Sabtu, 28/09/2024 12:36 WIB

Maju di Pilgub Jakarta, Sudirman Said Ingin Panen Diaspora

Sudirman berjanji apabila terpilih sebagai gubernur, dia akan mengoptimalkan peran diaspora yang berkiprah di luar negeri.

Sudirman Said siap maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024 (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Nama Sudirman Said mulai disebut-sebut sebagai salah satu calon gubernur dalam pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta yang akan berlangsung pada akhir tahun ini.

Meski belum ada partai politik yang memberikan dukungan resmi terhadap mantan Menteri ESDM ini, Sudirman Said mengaku siap maju dalam kontestasi politik tersebut.

Jakarta yang tahun ini mulai kehilangan status istimewa usai dipindahkannya ibu kota negara ke Kalimantan Timur, menurut Sudirman, masih memiliki berbagai potensi yang belum dioptimalkan. Salah satunya di bidang pendidikan.

Dalam diskusi pendidikan bersama Forum Wartawan Pendidikan dan Kebudayaan (Fortadik) di Jakarta beberapa waktu lalu, Sudirman berjanji apabila terpilih sebagai gubernur, dia akan mengoptimalkan peran diaspora yang berkiprah di luar negeri.

"Sudah puluhan tahun kita mengirim anak-anak terbaik ke kampus terbaik dunia, dan mereka sudah pulang lewat jalur LPDP. Alumni LPDP sudah 19.329, artinya mereka sudah siap dipanen," kata Sudirman.

"Alangkah baiknya talenta itu diambil dan dimanfaatkan, supaya mewarnai kebijakan pemerintah," dia menambahkan.

Selain itu, lanjut Sudirman, Jakarta sebagai salah satu kota dengan kesenjangan terbesar, harus memberikan kesempatan pendidikan yang luas kepada warganya. Apabila didukung kebijakan fiskal mumpuni, dia optimistis Jakarta mampu menurunkan angka putus sekolah.

"Jakarta punya fiskal yang harus bisa mengatur kapasitas SMP sama dengan SD, perguruan tinggi sama dengan SMA. Seluruh sekolah Jakarta harus masuk sekolah favorit," ujar dia.

Memastikan seluruh satuan pendidikan di Jakarta setara juga masih menjadi pekerjaan rumah, karena masih adanya stereotype sekolah favorit. Sudirman berharap nantinya tidak ada lagi orang tua yang kerepotan mencari sekolah bagi anaknya.

"Jangan biarkan mencari sekolah itu jadi bisnis tahunan yang luar biasa susah," kata dia.

KEYWORD :

Sudirman Said Diaspora Indonesia Pilgub DKI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :