Minggu, 08/09/2024 07:00 WIB

Kongres AS Tunda Bantuan untuk Ukraina, Biden Minta Maaf kepada Presiden Zelenzkiy

Kongres AS Tunda Bantuan untuk Ukraina, Biden Minta Maaf kepada Presiden Zelenzkiy

Presiden Joe Biden berjabat tangan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Paris, Prancis, 7 Juni 2024. REUTERS

PARIS - Presiden AS Joe Biden bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Paris pada hari Jumat, meminta maaf atas keterlambatan kongres dalam menyetujui paket bantuan terbaru AS, dan mengumumkan bantuan baru senilai $225 juta di sela-sela acara D-Day.

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan tatap muka pertama mereka sejak Zelenskiy mengunjungi Washington pada bulan Desember, ketika keduanya mendesak Partai Republik untuk mengatasi oposisi di partai mereka agar lebih mendukung Ukraina.

Mereka akan bertemu lagi minggu depan di KTT G7 di Italia, saat negara-negara kaya di Barat membahas penggunaan aset Rusia yang dibekukan setelah invasi Ukraina untuk menyediakan $50 miliar bagi Ukraina.

Zelenskiy mengatakan kepada Reuters bulan lalu bahwa negara-negara Barat terlalu lama mengambil keputusan mengenai bantuan.

“Anda belum menyerah, Anda belum menyerah sama sekali, Anda terus berjuang dengan cara yang… sungguh luar biasa,” kata Biden kepada pemimpin Ukraina itu pada awal pertemuan mereka pada hari Jumat. “Kami tidak akan meninggalkanmu.”

Biden meminta maaf kepada Zelenskiy atas penundaan sebelum paket bantuan AS terakhir disahkan di Kongres pada bulan April. Dia membenarkan bahwa dia menandatangani tahap tambahan sebesar $225 juta pada hari Jumat untuk membantu Ukraina membangun kembali jaringan listriknya.

“Saya minta maaf atas… minggu-minggu ini saya tidak mengetahui” apa yang akan terjadi dalam hal pendanaan, kata Biden. “Beberapa anggota kami (Kongres) yang sangat konservatif mendukung hal ini. Tapi akhirnya kami berhasil menyelesaikannya.”

“Kami masih dalam proses, sepenuhnya, sepenuhnya,” kata Biden.
Zelenskiy berterima kasih kepada Biden atas dukungan militer, keuangan, dan kemanusiaan AS.

"Sangat penting bagi Anda untuk tetap bersama kami. Dukungan bipartisan dengan Kongres ini, sangat penting bahwa dalam persatuan ini, Amerika Serikat, seluruh rakyat Amerika tetap bersama Ukraina, seperti pada Perang Dunia Kedua, bagaimana Amerika Serikat membantu Ukraina, menyelamatkan nyawa manusia, untuk menyelamatkan Eropa,” katanya dalam bahasa Inggris.

Dalam sambutannya di Normandia, Prancis, pada hari Kamis, Biden menggambarkan hubungan antara pertempuran melawan tirani pada Perang Dunia Kedua dan perang Ukraina dengan Rusia, dengan menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai seorang tiran.

Ukraina telah berjuang untuk mempertahankan wilayah Kharkiv setelah serangan yang dilancarkan Moskow pada 10 Mei menguasai beberapa desa.

Paket keamanan baru ini mencakup pencegat pertahanan udara, sistem artileri dan amunisi, kendaraan lapis baja, senjata anti-tank, dan kemampuan lainnya, dan juga akan membantu memperkuat pertahanan udara Ukraina dan memperkuat kemampuan Ukraina di garis depan, kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. dalam sebuah pernyataan.

Biden pekan lalu mengubah posisinya dan memutuskan Ukraina dapat meluncurkan senjata yang dipasok AS ke sasaran militer di Rusia yang mendukung serangan Kharkiv.

Amerika Serikat berupaya memenuhi kebutuhan persenjataan Ukraina, kata wakil penasihat keamanan nasional Jon Finer di Washington, Kamis.
“Jika ada dua hal yang dapat kami berikan dalam jumlah tak terbatas kepada Ukraina untuk mencoba membalikkan keadaan dalam perang ini, itu adalah amunisi artileri dan pencegat pertahanan udara,” namun AS kekurangan pasokan, kata Finer dalam sebuah forum di Ukraina. Pusat Keamanan Amerika Baru.

Di luar medan perang fisik, perang Rusia-Ukraina “juga merupakan kompetisi yang terjadi di pabrik-pabrik kami, pabrik-pabrik di Eropa, pabrik-pabrik di Ukraina,” katanya.

Mencapai konsensus mengenai aset yang dibekukan merupakan hal yang rumit, Daleep Singh, wakil penasihat keamanan nasional pemerintah AS untuk ekonomi internasional, mengatakan kepada kelompok yang sama.
“Kami sedang bersiap-siap untuk mencoba mencapai kesepakatan,” kata Singh, seraya menambahkan bahwa dia akan kembali ke Italia pada hari Jumat untuk melanjutkan perundingan.

KEYWORD :

Bantuan Ukraina Serangan Rusia Kongres Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :