Sabtu, 28/09/2024 12:36 WIB

Pengumuman Proposal Gencatan Senjata di Gaza oleh Biden Tanpa Persetujuan Netanyahu

Pengumuman Proposal Gencatan Senjata di Gaza oleh Biden Tanpa Persetujuan Netanyahu

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu di sela pertemuan kabinet mingguan di Lembah Jordan, di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 15 September 2019. (Foto: AFP)

WASHINGTON - Ketika Presiden AS Joe Biden secara terbuka mengumumkan proposal gencatan senjata di Gaza yang dikembangkan oleh Israel dan Amerika Serikat dan dikirimkan ke Hamas, ia membuat pengumuman tersebut tanpa meminta persetujuan dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, kata tiga pejabat AS yang terlibat dengan masalah tersebut.

Keputusan untuk mengumumkan secara sepihak – sebuah langkah yang tidak biasa dilakukan Amerika Serikat dengan sekutu dekatnya – adalah tindakan yang disengaja, kata para pejabat, dan mempersempit ruang bagi Israel atau Hamas untuk mundur dari perjanjian tersebut.

“Kami tidak meminta izin untuk mengumumkan proposal tersebut,” kata seorang pejabat senior AS, yang tidak bersedia disebutkan namanya untuk berbicara secara bebas tentang perundingan tersebut.

“Kami memberi tahu Israel bahwa kami akan memberikan pidato mengenai situasi di Gaza. Kami tidak menjelaskan secara rinci mengenai apa yang terjadi.”

Selama berbulan-bulan, perunding dari AS, Mesir dan Qatar telah berusaha menengahi diakhirinya konflik yang telah menewaskan puluhan ribu orang, namun kesepakatan terbukti sulit dicapai.

Proposal tersebut diumumkan pada hari Jumat yang menyerukan gencatan senjata awal selama enam minggu dengan penarikan militer Israel dari wilayah berpenduduk Gaza dan pembebasan beberapa sandera sementara “pengakhiran permusuhan secara permanen” dinegosiasikan melalui mediator.

Mereka berupaya untuk melanjutkan kesepakatan yang diterima Hamas awal tahun ini dengan mempertahankan gencatan senjata saat negosiasi terus berlanjut, dengan tujuan mencapai penghentian permusuhan secara permanen, yang merupakan tuntutan lama Hamas.

Pengumuman Biden dan penyusunan proposal tersebut sebagai kesepakatan yang “ditawarkan Israel,” dimaksudkan untuk meningkatkan harapan akan gencatan senjata dan memberikan tekanan pada Netanyahu, kata Jeremi Suri, seorang profesor sejarah dan hubungan masyarakat di Universitas Texas di Austin.
“Biden berusaha menghalangi Netanyahu agar menerima proposal tersebut,” kata Suri.

Ketika ditanya apakah pengumuman Biden merupakan upaya untuk memberikan tekanan pada Netanyahu, seorang pejabat Israel mengatakan bahwa tidak ada yang bisa mencegah Israel menghancurkan Hamas dan kemampuan pemerintahannya.

“Gagasan bahwa tekanan akan menyebabkan Israel bertindak bertentangan dengan kepentingan nasionalnya adalah hal yang konyol,” kata pejabat tersebut, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya. “Tekanan harus diberikan pada Hamas.”

Berbicara kepada wartawan pada hari Senin, juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby membantah bahwa pemerintah berusaha untuk "mengganggu" pemimpin Israel tersebut.

Belum jelas usulan gencatan senjata terbaru ini akan berhasil.
Pada Selasa malam, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan kepada wartawan bahwa mediator masih menunggu tanggapan Hamas.

Meskipun Ophir Falk, penasihat kebijakan luar negeri Netanyahu, mengatakan segera setelah pengumuman pada hari Jumat bahwa Netanyahu telah menandatangani proposal tersebut, pemimpin Israel kemudian membuat komentar publik yang meningkatkan keraguan bahwa ia sepenuhnya mendukung proposal tersebut.

Pada hari Rabu, menteri sayap kanan Itamar Ben-Gvir mengatakan partainya akan “mengganggu” koalisi yang berkuasa sampai Netanyahu mengungkapkan rincian prospek kesepakatan Gaza.

Sementara itu, Biden menghadapi tekanan untuk mengakhiri pertempuran di Gaza. Partai Demokrat yang dipimpinnya terpecah atas dukungannya terhadap serangan Israel di daerah kantong tersebut, dengan para pemilih di negara-negara bagian yang menjadi medan pertempuran utama mengancam untuk tidak mendukungnya dalam pertandingan ulang melawan kandidat Partai Republik Donald Trump pada bulan November.

Perang dimulai pada 7 Oktober ketika pejuang Palestina yang dipimpin Hamas membunuh lebih dari 1.200 orang di Israel, sebagian besar warga sipil, dan menyandera lebih dari 250 orang, menurut penghitungan Israel.

Kampanye militer Israel setelahnya telah menyebabkan kehancuran di Gaza dan menewaskan lebih dari 36.000 orang, menurut otoritas kesehatan Palestina.

Meskipun ada hambatan, para pejabat AS mengatakan bahwa dengan mengumumkan proposal Israel secara terbuka, Biden dapat memulai diskusi baru.

“(Biden) menganggap penting untuk memaparkan rinciannya secara publik sehingga seluruh dunia dapat melihat apa yang terjadi di sini dan seluruh dunia dapat melihat betapa seriusnya Israel menanggapi hal ini, dan untuk memperjelas bahwa Hamas benar-benar perlu menerima hal ini. lamarannya,” kata salah seorang pejabat.

Dalam melakukan hal ini, Biden menggunakan taktik yang telah ia gunakan sebelumnya selama beberapa dekade sebagai politisi: membuat pengumuman publik tentang kesepakatan dengan harapan dapat memajukan partai-partai tersebut, kata sejarawan Thomas Alan Schwartz dari Universitas Vanderbilt.

"Dengan mengatakan Israel setuju, dia menempatkan Israel pada posisi yang sulit untuk mengatakan tidak. Dalam hal ini dia mungkin mencoba mempengaruhi kebijakan dalam negeri Israel," kata Schwartz.

KEYWORD :

Israel Palestina Gencatan Senjata Dukungan Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :