Minggu, 29/09/2024 05:31 WIB

Raih Rating Sempurna, Lookman Setara Messi dan Mbappe

Hattrick Lookman ke gawang Bayer Leverkusen membuat mantan Everton dan Fulham ini diganjar rating 10/10 alias sempurna dari L`Equipe.

Ademola Lookman meraih rating sempurna di final Liga Europa (Foto: Goal)

Paris, Jurnas.com - Penampilan Ademola Lookman di final Liga Europa bersama Atalanta memukau banyak pihak. Hattrick ke gawang Bayer Leverkusen membuat mantan Everton dan Fulham ini diganjar rating 10/10 alias sempurna dari L`Equipe.

Selama ini, L`Equipe dikenal sebagai media paling kritis terhadap pesepak bola. Tak banyak pemain yang pernah meraih rating sempurna dari outlet asal Prancis tersebut.

Namun, Lookman luar biasa. Tidak hanya membawa Atalanta keluar sebagai juara Liga Europa, dia juga mengakhiri rekor 51 pertandingan tak terkalahkan Leverkusen, yang sebelumnya diprediksi bakal memenangkan kompetisi ini.

Dikutip dari Goal pada Kamis (23/5), pemain pertama yang pernah diganjar rating 10/10 ialah Franck Sauzee dan Bruno Martini dalam pertandingan Prancis U21 melawan Yunani U21 pada 1988 silam. Sauzee mencetak gol, sementara Martini melakukan serangkaian penyelamatan heroik.

Enam tahun kemudian, giliran Oleg Salenko. Pemain Rusia itu menjadi satu-satu pesepakbola yang mampu mencetak lima gol dalam pertandingan Piala Dunia, meski faktanya Rusia tidak lolos babak grup pada Piala Dunia 1994.

Lars Windfeld menjadi peraih rating sempurna selanjutnya. Pada musim 1997/1998, dia melakukan sejumlah penyelamatan luar biasa ketika timnya, Aarhaus, menang tipis 1-0 dalam putaran kedua Piala UEFA. Sayangnya, Windfeld tidak pernah dipanggil tim nasional Denmark.

Butuh 13 tahun bagi L`Equipe untuk memberikan rating sempurna lagi. Kali ini menjadi milik Lionel Messi, ketika bintang Barcelona itu mengantarkan timnya menang 4-1 atas Arsenal pada 2010, kemudian menang 7-1 dari Bayer Leverkusen di Liga Champions pada 2012.

Mbappe juga pernah mendapatkan predikat sempurna pada 2021. Ketika itu, tim nasional Prancis menang telak 8-0 atas Kazakhstan di laga kualifikasi Piala Dunia. Mbappe mencetak empat gol di laga ini.

KEYWORD :

Ademola Lookman Kylian Mbappe Lionel Messi Rating Sempurna




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :