Selasa, 17/09/2024 01:40 WIB

Presiden Ukraina Dorong Sekutunya untuk Tingkatkan Keterlibatan Mereka dalam Perang

Presiden Ukraina Dorong Sekutunya untuk Tingkatkan Keterlibatan Mereka dalam Perang

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy berbicara selama wawancara dengan Reuters, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di Kyiv, Ukraina 20 Mei 2024. REUTERS

KYIV - Sekutu Barat membutuhkan waktu terlalu lama untuk membuat keputusan penting mengenai dukungan militer untuk Ukraina, kata Presiden Volodymyr Zelenskiy kepada Reuters dalam sebuah wawancara eksklusif di Kyiv pada hari Senin.

Dia juga mengatakan bahwa dia mendorong mitranya untuk lebih terlibat langsung, membuka tab baru dalam perang dengan membantu mencegat rudal Rusia di Ukraina dan mengizinkan Kyiv menggunakan senjata Barat untuk melawan peralatan militer musuh yang berkumpul di dekat perbatasan.

Seruan untuk mempercepat bantuan dan mendorong apa yang disebut “garis merah” keterlibatan dalam konflik tersebut mencerminkan meningkatnya tekanan yang dihadapi pasukan Zelenskiy di sepanjang lebih dari 1.000 km garis depan di timur laut, timur dan selatan negara tersebut.

Zelenskiy yang bersemangat, mengenakan kaus dan celana panjang khaki, mengatakan situasi di medan perang adalah “salah satu yang paling sulit” yang ia alami sejak dimulainya invasi besar-besaran Rusia pada Februari 2022.

Dalam beberapa pekan terakhir pasukan Moskow telah melakukan serangan ke timur laut Ukraina, yang selanjutnya menguji pertahanan Kyiv yang sudah lemah. Pada saat yang sama, Rusia telah merebut wilayah di wilayah timur Donbas melalui pertempuran yang terkadang sengit.

“Gelombang (pertempuran) yang sangat kuat sedang terjadi di Donbas… Tak seorang pun menyadari bahwa sebenarnya ada lebih banyak pertempuran di bagian timur negara itu, khususnya di arah Donbas: Kurakhove, Pokrovsk, Chasiv Yar.”

Namun dia menambahkan bahwa situasi di utara Kharkiv kini “terkendali”.

Pria berusia 46 tahun itu berbicara pada peringatan lima tahun pelantikannya sebagai presiden. Dia tidak ikut serta dalam pemilu karena darurat militer yang diberlakukan akibat invasi tersebut.

Zelenskiy kembali menyerukan bantuan militer yang lebih cepat dari Amerika Serikat dan mitra lainnya. Senjata dan amunisi dari paket AS yang baru saja disahkan kini tiba di Ukraina, namun tertunda selama berbulan-bulan karena perselisihan politik internal.

“Setiap keputusan yang kami, kemudian semua orang ambil, terlambat sekitar satu tahun,” kata Zelenskiy.
"Tetapi memang demikian adanya: satu langkah maju yang besar, namun sebelum itu ada dua langkah mundur. Jadi kita perlu sedikit mengubah paradigma tersebut."

Zelenskiy mengatakan dia ingin mitra-mitranya lebih terlibat langsung dalam perang, namun memahami bahwa mereka khawatir akan permusuhan dengan Rusia.

“Ini masalah kemauan,” katanya. “Tetapi semua orang mengatakan sebuah kata yang terdengar sama dalam setiap bahasa: semua orang takut akan eskalasi. Semua orang sudah terbiasa dengan kenyataan bahwa warga Ukraina sedang sekarat – itu bukanlah eskalasi bagi masyarakat.”

Dia mengusulkan agar angkatan bersenjata negara-negara tetangga NATO dapat mencegat rudal Rusia yang masuk ke wilayah Ukraina untuk membantu Kyiv melindungi diri mereka sendiri.

Rusia telah menembakkan ribuan rudal dan drone ke Ukraina sejak awal konflik yang lebih luas, dan pertahanan udara merupakan prioritas bagi Kyiv.

“Rusia menggunakan 300 pesawat di wilayah Ukraina. Kami membutuhkan setidaknya 120, 130 pesawat untuk melawan di angkasa,” katanya. Ukraina sedang menunggu pengiriman F-16 rancangan AS yang belum digunakan dalam kemarahan.

Dia mengatakan bahwa jika negara-negara tidak dapat langsung memasok pesawat tersebut, mereka masih bisa menerbangkannya dari negara-negara tetangga NATO dan menembak jatuh rudal Rusia.

Pemimpin Ukraina itu juga mengatakan Kyiv sedang bernegosiasi dengan mitra internasional untuk menggunakan senjata mereka untuk menyerang perangkat keras militer Rusia di perbatasan dan lebih jauh lagi di dalam wilayah Rusia.

“Sejauh ini belum ada yang positif,” katanya.
Presiden Rusia Vladimir Putin kemungkinan besar akan memandang perkembangan seperti itu sebagai sebuah eskalasi.

Ia menyebut perang tersebut sebagai bagian dari pertempuran eksistensial melawan negara-negara Barat yang mengalami kemunduran dan dekadensi, yang menurutnya telah mempermalukan Rusia setelah runtuhnya Tembok Berlin pada tahun 1989 dengan melanggar wilayah yang ia anggap sebagai wilayah pengaruh Moskow, termasuk Ukraina.

Ukraina dan negara-negara Barat menolak penafsiran tersebut dan menyebut invasi tersebut sebagai perampasan tanah tanpa alasan.
Zelenskiy menegaskan kembali bahwa dia tidak melanggar perjanjian dengan sekutunya untuk tidak menggunakan senjata mereka di Rusia.
“Kita tidak bisa membahayakan seluruh jumlah senjata.”

Ukraina bersiap untuk melakukan perundingan internasional di Swiss bulan depan yang akan mengecualikan Rusia dan bertujuan untuk menyatukan dan memperkuat opini terhadap Moskow.

Putin mengatakan dia yakin perundingan tersebut akan mengubah tuntutan Ukraina agar Rusia mundur menjadi ultimatum bagi Rusia, sebuah strategi yang menurutnya akan gagal.

Zelenskiy mengatakan sangat penting untuk mengajak sebanyak mungkin negara untuk berunding.
"Dan kemudian Rusia harus menjawab pertanyaan mayoritas dunia, bukan Ukraina. ... Tidak ada yang mengatakan bahwa besok Rusia akan setuju, namun penting bagi kita untuk memiliki inisiatif."

Beijing belum mengatakan apakah mereka akan berpartisipasi, meskipun Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Putin bertemu pekan lalu di Tiongkok dan menjanjikan “era baru” kemitraan antara dua rival paling kuat di Amerika Serikat.

“Sangat penting bagi mereka (Tiongkok) untuk hadir di sana,” kata Zelenskiy. “Karena pada prinsipnya, setelah KTT ini, menjadi jelas siapa yang ingin mengakhiri perang, dan siapa yang ingin tetap menjalin hubungan kuat dengan Federasi Rusia.”

Mengenai politik AS, ia berusaha meredam kekhawatiran bahwa kemenangan kandidat Partai Republik Donald Trump pada pemilu November dapat menimbulkan masalah bagi Ukraina. Trump adalah seorang yang skeptis terhadap bantuan Ukraina dan menekankan kebijakan-kebijakan "Amerika yang Utama".

"Saya tidak percaya Partai Republik menentang dukungan untuk Ukraina, namun beberapa pesan yang datang dari pihak mereka menimbulkan kekhawatiran."

Zelenskiy, mantan komedian, mengatakan dia akan membiarkan orang lain menilai kinerjanya sebagai pemimpin negara yang sedang berperang, namun dia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada rakyat Ukraina atas ketabahan mereka dalam menghadapi kesulitan.

Dia juga menegaskan bahwa Ukraina masih bisa memenangkan perang, meski mengalami kemunduran dalam beberapa bulan terakhir.

“Saya pikir kita perlu menempuh jalan ini sampai akhir, dan sebaiknya kita meraih kemenangan,” katanya. "Meskipun saat ini orang-orang memandang dengan skeptis pada kata `kemenangan` - saya memahaminya sulit karena membutuhkan waktu yang lama."

KEYWORD :

Presiden Ukraina Cari Dukungan Sekutu Barat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :