Sabtu, 28/09/2024 12:39 WIB

Aktivis Korea Selatan Menentang Peringatan untuk Terbangkan Balon ke Korea Utara

Aktivis Korea Selatan Menentang Peringatan untuk Terbangkan Balon ke Korea Utara

Kantong plastik berisi berbagai benda termasuk sampah yang melintasi perbatasan antar Korea digambarkan di Seoul, 2 Juni 2024. Handout via REUTERS

SEOUL - Sebuah kelompok aktivis di Korea Selatan mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah menerbangkan balon ke Korea Utara membawa selebaran yang mengkritik pemimpin Kim Jong Un, hanya beberapa hari setelah Pyongyang mengirim ribuan balon yang membawa sampah ke arah lain melintasi perbatasan.

Park Sang-hak, seorang pembelot yang melarikan diri dari Korea Utara pada tahun 2000, mengatakan bahwa kelompoknya, Fighters For Free North Korea, telah meluncurkan 10 balon dari kota perbatasan Pocheon dengan 200.000 selebaran, 5.000 stik USB berisi video dan drama K-pop, dan 2.000 uang kertas $1.

Para pembelot dan aktivis Korea Utara di Korea Selatan selama beberapa dekade telah melepaskan balon-balon yang membawa selebaran anti-Pyongyang dan paket bantuan melintasi perbatasan yang dijaga ketat.

Kampanye terbaru Park muncul setelah Korea Utara baru-baru ini mengatakan telah mengirimkan 3.500 balon yang membawa 15 ton sampah ke wilayah selatan. Balon-balon tersebut, yang dalam beberapa kasus juga membawa kotoran, memicu ketegangan di kota-kota perbatasan dan mendorong Seoul untuk menunda pakta militer antar-Korea tahun 2018 dan melanjutkan aktivitas militer di sekitar perbatasan.

Gambar yang disediakan oleh Park menunjukkan satu selebaran yang berisi foto Kim dan saudara perempuannya dengan catatan berbunyi: “Musuh rakyat Kim Jong Un mengirimkan kotoran dan sampah kepada rakyat Republik Korea, tetapi kami pembelot mengirimkan kebenaran dan cinta. kepada rekan-rekan kami di Korea Utara," menggunakan nama resmi Korea Selatan.

Gambar lain menunjukkan Park dan rekan-rekannya memegang balon membawa paket di malam hari.

“Kim Jong Un telah melakukan penghinaan dan penghinaan terburuk terhadap 50 juta rakyat kita,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan, mengacu pada balon sampah dan bersumpah untuk terus mengirimkan selebaran sampai Kim meminta maaf.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, dalam pidatonya pada Hari Peringatan pada hari Kamis, menegaskan kembali janjinya untuk membangun perdamaian melalui kekuatan, yang menurutnya akan membantu mengubah Korea Utara, memulihkan kebebasan dan hak asasi manusia masyarakatnya, dan pada akhirnya mencapai unifikasi.

Kedua Korea secara teknis masih berperang setelah perang mereka pada tahun 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai, dan Korea Utara telah lama mengecam pembelot sebagai “sampah manusia”.

Setelah Seoul memperingatkan untuk memulai kembali penggunaan pengeras suara di sepanjang perbatasan setelah enam tahun terhenti, Pyongyang mengatakan akan berhenti mengirimkan balon sampah namun berjanji untuk melanjutkan praktik tersebut jika selebaran anti-Utara kembali muncul.

Pemerintah Korea Selatan mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya memantau masalah pengiriman selebaran melintasi perbatasan, meskipun mencatat bahwa praktik tersebut dilindungi oleh keputusan tentang kebebasan berpendapat.

KEYWORD :

Korea Utara Kirim Balon Sampah Korsel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :