Jum'at, 18/10/2024 12:59 WIB

Mbappe dan Kronologi Drama Transfer yang Bikin Greget

Per Senin (3/6), Real Madrid mengumumkan kedatangan Kylian Mbappe itu dari Paris Saint-Germain (PSG) dengan kontrak berdurasi lima tahun.

Kylian Mbappe resmi Real Madrid (Foto: The Guardian)

Jakarta, Jurnas.com - Drama mega transfer Kylian Mbappe ke Real Madrid rampung sudah. Per Senin (3/6), Los Blancos mengumumkan kedatangan bintang Prancis itu dari Paris Saint-Germain (PSG).

Alih-alih menggelontorkan uang besar, Madrid mendapatkan Mbappe dengan gratis, karena sang pemain kehabisan kontrak di Parc des Princess. Hal ini cukup mengejutkan mengingat statusnya sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah PSG.

Drama transfer Mbappe sudah dimulai pada musim panas 2021 lalu. El Real yang masih berhasrat mendatangkan pengganti Cristiano Ronaldo, menawarkan proposal 160 juta euro untuk Mbappe.

Saat itu, Mbappe sudah memberitahu klub agar dijual ke Real Madrid. Toh, kontraknya akan habis pada musim panas 2022. Sayangnya, proposal Madrid dan permintaan Mbappe ditolak mentah-mentah oleh PSG.

Madrid enggan menyerah. Proposal dinaikkan menjadi 180 juta, harga yang dibayarkan PSG saat mmendatangkan Mbappe dari AS Monaco. Lagi-lagi, tawaran ini masih membuat PSG bergeming.

Tawaran kembali dinaikkan. Kali ini, Madrid siap menyetor ongkos transfer senilai 200 juta euro, dengan formula 170 juta euro plus bonus 30 juta euro. Bukannya melunak, PSG malah meminta transfer sebesar 215 juta euro. Walhasil, Madrid menyerah.

Usai Madrid memutuskan mundur, Mbappe memperpanjang kontraknya di PSG hingga dua tahun ke depan. Tanpa banyak orang tahu, rupanya ada andil Presiden Prancis, Emmanuel Macron, di balik perpanjangan kontrak ini. Macron meminta sang bintang tetap bertahan.

Pada 2023, tawaran Madrid kembali datang. Namun, kali ini ada titik terang karena Mbappe menyatakan tidak akan memperpanjang kontraknya di PSG. Hal ini tentu saja membuat Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi marah besar, dan Presiden Madrid, Florentino Perez tersenyum lebar.

Singkat cerita, drama itu berakhir pada awal Juni. Mbappe resmi bergabung dengan kontrak berdurasi lima tahun. Dia akan mendapatkan gaji antara 15-20 juta euro per tahun, bonus penandatanganan 125 juta euro, dan 80 persen hak citra atas dirinya.

"Mimpi jadi kenyataan. Sangat bahagia dan bangga akhirnya bergabung dengan klub impianku, Real Madrid. Mungkin tidak ada orang yang paham betapa senangnya aku sekarang. Tak sabar melihat kalian, Madridista, dan terima kasih atas dukungan yang luar biasa. Hala Madrid!" tulis Mbappe di platform X.

KEYWORD :

Kylian Mbappe Real Madrid Drama Transfer




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :