Minggu, 08/09/2024 07:19 WIB

Adik Perempuan Pemimpin Korut Bakal Beri Tanggapan atas Speaker Menggelegar Korsel

Adik Perempuan Pemimpin Korut Bakal Beri Tanggapan atas Speaker Menggelegar Korsel

Tentara Korea Selatan berjalan melewati fasilitas militer tempat pengeras suara dibongkar pada tahun 2018, di Paju, Korea Selatan, 10 Juni 2024. REUTERS

SEOUL - Saudari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang berpengaruh memperingatkan akan adanya tanggapan baru terhadap Korea Selatan jika Korea Selatan terus melakukan siaran melalui pengeras suara dan mengizinkan penerbangan balon selebaran di tengah ketegangan yang sedang memuncak.

“Jika Korea Selatan secara bersamaan melakukan penyebaran selebaran dan provokasi yang menyiarkan melalui pengeras suara melintasi perbatasan, maka mereka pasti akan menyaksikan tindakan balasan baru dari DPRK,” kata Kim Yo Jong dalam sebuah pernyataan pada Minggu malam yang disiarkan oleh kantor berita negara KCNA, menggunakan pernyataan resminya. nama Korea Selatan dan Utara.

Korea Selatan melanjutkan siaran melalui pengeras suara yang ditujukan ke Korea Utara pada hari Minggu, kata militer Korea Selatan, sebagai tindak lanjut dari peringatan bahwa mereka akan melakukan hal tersebut jika Pyongyang terus mengirimkan balon-balon yang membawa sampah ke Korea Selatan.

Tanda-tanda bahwa Korea Utara memasang pengeras suara mereka sendiri telah terdeteksi, kata Kepala Staf Gabungan, seraya menambahkan bahwa Korea Selatan tidak berencana untuk mengoperasikan pengeras suara mereka pada hari Senin.

Korea Utara pada hari Sabtu meluncurkan sekitar 330 balon dengan sampah terpasang; sekitar 80 di antaranya mendarat di perbatasan, kata militer Korea Selatan. Pada hari Senin Korea Selatan mengatakan 310 balon lainnya telah diluncurkan, dengan sekitar 50 balon mendarat di Korea Selatan.

“Ini merupakan awal dari situasi yang sangat berbahaya,” kata Kim, wakil direktur departemen di Partai Pekerja yang berkuasa, mengacu pada siaran pengeras suara di Korea Selatan.

Kim mengatakan Korea Utara telah mengirimkan 1.400 balon melintasi perbatasan sejak malam tanggal 8 Juni hingga fajar tanggal 9 Juni.

Pyongyang mulai mengirimkan balon-balon yang membawa sampah dan pupuk, termasuk pupuk kandang, melintasi perbatasan pada bulan Mei, menyebutnya sebagai pembalasan atas selebaran anti-Utara yang diterbangkan oleh aktivis Korea Selatan sebagai bagian dari kampanye propaganda.

“Seoul tidak menginginkan ketegangan militer di perbatasan antar-Korea, dan Pyongyang tidak ingin informasi dari luar mengancam legitimasi rezim Kim,” kata Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul. “Bagi kedua belah pihak, ‘meningkatkan ketegangan’ adalah proposisi yang berisiko.”

Komando Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNC) yang dipimpin AS, yang mengawasi gencatan senjata yang menetapkan Zona Demiliterisasi antara kedua Korea ketika pertempuran berakhir pada Perang Korea tahun 1950-1953, mengatakan pihaknya sedang melakukan penyelidikan terhadap balon-balon tersebut, termasuk laporan mengenai kemungkinan bahan stiker dan produk limbah lainnya.

“Kami berharap semua orang mau berunding untuk menyelesaikan masalah mereka,” kata Kolonel Angkatan Darat AS Isaac Taylor, juru bicara UNC.

Siaran Korea Selatan mencakup berita dunia dan informasi tentang masyarakat demokratis dan kapitalis, dengan perpaduan musik K-pop populer. Suara tersebut diyakini menyebar lebih dari 20 kilometer (12,4 mil) ke Korea Utara, meskipun beberapa analis mengatakan jangkauan sebenarnya jauh lebih kecil.

Steve Tharp, pensiunan perwira Angkatan Darat AS yang menghabiskan waktu bertahun-tahun bekerja di sepanjang DMZ, mengatakan bahwa siaran melalui pengeras suara dari kedua belah pihak terdengar siang dan malam ketika ia ditugaskan sebagai infanteri pada tahun 1980an.

“Pengeras suara terdengar lebih jauh di malam hari,” katanya. "Beberapa malam pertama terasa menakutkan, kemudian menjadi kebisingan latar belakang hidupmu setelah beberapa saat."

Kemudian, sebagai pejabat urusan masyarakat pada tahun 2015, Tharp mengatakan dia membantu meninjau pesan-pesan yang disiarkan oleh warga Korea Selatan, yang merupakan bagian dari komando gabungan dengan pasukan AS.

Korea Utara dalam beberapa kasus telah menembakkan senjata ke balon dan pengeras suara.

Korea Selatan menghentikan siaran tersebut berdasarkan perjanjian yang ditandatangani oleh kedua pemimpin Korea pada tahun 2018 tetapi ketegangan meningkat sejak saat itu ketika Pyongyang terus melanjutkan pengembangan senjatanya.

Pasukan Korea Utara terlihat menebang pohon dan membangun pagar di DMZ dalam beberapa pekan terakhir.

Taylor mengatakan bahwa UNC tidak menilai bahwa tujuan dari upaya tersebut adalah untuk memungkinkan terjadinya penumpukan militer yang “berbeda” di zona perbatasan, yang merupakan pelanggaran terhadap gencatan senjata.

Dia mencatat bahwa sejak Korea Utara mendeklarasikan bahwa penyatuan dengan Korea Selatan tidak lagi menjadi tujuan, negara tersebut telah mengambil langkah-langkah untuk “memperkuat” batas-batas negara tersebut.

KEYWORD :

Korut Balon Sampah Korsel Balas Speaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :