Sabtu, 28/09/2024 12:43 WIB

Hamas Isyaratkan Ambisi Pascaperang dalam Pembicaraan dengan Saingannya, Fatah

Hamas Isyaratkan Ambisi Pascaperang dalam Pembicaraan dengan Saingannya, Fatah

Orang-orang mengibarkan bendera Fatah selama protes mendukung rakyat Gaza, di Hebron, di Tepi Barat yang diduduki Israel, 27 Oktober 2023. REUTERS

RAMALLAH - Perpecahan yang mendalam akan membatasi kemajuan dalam perundingan rekonsiliasi antara faksi Palestina Hamas dan Fatah bulan ini, menurut percakapan dengan lima sumber di kelompok tersebut. Namun pertemuan tersebut menyoroti bahwa kelompok Islam tersebut kemungkinan akan mempertahankan pengaruhnya setelah perang Israel di Gaza.

Pembicaraan antara Hamas dan partai Fatah pimpinan Presiden Palestina Mahmoud Abbas akan diadakan di Tiongkok pada pertengahan Juni, menurut pejabat dari kedua belah pihak. Hal ini menyusul dua putaran perundingan rekonsiliasi baru-baru ini, satu di Tiongkok dan satu lagi di Rusia. Kementerian luar negeri Tiongkok menolak berkomentar.

Pertemuan berikutnya akan diadakan di tengah upaya mediator internasional untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza, dengan salah satu poin penting adalah rencana “sehari setelahnya” – bagaimana wilayah kantong tersebut akan dikelola.

Dianggap sebagai organisasi teroris oleh banyak negara Barat, Hamas dijauhi jauh sebelum serangannya pada 7 Oktober menewaskan 1.200 orang di Israel, dengan lebih dari 250 sandera, sehingga memicu perang di Gaza.

Namun meski mereka dihantam secara militer, pertemuan para politisi Hamas dengan para pejabat dari partai Fatah yang mengendalikan politik Palestina di Tepi Barat yang diduduki Israel menunjukkan tujuan kelompok tersebut untuk membentuk tatanan pascaperang di wilayah Palestina, menurut sebuah laporan. sumber yang akrab dengan percakapan di dalam Hamas.

Orang tersebut, seperti pejabat lain yang tidak disebutkan namanya dalam cerita ini, menolak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk membahas masalah sensitif dengan media.

Hamas, yang memerintah Gaza sebelum perang, mengakui bahwa mereka tidak dapat menjadi bagian dari pemerintahan baru wilayah Palestina yang diakui secara internasional ketika pertempuran di wilayah tersebut akhirnya berakhir, kata sumber tersebut.

Meskipun demikian, mereka ingin Fatah menyetujui pemerintahan teknokratis baru di Tepi Barat dan Gaza sebagai bagian dari kesepakatan politik yang lebih luas, kata sumber dan pejabat senior Hamas Basim Naim.

“Kami berbicara tentang kemitraan politik dan persatuan politik untuk merestrukturisasi entitas Palestina,” kata Naim, yang menghadiri putaran perundingan Tiongkok sebelumnya, dalam sebuah wawancara.

“Apakah Hamas berada di dalam pemerintahan atau di luarnya, hal itu bukanlah tuntutan utama gerakan tersebut dan Hamas tidak menganggapnya sebagai syarat untuk melakukan rekonsiliasi,” katanya. Naim, seperti kebanyakan pemimpin politik Hamas, beroperasi di pengasingan di luar Gaza.

Prospek Hamas untuk bertahan sebagai pemain politik yang berpengaruh merupakan isu pelik bagi negara-negara Barat.

Meskipun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mempunyai tujuan perang di Gaza untuk menghancurkan kelompok yang didukung Iran, sebagian besar pengamat sepakat bahwa Hamas akan tetap ada dalam bentuk tertentu setelah gencatan senjata. Sebagai sebuah cabang dari Ikhwanul Muslimin, gerakan ini memiliki jangkauan dan akar ideologis yang dalam di masyarakat Palestina.

Amerika Serikat dan Uni Eropa menentang peran Hamas dalam memerintah Gaza setelah perang, yang mana serangan Israel telah menewaskan lebih dari 36.000 warga Palestina, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Namun, beberapa pejabat AS secara pribadi menyatakan keraguan bahwa Israel akan memberantas kelompok tersebut. Seorang pejabat senior Amerika mengatakan pada tanggal 14 Mei bahwa Washington berpikir kecil kemungkinannya Israel dapat mencapai “kemenangan total”.

Membunuh setiap anggota Hamas adalah hal yang tidak realistis dan bukan tujuan tentara Israel, namun menghancurkan Hamas sebagai otoritas pemerintahan adalah "tujuan militer yang dapat dicapai dan dicapai," kata Peter Lerner, juru bicara militer Israel.

Negara-negara Barat mendukung gagasan bahwa Gaza pascaperang akan dipimpin oleh Otoritas Palestina (PA), pemerintahan yang dipimpin oleh Abbas yang memiliki pemerintahan sendiri yang terbatas di sebagian wilayah Tepi Barat. Berbasis di Ramallah, Otoritas Palestina secara luas diakui secara global mewakili Palestina dan menerima bantuan keamanan dari Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Dipimpin oleh Abbas, dan sebelum dia Yasser Arafat, Fatah adalah pemimpin perjuangan Palestina yang tak terbantahkan selama beberapa dekade hingga bangkitnya Hamas, sebuah gerakan Islam.

PA juga menguasai Gaza hingga tahun 2007, ketika Hamas mengusir Fatah dari wilayah tersebut, setahun setelah mengalahkan Fatah dalam pemilihan parlemen – yang terakhir kali warga Palestina memberikan suaranya.

Meskipun ada perundingan, permusuhan antar faksi berarti kecilnya peluang tercapainya kesepakatan untuk menyatukan kembali administrasi wilayah Palestina, seperti yang ditunjukkan oleh percakapan dengan lima sumber, pandangan yang dianut oleh empat ahli.

“Harapan saya terhadap pemulihan hubungan sangat kecil atau kurang,” kata Yezid Sayigh, peneliti senior di Carnegie Middle East Center.

Rakyat Palestina mencita-citakan sebuah negara di seluruh wilayah yang diduduki Israel dalam perang tahun 1967, ketika Israel merebut Tepi Barat – termasuk Yerusalem Timur – dan Jalur Gaza.

Meskipun 143 negara mengakui Palestina, termasuk Irlandia, Spanyol dan Norwegia pekan lalu, harapan akan adanya negara berdaulat telah memudar selama bertahun-tahun seiring Israel memperluas permukiman di Tepi Barat dan menentang pembentukan negara.

Perpecahan Hamas-Fatah semakin memperumit tujuan tersebut. Faksi-faksi tersebut memiliki pandangan yang sangat berbeda mengenai strategi, dimana Fatah berkomitmen untuk melakukan negosiasi dengan Israel untuk mewujudkan negara merdeka sementara Hamas mendukung perjuangan bersenjata dan tidak mengakui Israel.

Kepahitan ini terungkap pada pertemuan puncak Arab pada bulan Mei, ketika Abbas menuduh Hamas memberi Israel “lebih banyak alasan” untuk menghancurkan Gaza dengan melancarkan serangan pada 7 Oktober.

Hamas mengatakan pernyataan itu sangat disesalkan dan menyebut 7 Oktober adalah momen penting dalam perjuangan Palestina.

Piagam pendirian Hamas tahun 1988 menyerukan kehancuran Israel. Pada tahun 2017, Hamas mengatakan mereka menyetujui negara transisi Palestina dalam batas-batas yang sudah ada sebelum perang tahun 1967, meskipun mereka masih menolak mengakui hak keberadaan Israel.
Hamas telah menegaskan kembali posisi ini sejak pecahnya perang Gaza.

Pada bulan Maret, Abbas mengambil sumpah dalam kabinet PA baru yang dipimpin oleh Mohammed Mustafa, seorang pembantu dekat Abbas yang mengawasi rekonstruksi Gaza selama masa jabatan sebelumnya di pemerintahan dari tahun 2013 hingga 2014. Meskipun kabinet tersebut terdiri dari para teknokrat, tindakan Abbas membuat marah Hamas, yang kemudian membuat Hamas marah. menuduhnya bertindak sepihak.

Pejabat senior Fatah Sabri Saidam mengatakan kepada Reuters bahwa membentuk pemerintahan baru hanya membuang-buang waktu.

Pejabat senior kedua yang mengetahui persyaratan Fatah dalam perundingan dengan Tiongkok mengatakan pihaknya ingin Hamas mengakui peran Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) sebagai satu-satunya perwakilan sah Palestina, dan berkomitmen terhadap perjanjian yang telah ditandatangani PLO.

Hal ini termasuk perjanjian Oslo yang ditandatangani 30 tahun lalu, yang mana PLO mengakui Israel dan ditentang keras oleh Hamas.

Pejabat itu mengatakan Fatah ingin pemerintah memiliki keamanan penuh dan kendali administratif di Gaza – sebuah tantangan bagi kekuasaan Hamas di sana.

Hamas yang pada dasarnya berselisih dengan PLO mengenai Israel, tidak pernah bergabung dengan badan tersebut namun telah lama menyerukan pemilihan lembaga-lembaga pemerintahannya, termasuk badan legislatifnya yang dikenal sebagai PNC.

Pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh mengatakan pada hari Jumat bahwa selain pemerintahan berdasarkan “konsensus nasional”, kelompok tersebut menginginkan pemilihan presiden PA, parlemen dan PNC.

Ghassan Khatib, dosen di Universitas Birzeit di Tepi Barat, mengatakan Hamas hanya tertarik pada rekonsiliasi berdasarkan persyaratannya, mempertahankan politik, aparat keamanan, dan ideologinya, yang menurutnya akan berisiko menjerumuskan PLO ke dalam isolasi internasional.

“Abbas tidak bisa menerima mereka dengan politik mereka, karena itu akan membahayakan satu-satunya pencapaian PLO – pengakuan internasional,” katanya.

Meskipun demikian, pejabat Fatah Tayseer Nasrallah mengatakan Fatah memandang Hamas sebagai bagian dari "struktur nasional Palestina dan juga bagian dari struktur politik".

Saidam mengatakan konsensus diperlukan untuk mengelola bantuan dan rekonstruksi di Gaza. Fatah telah menjelaskan bahwa mereka tidak akan kembali ke Gaza "dengan membawa tank (Israel), namun kami akan mencapai kesepakatan dengan semua orang", tambahnya.

Juru bicara pemerintah Israel Tal Heinrich mengatakan kesediaan Otoritas Palestina untuk bekerja sama dengan Hamas “disayangkan.”
Sebuah jajak pendapat yang dilakukan di Tepi Barat dan Gaza oleh Pusat Penelitian Kebijakan dan Survei Palestina pada bulan Maret menunjukkan Hamas mendapat lebih banyak dukungan dibandingkan Fatah, dan popularitasnya masih lebih tinggi dibandingkan sebelum perang.

Menjadi tuan rumah di Tiongkok menandai peningkatan diplomasi bagi Hamas yang didukung Iran.

Ashraf Aboulhoul, redaktur pelaksana surat kabar milik negara Mesir Al-Ahram dan seorang spesialis urusan Palestina, mengatakan Hamas lebih tertarik pada kesepakatan daripada Fatah, karena rekonsiliasi dapat memberikan perlindungan bagi organisasi yang sudah lelah berjuang untuk membangun kembali.

Mohanad Hage Ali dari Carnegie Middle East Center mengatakan sulit membayangkan Hamas memulai tindakan militer apa pun yang akan memicu pembalasan besar-besaran Israel di masa mendatang.
Namun, katanya, rekonsiliasi akan menjadi "fase transisi yang memungkinkan Hamas mempersenjatai kembali secara perlahan."

KEYWORD :

Israel Palestina Hamas Fatah Perundingan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :