Minggu, 08/09/2024 07:04 WIB

Sekjen PBB akan Panggil Israel dan Hamas atas Pelanggaran terhadap Anak-anak

Sekjen PBB akan Panggil Israel dan Hamas atas Pelanggaran terhadap Anak-anak

Anak-anak Palestina menunggu untuk menerima makanan yang dimasak oleh dapur amal di Rafah, di selatan Jalur Gaza, 13 Februari 2024. REUTERS

NEW YORK - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres telah menambahkan militer Israel ke dalam daftar pelanggar global karena melakukan pelanggaran terhadap anak-anak pada tahun 2023. Utusan Israel untuk PBB Gilad Erdan, mengatakan hal itu dan menggambarkan keputusan itu sebagai "memalukan."

Hamas dan Jihad Islam Palestina juga akan terdaftar, kata sumber diplomatik, yang berbicara tanpa menyebut nama.

Erdan mengatakan dia secara resmi diberitahu tentang keputusan tersebut pada hari Jumat. Daftar global tersebut disertakan dalam laporan mengenai anak-anak dan konflik bersenjata yang akan diserahkan Guterres ke Dewan Keamanan PBB pada 14 Juni.

Ini mencakup enam pelanggaran – pembunuhan dan pencacatan, kekerasan seksual, penculikan, perekrutan dan penggunaan anak-anak, penolakan akses bantuan dan penyerangan terhadap sekolah dan rumah sakit. Belum jelas pelanggaran apa yang termasuk dalam daftar pelanggaran yang dilakukan oleh Israel, Hamas, atau Jihad Islam Palestina.

Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengatakan keputusan itu "akan berdampak pada hubungan Israel dengan PBB." Israel telah lama memiliki hubungan yang kontroversial dengan PBB dan semakin memburuk selama perang Israel-Hamas di Jalur Gaza.

PBB mengatakan bulan lalu bahwa setidaknya 7.797 anak-anak telah terbunuh di Gaza yang dikuasai Hamas selama perang delapan bulan tersebut, dengan mengutip data jenazah yang diidentifikasi dari Kementerian Kesehatan Gaza, yang dianggap dapat diandalkan oleh PBB. Kantor media pemerintah Gaza mengatakan total sekitar 15.500 anak telah terbunuh.

Menurut Dewan Nasional untuk Anak Israel, 38 anak tewas dalam serangan pimpinan Hamas pada 7 Oktober yang memicu perang dan 42 dari sekitar 250 orang yang disandera di Gaza pada 7 Oktober adalah anak-anak. Semua kecuali dua anak telah dibebaskan.
`mengejutkan`

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan kepala staf Guterres menelepon Erdan pada hari Jumat sebagai “kesopanan yang diberikan kepada negara-negara yang baru terdaftar dalam lampiran laporan tersebut.” Erdan memposting video di media sosial tentang dia merespons selama panggilan telepon.

“Saya sangat terkejut dan muak dengan keputusan Sekretaris Jenderal yang memalukan ini,” kata Erdan. “Tentara Israel adalah tentara paling bermoral di dunia, jadi keputusan tidak bermoral ini hanya akan membantu para teroris dan memberi penghargaan kepada Hamas.”

Dujarric menggambarkan video tersebut dan peluncuran sebagiannya sebagai "mengejutkan dan tidak dapat diterima dan sejujurnya merupakan sesuatu yang belum pernah saya lihat selama 24 tahun saya mengabdi pada organisasi ini."

Laporan tersebut disusun oleh Virginia Gamba, perwakilan khusus Guterres untuk anak-anak dan konflik bersenjata. Daftar yang dilampirkan dalam laporan tersebut bertujuan untuk mempermalukan pihak-pihak yang berkonflik dengan harapan mendorong mereka untuk menerapkan langkah-langkah untuk melindungi anak-anak.

Daftar ini terbagi menjadi dua: pihak-pihak yang telah menerapkan langkah-langkah untuk melindungi anak-anak dan pihak-pihak yang belum. Erdan mengatakan dia diberitahu bahwa Israel telah dimasukkan dalam daftar pihak yang tidak menerapkan langkah-langkah yang memadai untuk melindungi anak-anak.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa PBB telah "menambahkan dirinya ke dalam daftar hitam sejarah ketika bergabung dengan mereka yang mendukung para pembunuh Hamas."

AKUNTABILITAS
Israel membalas Hamas atas serangan yang dilakukan militannya pada 7 Oktober. Lebih dari 1.200 orang terbunuh dan lebih dari 250 orang disandera oleh Hamas pada 7 Oktober, menurut penghitungan Israel. Lebih dari 100 sandera diyakini masih ditawan di Gaza.

Invasi dan pemboman Israel ke Gaza sejak saat itu telah menewaskan sedikitnya 36.731 orang, termasuk 77 orang dalam 24 jam terakhir, kata Kementerian Kesehatan Gaza dalam laporan terbarunya pada hari Jumat. Ribuan orang lainnya dikhawatirkan terkubur di bawah reruntuhan, dan sebagian besar dari 2,3 juta penduduknya mengungsi.

Juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan keputusan PBB tersebut adalah "sebuah langkah ke arah yang benar untuk meminta pertanggungjawaban Israel atas kejahatannya" dan bahwa Israel seharusnya sudah melakukan hal tersebut sejak lama.

Langkah ini dilakukan sembilan tahun setelah utusan khusus PBB untuk anak-anak dan konflik bersenjata merekomendasikan Israel dan Hamas dimasukkan ke dalam daftar pelanggaran selama perang tahun 2014 di Gaza, ketika 540 anak termasuk di antara lebih dari 2.100 warga Palestina yang terbunuh.

Israel melobi Sekjen PBB saat itu Ban Ki-moon untuk tidak masuk dalam daftar tersebut, meskipun Israel membantah telah menekannya. Pada akhirnya, Ban tidak memasukkan Israel atau Hamas ke dalam daftar tersebut daftar pelanggarnya, meskipun laporan tersebut mengkritik keras Israel atas konflik 50 hari tersebut.

Angkatan bersenjata Rusia masuk dalam daftar tersebut tahun lalu karena membunuh dan melukai anak-anak di Ukraina, menyerang sekolah dan rumah sakit, serta menggunakan anak-anak sebagai tameng manusia. Rusia membantah menargetkan warga sipil sejak menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022.

Koalisi militer pimpinan Saudi – yang terdaftar karena membunuh dan melukai anak-anak di Yaman – dihapus dari daftar pada tahun 2020, beberapa tahun setelah koalisi tersebut pertama kali disebutkan karena membunuh dan melukai anak-anak di Yaman.

KEYWORD :

Israel Palestina Pelanggaran Hak Anak PBB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :