Rabu, 26/06/2024 15:23 WIB

Tentara Etnis Myanmar Perluas Kendali setelah Junta Kehilangan Kuasa di Banyak Wilayah

Tentara Etnis Myanmar Perluas Kendali setelah Junta Kehilangan Kuasa di Banyak Wilayah

Tentara Pembebasan Nasional Karen berpatroli dengan kendaraan di area yang hancur akibat serangan udara militer Myanmar di Myawaddy, perbatasan Thailand-Myanmar, 15 April 2024. REUTERS

MYANMAR - Junta yang berkuasa di Myanmar telah kehilangan kendali atas sebagian besar wilayah, termasuk akses ke sebagian besar perbatasan internasionalnya. Hal itu memungkinkan kelompok etnis bersenjata untuk memperluas dan mengkonsolidasikan wilayah yang mereka kendalikan, menurut dua laporan yang menilai konflik tersebut pada Kamis.

Negara berpenduduk 55 juta jiwa ini berada dalam kekacauan sejak Februari 2021 ketika militer menggulingkan pemerintahan terpilih yang dipimpin oleh peraih Nobel Aung San Suu Kyi, yang memicu protes luas.

Demonstrasi jalanan, yang ditanggapi dengan tindakan keras yang brutal, berubah menjadi gerakan perlawanan bersenjata yang dikombinasikan dengan banyak tentara pemberontak etnis Myanmar untuk menimbulkan tantangan paling signifikan bagi militer dalam beberapa dekade.

Junta tidak memiliki kendali yang efektif atas Myanmar, karena kehilangan kewenangan penuh atas kota-kota yang mencakup 86% wilayah negara yang merupakan rumah bagi 67% penduduknya, menurut Dewan Penasihat Khusus untuk Myanmar (SAC-M).

Juru bicara junta tidak menanggapi panggilan dari Reuters untuk meminta komentar.
“Junta militer tidak cukup mengontrol wilayah Myanmar untuk menjalankan tugas inti negara,” SAC-M, sebuah kelompok ahli internasional independen yang dibentuk setelah kudeta untuk mendukung kembalinya demokrasi, mengatakan dalam sebuah pengarahan. kertas.

“Junta telah meninggalkan wilayah yang luas dan terpaksa bersikap defensif di sebagian besar wilayah di mana junta masih ada.”

Operasi 1027, serangan terkoordinasi pada bulan Oktober lalu yang dipimpin oleh tiga tentara etnis, menandai momen penting yang mengungkap melemahnya militer, yang menyerahkan sebagian besar wilayah perbatasan di utara Myanmar.

Serangkaian serangan oleh tentara etnis sejak itu telah mendorong junta keluar dari wilayah pinggiran mulai dari perbatasan negara dengan Thailand hingga wilayah pesisir di sepanjang Teluk Benggala.

“Kelompok etnis bersenjata yang telah mencapai banyak kemenangan militer ini sedang mengkonsolidasikan kendali atas wilayah tanah air mereka yang diperluas, dan banyak dari mereka sedang dalam proses membentuk negara otonom,” kata lembaga nirlaba Crisis Group dalam sebuah laporan.

Meningkatnya kerugian yang dialami militer dan meningkatnya kekecewaan di kalangan elit di ibu kota Naypyidaw telah membuat masa depan pemimpin junta Min Aung Hlaing berada dalam keraguan serius, meskipun ia telah memiliki banyak perwira senior yang loyal kepadanya, menurut Crisis Group.

"Dia mungkin bisa mempertahankan pekerjaannya, tapi mengingat tingkat ketidakpuasannya, dia tetap bisa menghadapi rencana untuk memecatnya," katanya.

Dengan hilangnya kendali junta atas hampir seluruh perbatasan negara dan kemungkinan perluasan pemerintahan non-negara, negara-negara tetangga, blok regional, dan komunitas internasional harus memperluas keterlibatan mereka dengan kelompok perlawanan, kata kedua laporan tersebut.

Pengungsi internal di Myanmar telah mencapai rekor tertinggi, dengan lebih dari tiga juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena meningkatnya konflik, menurut badan-badan PBB.

“Komunitas internasional harus memahami kenyataan ini dan bekerja secara langsung dengan otoritas perlawanan dan masyarakat sipil untuk memberikan bantuan dan bantuan mendesak kepada rakyat Myanmar,” kata Yanghee Lee, salah satu anggota pendiri SAC-M.

KEYWORD :

Junta Myanmar Tentara Etnis Hadapi Pemberontakan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :