Sabtu, 28/09/2024 20:14 WIB

Putin Sebut Rusia Bisa Kerahkan Rudal Jika Ukraina Menyerang dengan Senjata Barat

Putin Sebut Rusia Bisa Kerahkan Rudal Jika Ukraina Menyerang dengan Senjata Barat

Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan editor senior dari kantor berita internasional di menara bisnis Lakhta Center di Saint Petersburg, Rusia 5 Juni 2024. Sputnik via REUTERS

ST PETERSBURG - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Rabu bahwa ia dapat mengerahkan rudal konvensional dalam jarak serang Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya di Eropa jika mereka mengizinkan Ukraina menyerang lebih jauh ke Rusia dengan senjata jarak jauh Barat.

Putin, dalam pertemuan tatap muka pertamanya dengan editor senior kantor berita internasional sejak perang di Ukraina dimulai, mengatakan Barat salah jika berasumsi Rusia tidak akan pernah menggunakan senjata nuklir, dan mengatakan doktrin nuklir Kremlin tidak boleh dianggap enteng.

Ketika ditanya tentang seruan Sekjen NATO Jens Stoltenberg untuk mengizinkan Ukraina menggunakan senjata Barat untuk menyerang wilayah Rusia, Putin membedakan antara berbagai jenis rudal, namun memperingatkan bahwa membiarkan Kyiv menyerang Rusia dengan senjata yang lebih kuat merupakan eskalasi serius yang menarik Barat ke arah perang dengan Ukraina. Rusia.

Tanggapan Rusia, kata pemimpin Kremlin berusia 71 tahun itu, adalah dengan menembak jatuh rudal-rudal Barat, dan secara khusus menyebutkan ATACMS AS, serta sistem rudal Inggris dan Prancis.

Putin juga mengatakan Moskow sedang mempertimbangkan untuk mengerahkan rudal jarak jauh berteknologi tinggi serupa untuk menyerang negara-negara yang mengizinkan Ukraina menyerang wilayah Rusia dengan rudal tersebut.

“Jika kami melihat negara-negara ini terlibat perang melawan Federasi Rusia, maka kami berhak mengambil tindakan yang sama. Secara umum, ini adalah jalan menuju masalah yang sangat serius,” kata Putin.

Putin tidak memberikan rincian spesifik di mana ia mempertimbangkan untuk mengirimkan rudal tersebut.

Presiden Joe Biden memberi wewenang kepada Kyiv untuk meluncurkan beberapa senjata yang dipasok AS ke sasaran militer di Rusia. Washington masih melarang Kyiv menyerang Rusia dengan ATACMS, yang memiliki jangkauan hingga 186 mil (300 km), dan senjata jarak jauh lainnya yang dipasok AS.

Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron, saat berkunjung ke Kyiv pada tanggal 3 Mei, mengatakan kepada Reuters bahwa Ukraina mempunyai hak untuk menggunakan senjata yang disediakan oleh Inggris untuk menyerang sasaran di Rusia, dan terserah pada Kyiv apakah akan melakukannya.

Berbicara kepada wartawan selama lebih dari tiga jam di menara Gazprom setinggi 81 lantai yang baru dibangun menjelang Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg, Putin menyinggung berbagai topik mulai dari perang di Gaza hingga pemilu AS mendatang.

“Tak seorang pun di Amerika tertarik pada Ukraina, mereka tertarik pada kehebatan Amerika, yang berjuang bukan untuk Ukraina dan rakyat Ukraina, tapi untuk kehebatannya sendiri.”

Putin mengatakan Rusia tidak peduli siapa presiden AS berikutnya, namun mengatakan sistem pengadilan AS jelas-jelas digunakan dalam pertarungan politik melawan calon dari Partai Republik, Donald Trump.

“Mereka membakar diri mereka sendiri dari dalam, negara mereka, sistem politik mereka… Jelas di seluruh dunia bahwa penuntutan terhadap Trump, terutama di pengadilan atas tuduhan yang dibentuk berdasarkan peristiwa yang terjadi bertahun-tahun yang lalu, tanpa bukti langsungnya, hanyalah menggunakan sistem peradilan dalam perjuangan politik internal,” kata Putin.

Lebih dari dua tahun setelah perang darat paling mematikan di Eropa sejak Perang Dunia Kedua, Putin semakin sering berbicara tentang risiko konflik global ketika negara-negara Barat bergulat dengan apa yang harus dilakukan terhadap kemajuan pasukan Rusia di Ukraina.

Ketika ditanya tentang risiko perang nuklir, Putin mengatakan doktrin nuklir Rusia mengizinkan penggunaan senjata semacam itu.

“Untuk beberapa alasan, Barat percaya bahwa Rusia tidak akan pernah menggunakannya,” kata Putin ketika ditanya oleh Reuters tentang risiko eskalasi nuklir di Ukraina selama lebih dari tiga jam pemeriksaan.

"Kami mempunyai doktrin nuklir, lihat apa yang tertulis di dalamnya. Jika tindakan seseorang mengancam kedaulatan dan integritas wilayah kami, kami menganggap mungkin bagi kami untuk menggunakan segala cara yang kami miliki. Hal ini tidak boleh dianggap enteng dan dangkal."

Doktrin nuklir Rusia yang diterbitkan pada tahun 2020 menetapkan kondisi di mana seorang presiden Rusia akan mempertimbangkan penggunaan senjata nuklir: secara umum sebagai respons terhadap serangan yang menggunakan nuklir atau senjata pemusnah massal lainnya, atau terhadap penggunaan senjata konvensional terhadap Rusia "ketika eksistensi negara berada di bawah ancaman."

Putin menyebut konflik di Ukraina sebagai bagian dari pertarungan eksistensial melawan negara-negara Barat yang mengalami kemunduran dan dekadensi, yang menurutnya telah mempermalukan Rusia setelah runtuhnya Tembok Berlin pada tahun 1989 dengan melanggar apa yang ia anggap sebagai wilayah pengaruh Moskow, termasuk Ukraina.

Putin mengatakan negara-negara Barat menolak berbicara tentang penyebab perang tersebut, yang menurutnya dimulai pada tahun 2014 setelah seorang presiden pro-Rusia digulingkan dalam Revolusi Maidan di Ukraina. Putin menyebutnya sebagai kudeta yang didukung AS.

Negara-negara Barat menggambarkan invasi tersebut sebagai perampasan tanah bergaya kekaisaran dan berjanji membantu Ukraina mengalahkan pasukan Rusia.

Ukraina mengatakan mereka tidak akan berhenti sampai setiap tentara Rusia diusir dari wilayah Ukraina yang mereka kendalikan dan wilayah yang kini dianggap Moskow sebagai bagian dari Rusia.

Para pemimpin Barat dan Ukraina telah meremehkan peringatan Rusia mengenai risiko perang yang lebih luas yang melibatkan Rusia, namun telah berulang kali memperingatkan Putin mungkin akan menyerang anggota NATO, aliansi militer paling kuat di dunia.

Baik Putin maupun Biden mengatakan bahwa konflik langsung antara Rusia, negara dengan kekuatan nuklir terbesar di dunia, dan NATO yang dipimpin AS akan menjadi langkah menuju Perang Dunia Ketiga.
“Kamu tidak seharusnya menjadikan Rusia sebagai musuh. Kamu hanya merugikan dirimu sendiri dengan ini, tahu?” kata Putin.

"Mereka mengira Rusia ingin menyerang NATO. Apakah Anda sudah benar-benar gila? Itu setebal meja ini. Siapa yang mengemukakan hal ini? Itu hanya omong kosong belaka, Anda tahu? Benar-benar sampah."

KEYWORD :

Putin Rusia Ancaman Barat Siapkan Rudal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :