Minggu, 08/09/2024 07:07 WIB

Indonesia, Selamatkan Muka Asia Tenggara di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kemenangan ini menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya wakil Asia Tenggara ke putaran ketiga

Bek Timnas Indonesia Jay Idzes (Goal)

Jakarta, Jurnas.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses bekuk Filipina 2-0 dan menandai Indonesia jadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Gol-gol Indonesia dilesakkan Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho (56). Haye menjebol gawang Filipina yang dijaga kiper Persib Kevin Ray Mendoza berkat tembakannya dari luar kotak penalti.

Sementara Rizky Ridho berhasil menambah keunggulan tim Garuda setelah memaksimalkan umpan tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On. Bek bernomor 5 itu berhasil menanduk bola sodoran Nathan dan memperdaya Kevin Mendoza.

Kemenangan ini menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya wakil Asia Tenggara ke putaran ketiga.

Negara lainnya yang sebelum pertandingan keenam ini berpeluang lolos selain Indonesia adalah Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Filipina yang bermain melawan Indonesia di pertandingan terakhir sudah dipastikan tersisih karena baru menghasilkan satu poin.

Vietnam juga dipastikan tersisih karena Indonesia menempati posisi kedua grup F. Mereka memainkan pertandingan terakhirnya di kandang Irak, Rabu (12/6/2024) mulai 02.00 WIB di Basra. Apa pun hasil pertandingan ini sudah tak berpengaruh lagi karena Irak dan Indonesia sudah dipastikan lolos.

Wakil Asia Tenggara lainnya yang bertanding pada Selasa (11/6/2024) adalah Thailand. Namun, tim berjulukan Gajah Perang ini juga dipastikan tersisih karena hanya bertengger di posisi ketiga grup C.

Kegagalan meraih tiket juga dialami Malaysia yang bermain di grup D. Tim Negeri Jiran ini hanya bertengger di posisi ketiga klasemen akhir di belakang Oman dan Kirgystan. Juara grup D adalah Oman dengan koleksi 12 poin. Sementara Kyrgystan berada di posisi kedua dengan 10 poin.

Myanmar juga gagal melaju karena hanya berada di posisi juru kunci grup B. Myanmar berada di posisi keempat setelah Jepang (18 poin), Korea Utara (9), dan Suriah (7). Dalam pertandingan terakhir, Myanmar kalah 1-4 di kandang Korea Utara.

Sementara negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Laos, Brunei Darussalam, dan Kamboja sudah tersisih di babak sebelumnya.

Indonesia pun melaju ke putaran ketiga bersama Qatar dari grup A, Jepang dan Korea Utara (grup B), Korea Selatan dan Tiongkok (grup C), Oman dan Kyrgystan (grup D), Iran dan Uzbekistan (grup E), Irak (grup F), Arab Saudi dan Yordania (grup G). serta Uni Emirat Arab dan Bahrain (grup H).

 

KEYWORD :

Kualifikasi Piala Dunia Indonesia Vs Filipina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :