Sabtu, 28/09/2024 12:42 WIB

Jet Tempur Israel Menyerang Sekolah yang Disebut Berisi Pasukan Hamas

Jet Tempur Israel Menyerang Sekolah yang Disebut Berisi Pasukan Hamas

Seorang pria Palestina memeriksa lokasi serangan Israel terhadap sekolah UNRWA yang menampung para pengungsi, di kamp pengungsi Nuseirat di Jalur Gaza tengah, 6 Juni 2024. REUTERS

KAIRO - Israel menargetkan sebuah sekolah di Gaza pada Kamis yang katanya berisi kompleks Hamas, menewaskan para pejuang yang terlibat dalam serangan 7 Oktober yang memicu perang delapan bulan tersebut, namun media Gaza mengatakan serangan itu menewaskan di sedikitnya 27 orang mencari perlindungan.

Ismail Al-Thawabta, direktur kantor media pemerintah yang dikelola Hamas, menolak klaim Israel bahwa sekolah PBB di Nuseirat, di Gaza tengah, telah menyembunyikan pos komando Hamas.

“Pendudukan menggunakan kebohongan terhadap opini publik melalui cerita palsu untuk membenarkan kejahatan brutal yang dilakukan terhadap puluhan pengungsi,” kata Thawabta kepada Reuters.

Militer Israel mengatakan bahwa sebelum serangan jet tempur Israel, militer mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko kerugian bagi warga sipil.

Serangan itu terjadi setelah Israel mengumumkan kampanye militer baru di Gaza tengah untuk memerangi sekelompok pejuang yang mengandalkan taktik pemberontakan serang dan lari. Israel mengatakan tidak akan ada penghentian pertempuran selama perundingan gencatan senjata.

Sebagai pukulan nyata terhadap proposal gencatan senjata yang digembar-gemborkan pekan lalu oleh Presiden AS Joe Biden, pemimpin Hamas pada hari Rabu mengatakan kelompok itu akan menuntut diakhirinya perang di Gaza secara permanen dan penarikan Israel sebagai bagian dari rencana gencatan senjata.

Ucapan Ismail Haniyeh itu seolah menjadi jawaban kelompok militan Palestina atas usulan yang diungkap Biden pekan lalu. Washington mengatakan pihaknya sedang menunggu jawaban dari Hamas atas apa yang digambarkan Biden sebagai inisiatif Israel.

“Gerakan dan faksi-faksi perlawanan akan menangani secara serius dan positif setiap perjanjian yang didasarkan pada penghentian agresi secara komprehensif dan penarikan penuh serta pertukaran tahanan,” kata Haniyeh.

Ketika ditanya apakah pernyataan Haniyeh merupakan balasan kelompok tersebut terhadap Biden, seorang pejabat senior Hamas membalas pesan teks dari Reuters dengan emoji "jempol".

Sejak gencatan senjata singkat selama seminggu pada bulan November, semua upaya untuk mengatur gencatan senjata telah gagal, dengan Hamas bersikeras menuntut diakhirinya konflik secara permanen, sementara Israel mengatakan pihaknya siap untuk membahas jeda sementara sampai kelompok militan tersebut dikalahkan.

Washington masih berusaha keras untuk mencapai kesepakatan. Direktur CIA William Burns bertemu dengan pejabat senior dari mediator Qatar dan Mesir pada hari Rabu di Doha untuk membahas proposal gencatan senjata.

Biden telah berulang kali menyatakan bahwa gencatan senjata telah hampir tercapai dalam beberapa bulan terakhir, namun gencatan senjata tidak terwujud.

Pengumuman minggu lalu datang dengan sambutan yang jauh lebih besar dari Gedung Putih, dan pada saat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berada di bawah tekanan politik domestik yang meningkat untuk memetakan jalan mengakhiri perang yang telah berlangsung selama delapan bulan dan merundingkan pembebasan sandera Israel yang ditahan. oleh Hamas.

Hamas, yang menguasai Gaza, memicu perang dengan menyerang wilayah Israel pada 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang, menurut penghitungan Israel. Sekitar setengah dari sandera dibebaskan dalam satu-satunya gencatan senjata sejauh ini, yang berlangsung selama seminggu di bulan November.

Serangan militer Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 36.000 orang, menurut pejabat kesehatan di wilayah tersebut, yang mengatakan ribuan orang lainnya dikhawatirkan terkubur di bawah reruntuhan.

Hamas telah menyaksikan separuh pasukannya musnah dalam delapan bulan pertempuran dan mengandalkan taktik pemberontak untuk menggagalkan upaya Israel menguasai Gaza, kata para pejabat AS dan Israel kepada Reuters.

Hamas telah berkurang menjadi 9.000 hingga 12.000 pejuang, menurut tiga pejabat senior AS yang mengetahui perkembangan medan perang, turun dari perkiraan Amerika yang berjumlah 20.000-25.000 sebelum konflik. Israel mengatakan mereka telah kehilangan hampir 300 tentara dalam kampanye di Gaza.

Sementara itu, konflik antara Israel dan Hizbullah yang berbasis di Lebanon terancam meningkat terlambat, dengan peringatan Departemen Luar Negeri AS terhadap perang besar-besaran.

Meskipun Biden menggambarkan proposal gencatan senjata itu sebagai tawaran Israel, pemerintah Israel bersikap suam-suam kuku di depan umum. Seorang pembantu Netanyahu mengkonfirmasi pada hari Minggu bahwa Israel telah mengajukan proposal tersebut meskipun itu “bukan kesepakatan yang bagus”.

Anggota sayap kanan pemerintahan Netanyahu telah berjanji untuk mundur jika dia menyetujui perjanjian damai yang membuat Hamas tetap bertahan, sebuah langkah yang dapat memaksa diadakannya pemilu baru dan mengakhiri karir politik pemimpin terlama Israel tersebut.

Lawan-lawan sayap tengah yang bergabung dengan kabinet perang Netanyahu untuk menunjukkan persatuan pada awal konflik juga mengancam akan mundur, dengan mengatakan bahwa pemerintahannya tidak memiliki rencana.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengatakan serangan Israel tidak akan berhenti selama negosiasi mengenai proposal gencatan senjata sedang berlangsung.

“Setiap perundingan dengan Hamas hanya akan dilakukan jika ada kecaman,” kata Gallant dalam sambutannya yang disiarkan oleh media Israel setelah dia terbang dengan pesawat tempur untuk memeriksa garis depan Gaza.

Sayap bersenjata Hamas dan Jihad Islam mengatakan mereka telah terlibat baku tembak dengan pasukan Israel pada hari Rabu di daerah-daerah di seluruh wilayah kantong dan menembakkan roket dan peluru anti-tank.

Dua anak termasuk di antara korban tewas yang dibaringkan pada hari Rabu di Rumah Sakit Martir Al Aqsa, salah satu rumah sakit terakhir yang berfungsi di Gaza. Para pelayat mengatakan anak-anak tersebut dibunuh bersama ibu mereka, yang tidak dapat pergi ketika orang lain di lingkungan tersebut melakukannya.

“Ini bukan perang, ini adalah kehancuran yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata,” kata ayah mereka, Abu Mohammed Abu Saif.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Serangan Sekolah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :