Minggu, 08/09/2024 07:07 WIB

PBB Beri Penghormatan kepada Pemimpin Iran yang Tewas, Amerika Tolak Ikut Serta

PBB Beri Penghormatan kepada Pemimpin Iran yang Tewas, Amerika Tolak Ikut Serta

Seorang pelayat memegang foto mendiang Presiden Iran Ebrahim Raisi untuk memberikan penghormatan kepadanya, di kediaman Duta Besar Iran di Jakarta, Indonesia, 22 Mei 2024. REUTERS

PBB - Amerika Serikat akan memboikot acara penghormatan PBB kepada Presiden Iran Ebrahim Raisi, yang tewas awal bulan ini dalam kecelakaan helikopter, kata seorang pejabat AS.

Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 orang biasanya bertemu untuk memberikan penghormatan kepada pemimpin dunia mana pun yang menjabat sebagai kepala negara pada saat kematian mereka. Penghormatan tersebut akan menampilkan pidato tentang Raisi.

“Kami tidak akan menghadiri acara ini dalam kapasitas apa pun,” kata seorang pejabat AS yang enggan disebutkan namanya kepada Reuters. Boikot AS belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Misi Iran untuk PBB di New York menolak berkomentar.
Raisi, seorang garis keras yang dipandang sebagai calon penerus Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, terbunuh ketika helikopternya jatuh dalam cuaca buruk di pegunungan dekat perbatasan Azerbaijan pada 19 Mei.

“Perserikatan Bangsa-Bangsa harus berdiri bersama rakyat Iran, bukan mengenang penindas mereka selama puluhan tahun,” kata pejabat AS itu. "Raisi terlibat dalam banyak pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan, termasuk pembunuhan di luar proses hukum terhadap ribuan tahanan politik pada tahun 1988."

“Beberapa pelanggaran hak asasi manusia terburuk yang pernah tercatat, terutama terhadap perempuan dan anak perempuan di Iran, terjadi pada masa jabatannya,” kata pejabat tersebut.

Dewan Keamanan PBB berdiri di awal pertemuan yang tidak terkait untuk mengheningkan cipta pada tanggal 20 Mei untuk mengenang para korban kecelakaan helikopter. Wakil Duta Besar AS untuk PBB Robert Wood dengan enggan berdiri bersama 14 rekannya.

Amerika Serikat menyampaikan “belasungkawa resmi” atas kematian Raisi, kata Departemen Luar Negeri pada tanggal 20 Mei. Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby juga mengatakan pada hari itu: “Tidak diragukan lagi, ini adalah pria yang tangannya berlumuran darah. "

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden dikritik keras oleh beberapa anggota Kongres dari Partai Republik karena menyampaikan belasungkawa kepada Iran.

Raisi, 63, terpilih sebagai presiden pada tahun 2021 dan memerintahkan pengetatan undang-undang moralitas, mengawasi tindakan keras berdarah terhadap protes anti-pemerintah dan mendorong perundingan nuklir dengan negara-negara besar.

KEYWORD :

Amerika Boikot Penghormatan PBB Presiden Iran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :