan ibunya, mendiang Ratu Elizabeth.

Berdasarkan Sunday Times Rich List 2022, kekayaan pribadi Ratu Elizabeth mencapai $468 juta sebelum kematiannya pada bulan September tahun itu.

Namun kekayaan pribadi Raja bahkan tidak sebanding dengan Hugh Grosvenor, Duke of Westminster, yang merupakan ayah baptis Pangeran George, yang kekayaan bersih keluarganya mencapai $12,8 miliar, menurut The Sunday Times.

Grosvenor juga dilaporkan sebagai ayah baptis Pangeran Archie, meskipun Pangeran Harry dan Meghan Markle memilih untuk tidak mengungkapkan secara terbuka nama wali baptis putra mereka.

Seorang mantan ajudan Raja Charles mengatakan kepada outlet tersebut bahwa Raja Charles membangun kembali kekayaannya setelah perceraiannya senilai $21 juta dari Putri Diana pada tahun 1996 dengan menabung keuntungan yang ia terima dari Kadipaten Cornwall.

“Dia menjadi bijaksana dalam menyimpan sejumlah uang dari Kadipaten setelah penghapusan (modal) itu,” kata mantan ajudan tersebut.

“Kami tidak membicarakan jumlah besar di sini – beberapa puluh juta, tidak lebih. Ada anggapan bahwa Camilla membawa banyak uang ke dalam hubungan mereka, tapi itu tidak benar.”

Kadipaten Cornwall adalah perkebunan besar senilai $1 miliar, yang mencakup tanah, pertanian, rumah, dan aset lainnya.

Kadipaten juga menyewakan properti komersial di London, Milton Keynes dan Cornwall. Ini menghasilkan pendapatan yang mendukung Pangeran Wales, keluarganya, dan kegiatan amalnya.

Pangeran William mewarisi harta warisan dari ayahnya, 75 tahun, setelah kematian Ratu Elizabeth pada September 2022.

Menurut The Sunday Times, Raja Charles meningkatkan keuntungan tahunan kadipaten sebesar 42,6% menjadi lebih dari $31 juta antara tahun 2011 dan 2022, sementara ia menerima lebih dari $268 juta dari kadipaten antara tahun 2012 dan 2022.

Sementara itu, outlet tersebut mencantumkan Sandringham Estate di Norfolk dan Balmoral Castle di Skotlandia sebagai aset Raja Charles yang paling berharga, dengan lahan pertanian utama di sekitar Sandringham diperkirakan bernilai lebih dari $360 juta.

Raja Charles juga memiliki banyak properti lainnya, termasuk Highgrove House di Gloucestershire, Inggris, dan sebuah rumah di Wales.

Setelah kematiannya, Ratu Elizabeth juga mewariskan portofolio investasinya, yang diperkirakan bernilai sekitar $151 juta.

Namun, kekayaan sebenarnya dari bangsawan Inggris sangat sulit untuk dihitung, karena nilai perhiasan pribadi, hadiah, dan barang-barang lainnya tidak diketahui, sementara mereka juga memiliki salah satu koleksi seni terbesar di dunia.

Raja Charles juga menerima Sovereign Grant yang didanai pembayar pajak dari pemerintah Inggris setiap tahun untuk menutupi biaya tugas resmi dan pemeliharaan rumah termasuk Istana Buckingham. (*)

 

 

KEYWORD :

Raja Charles Ratu Elizabeth kekayaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :