Sabtu, 28/09/2024 12:37 WIB

Korea Utara akan Tunda Pengiriman Balon Berisi Sampah ke Korea Selatan

Korea Utara akan Tunda Pengiriman Balon Berisi Sampah ke Korea Selatan

Kantong plastik berisi berbagai benda termasuk sampah yang melintasi perbatasan antar Korea digambarkan di Seoul, 2 Juni 2024. Handout via REUTERS

SEOUL - Korea Utara mengatakan pada Minggu bahwa mereka akan berhenti mengirim balon yang membawa sampah melintasi perbatasan ke Korea Selatan. Tetapi berjanji akan melanjutkan praktik tersebut jika selebaran anti-Korea Utara diterbangkan lagi dari Selatan.

Korea Selatan sudah cukup merasakan betapa tidak menyenangkannya hal tersebut dan seberapa besar upaya yang diperlukan untuk mengumpulkan sampah setelah Korea Utara mengirim 15 ton sampah tersebut menggunakan 3.500 balon, kata Wakil Menteri Pertahanan Korea Utara Kim Kang Il dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh media pemerintah. outlet KCNA.

Korea Selatan mengatakan pihaknya akan mengambil tindakan yang “tidak dapat ditoleransi” terhadap Korea Utara karena mengirimkan balon sampah melintasi perbatasan, yang mungkin mencakup propaganda yang menggelegar dari pengeras suara yang ditujukan ke Korea Utara.

Pengumuman dari kantor Presiden Yoon Suk Yeol menyusul pertemuan Dewan Keamanan Nasional mengenai tanggapan terhadap apa yang dikatakan Seoul sebagai lebih dari 700 balon yang membawa sampah yang dikirim Pyongyang melintasi perbatasan yang dijaga ketat untuk mengganggu tetangganya.

Dewan mengutuk balon-balon tersebut, dan gangguan GPS secara bersamaan, sebagai "tindakan provokasi yang tidak rasional".

Seoul tidak menutup kemungkinan akan melanjutkan ledakan pengeras suara, yang dihentikan pada tahun 2018 setelah pertemuan puncak dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kata seorang pejabat senior di kantor Yoon kepada wartawan.

Korea Selatan yang demokratis dan Korea Utara yang komunis secara teknis masih berperang sejak Perang Korea tahun 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata dan bukan perjanjian damai. Seoul adalah sekutu kuat AS yang militer canggihnya rutin mengadakan latihan bersama AS. Sementara Pyongyang mengembangkan teknologi rudal dan nuklir yang menurut Seoul dan Washington melanggar resolusi PBB.

Korea Utara mengatakan bahwa balon-balon yang mereka buat adalah pembalasan atas kampanye propaganda yang dilakukan oleh para pembelot Korea Utara dan aktivis di Korea Selatan, yang secara rutin mengirimkan balon berisi selebaran anti-Pyongyang, makanan, obat-obatan, uang, dan stik USB berisi video musik dan drama K-pop melintasi perbatasan.

Balon-balon Korea Utara yang membawa sampah seperti puntung rokok, kain, sampah kertas, dan plastik ditemukan di seluruh ibu kota Seoul mulai pukul 8 malam pada hari Sabtu sampai jam 1 siang pada hari Minggu, kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Mereka mengatakan militer sedang memantau titik awal dan melakukan pengintaian udara untuk melacak dan mengumpulkan balon-balon tersebut, yang di bawahnya terdapat kantong-kantong besar sampah.

Petugas Korea Selatan dengan senapan mengambil dan mengantongi apa yang tampak seperti sampah dari balon di area yang ditutup, menurut rekaman media lokal.

Korea Utara pada hari Rabu mengirimkan ratusan balon yang membawa sampah dan apa yang diberi label sebagai kotoran melintasi perbatasan sebagai apa yang disebutnya “hadiah ketulusan”. Seoul menanggapi dengan marah, menyebut langkah tersebut sebagai tindakan yang berbahaya.

Korea Utara belum mengomentari balon akhir pekan tersebut.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Shin Won-sik mengatakan kepada Menteri Pertahanan AS Austin Lloyd pada konferensi di Singapura pada hari Minggu bahwa balon-balon tersebut melanggar perjanjian gencatan senjata, menurut militer Korea Selatan.

Keduanya menegaskan kembali tanggapan terkoordinasi terhadap setiap ancaman dan provokasi Korea Utara berdasarkan hubungan Korea Selatan-AS. postur pertahanan gabungan aliansi, katanya.

Peringatan darurat dikeluarkan di provinsi Gyeongsang Utara dan Gangwon serta beberapa bagian Seoul pada hari Minggu, mendesak masyarakat untuk tidak menyentuh balon dan memperingatkan polisi.

KEYWORD :

Korea Utara Kirim Balon Sampah Korsel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :