Minggu, 08/09/2024 07:14 WIB

Survei Sebut Bakal Menang, Sheinbaum Bersiap Menjadi Presiden Wanita Pertama Meksiko

Survei Sebut Bakal Menang, Sheinbaum Bersiap Menjadi Presiden Wanita Pertama Meksiko

Orang-orang memegang spanduk bertuliskan Presiden Claudia Sheinbaum, di Zocalo Square di pusat kota Mexico City, Meksiko 2 Juni 2024. REUTERS

MEXICO CITY - Claudia Sheinbaum bersiap meraih kemenangan telak untuk menjadi presiden perempuan pertama Meksiko, mewarisi proyek dari mentornya dan pemimpin masa jabatannya, Andres Manuel Lopez Obrador, yang popularitasnya di kalangan masyarakat miskin turut mendorong kemenangannya.

Setidaknya lima jajak pendapat menunjukkan Sheinbaum, seorang ilmuwan iklim dan mantan walikota Mexico City, memenangkan kursi kepresidenan, dan lembaga jajak pendapat Parametria memperkirakan 56% suara akan diperoleh untuk kandidat dari partai berkuasa MORENA. Parametria memperkirakan kandidat oposisi Xochitl Galvez memperoleh 30% suara.

Hasil sementara mulai terlihat dan menunjukkan Sheinbaum memimpin dengan 59% suara, dibandingkan 29% untuk Galvez, dengan 5% total suara telah dihitung. Galvez belum kebobolan dan mengatakan kepada pendukungnya untuk bersabar menunggu hasil resmi.

Kemenangan Sheinbaum dalam waktu dekat merupakan langkah besar bagi Meksiko, negara yang terkenal dengan budaya macho dan rumah bagi populasi Katolik Roma terbesar kedua di dunia, yang selama bertahun-tahun mendorong nilai-nilai dan peran yang lebih tradisional bagi perempuan.

Sheinbaum akan menjadi perempuan pertama yang memenangkan pemilihan umum di Amerika Serikat, Meksiko atau Kanada.

“Saya tidak pernah membayangkan bahwa suatu hari saya akan memilih seorang perempuan,” kata Edelmira Montiel, 87 tahun, seorang pendukung Sheinbaum di negara bagian terkecil di Meksiko, Tlaxcala.

“Sebelumnya kami bahkan tidak bisa memilih, dan ketika Anda bisa, itu adalah memilih orang yang suami Anda suruh Anda pilih. Syukurlah itu telah berubah dan saya bisa menjalaninya,” tambah Montiel.

Sheinbaum memiliki jalan yang rumit ke depan. Dia harus menyeimbangkan janji-janji untuk meningkatkan kebijakan kesejahteraan rakyat sambil mewarisi defisit anggaran yang besar dan pertumbuhan ekonomi yang rendah.

Dia telah berjanji untuk meningkatkan keamanan namun hanya memberikan sedikit rincian dan pemilu tersebut, yang merupakan pemilu paling penuh kekerasan dalam sejarah modern Meksiko dengan 38 kandidat terbunuh, telah memperburuk masalah keamanan yang sangat besar. Banyak analis mengatakan kelompok kejahatan terorganisir memperluas dan memperdalam pengaruh mereka selama masa jabatan Lopez Obrador.

Pemungutan suara pada hari Minggu juga dirusak oleh pembunuhan dua orang di tempat pemungutan suara di negara bagian Puebla. Lebih banyak orang terbunuh – lebih dari 185.000 – selama mandat Lopez Obrador dibandingkan selama pemerintahan lain dalam sejarah modern Meksiko, meskipun tingkat pembunuhan telah menurun.

“Kecuali dia berkomitmen untuk melakukan investasi yang mengubah keadaan dalam meningkatkan kepolisian dan mengurangi impunitas, Sheinbaum kemungkinan akan kesulitan mencapai peningkatan signifikan dalam tingkat keamanan secara keseluruhan,” kata Nathaniel Parish Flannery, seorang analis risiko politik independen Amerika Latin.

Partai berkuasa MORENA juga telah menyatakan kandidatnya sebagai pemenang pemilihan walikota Mexico City, salah satu jabatan paling penting di negara itu, meskipun pihak oposisi membantahnya dan mengklaim calonnya sendiri yang memenangkan pemilihan tersebut.

Tampaknya MORENA juga akan memperoleh mayoritas sederhana di Kongres, menurut ketua partai Mario Delgado, kurang dari dua pertiga mayoritas yang memungkinkan partai tersebut mendorong reformasi konstitusi tanpa dukungan oposisi.

Tantangan yang dihadapi presiden baru ini adalah perundingan yang tegang dengan Amerika Serikat mengenai arus besar migran menuju Amerika yang melintasi Meksiko dan kerja sama keamanan mengenai perdagangan narkoba pada saat epidemi fentanil di Amerika sedang merajalela.

Para pejabat Meksiko memperkirakan negosiasi ini akan menjadi lebih sulit jika presiden AS dimenangkan oleh Donald Trump pada bulan November. Trump telah berjanji untuk mengenakan tarif 100% pada mobil Tiongkok yang dibuat di Meksiko dan mengatakan dia akan mengerahkan pasukan khusus untuk melawan kartel tersebut.

Di dalam negeri, presiden berikutnya akan ditugaskan untuk mengatasi kekurangan listrik dan air serta mendorong produsen untuk melakukan relokasi sebagai bagian dari tren nearshoring, yang mana perusahaan memindahkan rantai pasokan lebih dekat ke pasar utama mereka.

Pemenang pemilu juga harus memikirkan apa yang harus dilakukan terhadap Pemex, perusahaan minyak negara yang mengalami penurunan produksi selama dua dekade dan tenggelam dalam utang.

“Tidak mungkin ada lubang tanpa akhir di mana Anda menaruh uang publik dan perusahaan tidak pernah memperoleh keuntungan,” kata Alberto Ramos, kepala ekonom Amerika Latin di Goldman Sachs. “Mereka harus memikirkan kembali model bisnis Pemex.”

Sheinbaum telah berjanji untuk memperluas program kesejahteraan, meskipun Meksiko mengalami defisit yang besar tahun ini dan pertumbuhan PDB yang lamban hanya sebesar 1,5% yang diharapkan oleh bank sentral tahun depan.

Lopez Obrador telah menjadi sorotan dalam kampanyenya, berusaha mengubah pemungutan suara menjadi referendum dalam agenda politiknya. Sheinbaum menolak klaim oposisi bahwa dia akan menjadi "boneka" Lopez Obrador, meskipun dia berjanji untuk melanjutkan banyak kebijakannya termasuk kebijakan yang telah membantu masyarakat termiskin di Meksiko.

Analis politik Viri Rios mengatakan menurutnya seksisme berada di balik kritik bahwa Sheinbaum akan menjadi boneka.

“Sulit dipercaya bahwa orang-orang tidak percaya dia akan membuat keputusan sendiri, dan saya pikir itu ada hubungannya dengan fakta bahwa dia perempuan,” katanya.

KEYWORD :

Pemilu Meksiko Berkuasa Lawan Oposisi Capres Perempuan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :