Kamis, 20/06/2024 22:05 WIB

Pasukan Israel Menyerang Gaza Tengah dan Selatan, Tank-tank Bergerak Maju di Rafah

Pasukan Israel Menyerang Gaza Tengah dan Selatan, Tank-tank Bergerak Maju di Rafah

Seorang warga Palestina di atas barang-barangnya saat melarikan diri dari Rafah, di selatan Jalur Gaza, 7 Juni 2024. REUTERS

KAIRO - Ketika gencatan senjata baru dalam perang Gaza yang telah berlangsung delapan bulan terhenti, Israel kembali membombardir wilayah tengah dan selatan pada hari Jumat, menewaskan sedikitnya 28 warga Palestina, dan pasukan tank maju ke tepi barat Rafah.

Mediator Qatar dan Mesir yang didukung AS telah mencoba lagi minggu ini untuk merekonsiliasi tuntutan yang saling bertentangan untuk mencegah penghentian permusuhan, pembebasan sandera Israel dan warga Palestina yang dipenjara di Israel, dan aliran bantuan tanpa batas ke Gaza untuk meringankan bencana kemanusiaan. Namun sumber yang dekat dengan perundingan tersebut mengatakan masih belum ada tanda-tanda terobosan.

Sebulan setelah serangan terjadi di Rafah yang menurut Israel merupakan serangan untuk memusnahkan unit tempur Hamas yang masih utuh, pasukan yang dipimpin tank telah maju ke pinggiran barat daya kota yang berbatasan dengan Jalur Gaza dengan Mesir, kata warga.

Mereka mengatakan tank-tank ditempatkan di distrik al-Izba dekat pantai Mediterania sementara penembak jitu menyita beberapa bangunan dan dataran tinggi, menjebak orang-orang di rumah mereka. Mereka mengatakan tembakan senapan mesin Israel membuatnya terlalu berbahaya untuk keluar rumah.

Pejabat kesehatan Gaza mengatakan dua warga Palestina tewas dan beberapa lainnya terluka di Rafah barat akibat penembakan tank di sana. Di Gaza tengah, petugas medis Palestina mengatakan sedikitnya 15 orang tewas dalam pemboman Israel semalam.

“Saya pikir pasukan pendudukan berusaha mencapai daerah pantai Rafah. Penggerebekan dan pemboman semalam bersifat taktis, mereka masuk dengan tembakan keras dan kemudian mundur,” kata seorang warga Palestina kepada Reuters melalui aplikasi obrolan.

Di kota besar Khan Younis di utara Rafah, serangan udara Israel terhadap sebuah rumah menewaskan delapan orang dan melukai beberapa orang, termasuk anak-anak, kata petugas medis.

Di Gaza utara, tiga warga Palestina tewas dalam serangan udara Israel terhadap gedung sekolah di Kota Gaza yang menampung keluarga-keluarga pengungsi, kata petugas penyelamat.

Militer Israel mengatakan pihaknya menargetkan orang-orang bersenjata Hamas yang beroperasi dari sebuah kontainer di dalam gedung sekolah, mirip dengan penjelasannya atas serangan udara terhadap gedung sekolah PBB di al-Nuseirat di Gaza tengah pada hari Kamis yang menurut petugas medis menewaskan 40 orang termasuk 14 anak-anak.

Israel mengatakan pihaknya menewaskan 20-30 militan yang bersembunyi di kompleks tersebut dalam serangan hari Kamis. Sekitar 6.000 pengungsi berlindung di lokasi itu, kata PBB.

Militer Israel menyalahkan Hamas atas tingginya angka kematian warga sipil di Gaza, dan menuduh mereka beroperasi di lingkungan padat penduduk, sekolah dan rumah sakit sebagai perlindungan, namun hal ini dibantah oleh Hamas. Para pejabat PBB dan lembaga kemanusiaan menuduh Israel menggunakan kekuatan yang tidak proporsional dalam perang tersebut, namun mereka membantahnya.

Hamas mengatakan pada hari Jumat bahwa militan di pusat kota Deir al-Balah menembaki sebuah rumah di mana pasukan Israel dibarikade, menewaskan beberapa orang dan melukai lainnya. Dikatakan bahwa helikopter terlihat mendarat untuk melepaskan unit Israel yang terkena dampak.

Militer Israel memusatkan perhatian pada Gaza tengah dalam laporan terbarunya, dengan mengatakan bahwa mereka telah membunuh “lusinan” militan dan menghancurkan lebih banyak infrastruktur militan dalam melanjutkan operasi di kamp pengungsi al-Bureij dan kota terdekat Deir al-Balah.

Israel telah mengesampingkan perdamaian sampai Hamas dibasmi, dan sebagian besar wilayah Gaza berada dalam reruntuhan, namun Hamas telah terbukti tangguh, dengan para militan muncul kembali untuk berperang di daerah-daerah di mana pasukan Israel sebelumnya menyatakan telah mengalahkan mereka dan mundur.

Hamas memicu perang ketika militan menyerbu dari Gaza yang diblokade Israel ke Israel selatan dalam serangan kilat pada 7 Oktober lalu, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang kembali ke daerah kantong tersebut, menurut penghitungan Israel.

Invasi dan pemboman Israel ke Gaza sejak saat itu telah menewaskan sedikitnya 36.731 orang, termasuk 77 orang dalam 24 jam terakhir, kata Kementerian Kesehatan Gaza dalam laporan terbarunya pada hari Jumat. Ribuan orang lainnya dikhawatirkan terkubur di bawah reruntuhan, dan sebagian besar dari 2,3 juta penduduknya mengungsi.

Sejak gencatan senjata singkat selama seminggu pada bulan November, upaya berulang kali untuk mengatur gencatan senjata telah gagal, dengan Hamas bersikeras untuk mengakhiri perang secara permanen dan penarikan penuh Israel dari Gaza.

Israel mengatakan iMereka siap untuk membahas penghentian sementara permusuhan sampai kelompok militan Islam, yang menguasai wilayah kantong sempit dan miskin tersebut sejak tahun 2007, dilenyapkan dan Gaza tidak lagi menimbulkan ancaman keamanan.

Putaran terakhir perundingan tidak langsung dimulai pada hari Rabu ketika Direktur CIA William Burns bertemu dengan pejabat senior dari Qatar dan Mesir di Doha untuk membahas proposal yang didukung secara terbuka oleh Presiden AS Joe Biden minggu lalu. Biden menggambarkan rencana tiga fase tersebut sebagai inisiatif Israel.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Serangan Rafah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :