Minggu, 08/09/2024 08:56 WIB

Menteri Basuki: 15 Danau di Indonesia Kritis

Menteri Basuki: 15 Danau di Indonesia Kritis

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Dok. Humas Kementerian PUPR)

Denpasar, Jurnas.com - Setidaknya ada 15 danau masuk kategori kritis disebabkan sistem pertanian yang kurang baik di kawasan hulu.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pertanian jagung yang ditanam di wilayah hulu danau dan diberikan pupuk.

Pupuknya larut saat hujan, kemudian masuk ke badan-badan air atau sungai dan terbawa ke danau.

Untuk itu pentingnya merevitalisasi danau dalam memajukan air konservasi serta mempertahankan akses berkelanjutan terhadap air baku.

"Erosi dan sedimen sebagian besar adalah dari darat. Jadi kita harus mendekatkan sektor pertanian ke sektor air," kata Menteri Basuki, Sabtu (25/5/2024).

Menteri Basuki juga menyebutkan, dalam mendukung produktivitas pertanian di Indonesia, selama periode 2015-2023 Kementerian PUPR telah menyelesaikan dan meresmikan 42 dari 61 yang dibangun hingga 2024.

Dengan selesainya 61 bendungan tersebut akan meningkatkan luasan irigasi seluas 363 ribu hektare dan berpotensi meningkatkan produksi padi menjadi 2 juta ton per tahun.

Selain itu Kementerian PUPR juga membangun dan rehabilitasi jaringan irigasi dengan total target selama tahun 2015 –2024 bertambah menjadi 1,2 juta hektare dan rehabilitasi jaringan irigasi seluas 4,4 juta hektare.

KEYWORD :

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono 15 danau kritis Ssstem pertanian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :