Kamis, 20/06/2024 22:06 WIB

PM Israel Netanyahu akan Berpidato di Kongres AS pada 24 Juli

PM Israel Netanyahu akan Berpidato di Kongres AS pada 24 Juli

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara saat konferensi pers di pangkalan militer Kirya di Tel Aviv, Israel, 28 Oktober 2023. Foto: via Reuters

TEl AVIV - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dia akan "menyajikan kebenaran" tentang perang melawan Hamas di Gaza ketika dia berpidato di depan Kongres AS pada 24 Juli saat berkunjung ke Washington, kata para pemimpin Partai Republik pada Kamis.

Netanyahu akan berbicara pada sidang gabungan Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat, kata Ketua DPR Mike Johnson dan Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell dalam sebuah pernyataan.

“Saya sangat terharu mendapat hak istimewa untuk mewakili Israel di hadapan Kongres dan menyampaikan kebenaran tentang perang kita yang adil melawan mereka yang berusaha menghancurkan kita di depan perwakilan rakyat Amerika dan seluruh dunia,” kata Netanyahu dalam pidatonya. penyataan.

Kunjungan Netanyahu terjadi di tengah ketegangan antara dia dan Presiden AS Joe Biden, yang mendukung kampanye Israel di Gaza namun belakangan ini lebih kritis terhadap taktik Israel dan menahan pengiriman sejumlah bom.

Belum jelas apakah Netanyahu akan bertemu dengan Biden selama kunjungannya ke AS.

Dukungan Biden terhadap Israel telah muncul sebagai tanggung jawab politik bagi presiden tersebut menjelang pemilu pada bulan November, dengan beberapa anggota Partai Demokrat dan pemilih marah atas ribuan kematian warga sipil di Gaza.

Partai Republik juga mengkritik Biden atas sikapnya terhadap perang tersebut, dengan mengatakan bahwa dia tidak berbuat banyak untuk membantu Israel.

Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa dia ikut serta dalam mengundang Netanyahu.

“Saya memiliki perbedaan pendapat yang jelas dan mendalam dengan perdana menteri, yang telah saya ungkapkan baik secara pribadi maupun publik dan akan terus saya lakukan,” kata Schumer. “Tetapi karena hubungan Amerika dengan Israel sangat kuat dan melampaui satu orang atau perdana menteri, saya ikut serta dalam permintaan agar dia berbicara.”

Hamas menyerang wilayah Israel pada 7 Oktober lalu, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang, menurut penghitungan Israel. Sekitar setengah sandera dibebaskan dalam gencatan senjata bulan November.

Israel sebagai tanggapannya melancarkan serangan militer ke Gaza yang telah menewaskan lebih dari 36.000 orang, menurut pejabat kesehatan di wilayah tersebut, yang mengatakan ribuan orang lainnya dikhawatirkan terkubur di bawah reruntuhan.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Netanyahu Biden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :