Kamis, 19/09/2024 06:14 WIB

Maarten Paes Terancam Sanksi Ini Bila Ngotot Bela Timnas

Apabila PSSI ngotot ingin menurunkan Paes, maka ada sanksi berat yang mengancam Timnas Garuda, sebagaimana yang terjadi pada Emilio Nsue

Maarten Paes belum bisa memperkuat timnas Indonesia (Foto: Goal)

Jakarta, Jurnas.com - Pecinta sepak bola nasional harus bersabar untuk menikmati debut Maarten Paes di bawah mistar timnas Indonesia. Proses kepindahan federasi kiper FC Dallas itu belum kunjung rampung hingga saat ini.

Pasalnya, Paes pernah membela timnas Belanda U-21 di Kualifikasi Euro 2021 ketika usianya masih 22 tahun. Pertandingan yang berlangsung pada 15 November 2020 itu sekaligus menjadi laga terakhirnya membela Oranje.

Perpindahan federasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI terus berlangsung hingga saat ini. Prosesnya masih alot, karena menurut Statuta FIFA, pemain tidak boleh pindah federasi apabila pernah membela timnas di atas usia 21 tahun.

Apabila PSSI ngotot ingin menurunkan Paes, maka ada sanksi berat yang mengancam Timnas Garuda. Sebagaimana yang terjadi pada Emilio Nsue, pemain Guinea Ekuatorial yang dicekal FIFA akibat kasus yang mirip dengan Paes.

FIFA memutuskan bahwa Nsue, pencetak gol terbanyak di Piala Afrika tahun ini, tidak memenuhi syarat bermain untuk tim nasionalnya sepanjang 11 tahun terakhir. Sebab, dia pernah tampil untuk timnas muda Spanyol di kompetisi resmi.

Nsue sebelumnya malah memainkan 26 pertandingan kompetitif untuk Spanyol di kelompok umur U-16 hingga U-21 dan tampil di Euro U-21 pada 2011 silam. Guinea Ekuatorial sempat mengajukan perpindahan melalui Federasi Sepak Bola Spanyol, namun tidak mengajukan permintaan melalui FIFA.

Badan sepak bola internasional langsung meluncurkan investasi terhadap kelayakan Nsue pada Maret 2023. Dan kini, penyelidikan itu menyimpulkan bahwa Nsue memang tidak pernah layak.

Menurut laporan The Guardian pada Selasa (4/6), FIFA akan mencabut kemenangan Guinea Ekuatorial atas Namibia dan Liberia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kedua tim itu masing-masing diberikan kemenangan tiga gol.

Selain itu, Nsue juga dilarang tampil di sepak bola internasional selama enam bulan ke depan. Adapun Federasi Equatoguinean didenda sebesar 150.000 franc Swiss atau 131.000 pounds.

KEYWORD :

Maarten Paes Emilio Nsue Perpindahan Federasi Timnas Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :