Jum'at, 18/10/2024 10:53 WIB

TK Masehi Kudus Padukan Kurikulum Merdeka dan Kearifan Lokal

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di TK Masehi Kudus berdampak positif dalam pembentukan karakter peserta didik

Peserta didik di TK Masehi Kudus mendapatkan Kurikulum Merdeka (Foto: Muti/Jurnas.com)

Kudus, Jurnas.com - Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di TK Masehi Kudus berdampak positif dalam pembentukan karakter peserta didik. Sebab, kurikulum ini memberikan kesempatan penanaman karakter melalui kearifan budaya lokal.

Kepala TK Masehi Kudus, Agustin Ratna Ayuningsih, mengatakan meski kurikulum sebelumnya juga memuat tema keimanan dan ketakwaan, namun implementasinya tidak terlalu berdampak. Berbeda halnya dengan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang terkandung di Kurikulum Merdeka.

"Dari P5 itu muncul ide dari guru-guru untuk bikin bentuknya gotong-royong, sehingga muncul anak-anak yang kreatif. Karakter bisa dibentuk dari bermain dengan mengangkat budaya lokal. Dulu di Kurikulum 2013 belum ada yang seperti itu," kata Agustin dalam kegiatan Presstour Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) di Kudus, Jawa Tengah, pada Senin (10/6) kemarin.

Juga, sebagai bagian dari kegiatan P5, TK Masehi Kudus menanamkan jiwa enterpreneurship kepada para peserta didik dini, dengan cara membuat beraneka makanan khas Kudus di bawah bimbingan para guru. Mereka diajari mulai dari pengolahan bahan mentah hingga pemasaran.

"Anak anak diajak membuat widara dan stik bawang. Kami ajarkan anak-anak enterpteneurship, ada juga market day mereka diajak bermain peran untuk jual-beli," ujar Agustin.

"Ada juga kegiatan gelar karya. Mereka berjualan kepada orang tuanya di sekolah, mama dan papanya yang beli," dia menambahkan.

Agustin menambahkan bahwa memang tak mudah pada awalnya menerapkan Kurikulum Merdeka di TK Masehi Kudus. Kendati demikian, sekolah binaan Bakti Pendidikan Djarum Foundation ini berhasil melakukan adaptasi, dan merasa cocok karena kurikulum anyar tersebut memberikan kesempatan bagi guru untuk memberikan pembelajaran berdiferensiasi.

"Mereka kami fasilitas beragam mainan yang disediakan. Kami lihat mereka suka yang mana, bakatnya seperti apa," dia menturukan.

KEYWORD :

Kurikulum Merdeka Kemdikbudristek TK Masehi Kudus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :