Jum'at, 18/10/2024 11:17 WIB

Pertama Kalinya Presiden dan Putra Presiden AS Hadapi Persidangan Pidana

Pertama Kalinya Presiden dan Putra Presiden AS Hadapi Persidangan Pidana

Hunter Biden, putra Presiden AS Joe Biden, berjalan di pengadilan federal pada hari pembukaan persidangannya di Wilmington, Delaware, AS, 3 Juni 2024. REUTERS

WILMINGTON - Persidangan pidana Hunter Biden dimulai pada Senin di pengadilan federal di Delaware ketika putra Presiden Joe Biden menghadapi dakwaan senjata dalam kasus bersejarah yang dimulai empat hari setelah Donald Trump menjadi mantan presiden AS yang pertama yang dijatuhi hukuman.

Hunter Biden, 54 tahun, tiba di gedung pengadilan untuk sidang pertama anak seorang presiden yang sedang menjabat, di mana dia akan menghadapi tiga dakwaan kejahatan yang berasal dari pembelian dan kepemilikan pistol pada tahun 2018. Dia telah mengaku tidak bersalah. Ini adalah salah satu dari dua kasus pidana yang dia hadapi, dengan tuntutan pajak federal diajukan secara terpisah di California.

Persidangan di Wilmington, yang dipimpin oleh Hakim Distrik AS Maryellen Noreika, dimulai dengan proses pemilihan juri.

Trump divonis bersalah oleh juri di pengadilan negara bagian di New York pada hari Kamis atas 34 tuduhan kejahatan berupa pemalsuan dokumen untuk menutupi uang tutup mulut yang dibayarkan kepada seorang bintang porno untuk menghindari skandal seks sesaat sebelum pemilu AS tahun 2016 yang menempatkannya di Gedung Putih. Trump adalah kandidat dari Partai Republik yang menantang Joe Biden, seorang Demokrat, dalam pemilu AS pada 5 November.

Persidangan Hunter Biden memberikan peluang bagi Partai Republik untuk mengalihkan perhatian dari masalah hukum Trump. Trump dijadwalkan akan dijatuhi hukuman pada 11 Juli. Dia telah mengaku tidak bersalah dalam tiga kasus pidana lainnya yang masih menunggu keputusan.

Dalam kasus yang diajukan oleh Penasihat Khusus AS David Weiss, yang ditunjuk Trump, pada September lalu Hunter Biden didakwa berbohong tentang penggunaan obat-obatan terlarang ketika ia membeli pistol Colt Cobra kaliber .38 dan memiliki senjata tersebut secara ilegal selama 11 hari. Oktober 2018. Weiss, yang telah menyelidiki Hunter Biden setidaknya sejak tahun 2019, juga mengajukan tuntutan pajak.

Jika terbukti bersalah atas semua dakwaan dalam kasus Delaware, Hunter Biden menghadapi hukuman hingga 25 tahun penjara, meskipun para terdakwa umumnya menerima hukuman yang lebih pendek, menurut Departemen Kehakiman AS.

Hunter Biden menghabiskan akhir pekan bersama ayahnya di Pantai Rehoboth, Delaware, dengan pasangan tersebut bersepeda dan menghadiri gereja bersama pada hari Sabtu. Presiden, yang diperkirakan akan meninggalkan Pantai Rehoboth pada hari Senin, melakukan perjalanan pada Minggu malam menuju rumahnya di Wilmington.

Calon juri akan disaring kemampuannya untuk berkomitmen menjalani persidangan, yang diperkirakan akan berlangsung hingga akhir minggu depan. Ke-12 juri harus setuju bahwa dia bersalah tanpa keraguan untuk menghukumnya.

Kasus ini diperkirakan berpusat pada penggunaan dan kecanduan kokain selama bertahun-tahun yang dialami Hunter Biden, yang telah ia diskusikan secara terbuka dan merupakan bagian penting dari otobiografinya pada tahun 2021, “Beautiful Things.” Dia mengatakan kepada Noreika pada sidang tahun lalu bahwa dia sudah sadar sejak pertengahan tahun 2019.

Jaksa akan berusaha membuktikan bahwa Hunter Biden tahu dia berbohong ketika dia mencentang kotak "tidak" di samping pertanyaan pada formulir pembelian senjata federal yang menanyakan apakah dia adalah pengguna yang melanggar hukum dari zat yang dikendalikan.

Pengacara penuntut mengungkapkan dalam pengajuan pengadilan bahwa mereka mungkin menggunakan rincian yang diperoleh dari ponsel Hunter Biden dan akun iCloud, termasuk foto dirinya sedang merokok dan pesan dengan pengedar narkoba. Mereka mengatakan mereka mungkin akan memanggil mantan istrinya Kathleen Buhle sebagai saksi, yang menuduh Hunter Biden dalam proses perceraian mereka pada tahun 2017 menghambur-hamburkan uang untuk narkoba, alkohol, dan pelacur.

Pengacara Hunter Biden telah mengindikasikan bahwa mereka mungkin mencoba untuk menunjukkan bahwa dia telah menyelesaikan program rehabilitasi narkoba sebelum membeli senjata tersebut dan mungkin menganggap jawabannya pada formulir pembelian senjata adalah benar.

Perjanjian pembelaan yang akan menyelesaikan tuduhan senjata dan pajak tanpa hukuman penjara gagal tahun lalu setelah Noreika mempertanyakan sejauh mana kekebalan yang diberikan kepada Biden. Pengacara Hunter Biden menyalahkan tekanan Partai Republik atas kegagalan perjanjian pembelaan tersebut.

Noreika mengajukan beberapa perintah pada akhir pekan yang diminta oleh jaksa dan tampaknya melemahkan strategi hukum Biden.

Hakim mengatakan tim hukum Biden tidak dapat memberikan kesaksian ahli bahwa orang yang menderita gangguan penyalahgunaan zat mungkin tidak menganggap dirinya sebagai pecandu.

Kesaksian itu bisa membantu Biden menunjukkan bahwa dia tidak tahu bahwa dia berbohong pada formulir pemeriksaan latar belakang.

Pemerintah diharuskan membuktikan bahwa Biden sengaja berbohong.
Anggota Kongres dari Partai Republik menghabiskan waktu bertahun-tahun dengan sia-sia untuk mencari bukti adanya hubungan korup antara Hunurusan bisnis luar negeri Biden, termasuk pekerjaan untuk perusahaan energi Ukraina, Burisma, dan kekuatan politik ayahnya.

KEYWORD :

Putra Biden Hunter Senjata Narkoba




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :