Jum'at, 28/06/2024 04:17 WIB

KPK Beri Masukan ke Pansel Soal Kriteria Calon Pimpinan

KPK menyampaikan hal itu dalam kegiatan audiensi 

Pimpinan KPK bersama Tim Pansel Capim dan Dewas di Gedung Merah Putih KPK.

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan masukan soal kriteria calon pimpinan (capim) dan dewan pengawas (dewas) KPK yang dibutuhkan kepada panitia seleksi (Pansel).

KPK menyampaikan hal itu dalam kegiatan audiensi yang digelar di gedung Merah Putih KPK pada hari ini, Rabu 12 Juni 2024. Seluruh Pimpinan KPK ikut hadir dalam pertemuan tersebut.

"Tadi kami sudah temui, berdiskusi, pada intinya pansel ingin pandangan dari pimpinan KPK terkait bagaimana atau sosok seperti apa yang dibutuhkan oleh KPK untuk menjadi pimpinan ke depan," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Pimpinan KPK dua periode itu mengatakan, pihaknya juga sudah menyampaikan kepada Pansel mengenai kondisi terkini dari lembaga antikorupsi.

"Itu semua sudah kami sampaikan ke pansel dan sudah menjadi catatan dan akan diperhatikan pansel dalam memilih pimpinan KPK, seperti apa sosoknya, sudah dicatat semuanya," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Pansel Muhammad Yusuf Ateh, mengatakan pihaknya telah menerima banyak informasi perihal kelembagaan di KPK.

"Banyak sekali informasi yang disampaikan tadi tentang kelembagaan KPK, sosok yang diharapkan, kesulitan-kesulitan, kekurangan-kekurangan dan kelebihan-kelebihan yang menjadi pengalaman beliau-beliau ini selama periode ini, sudah kami catat semua," kata Ateh.

Semua kriteria yang telah disampaikan oleh pimpinan KPK akan dimasukkan sebagai profil asesmen untuk menyaring capim dan dewas periode 2024–2029.

"Kami masukkan sebagai profile assessment dari calon-calon dan juga kami minta bantuan nanti untuk memberikan clereance pada calon-calon pimpinan KPK yang nanti akan mendaftar dalam seleksi ini," ujar Ketua Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) itu.

KEYWORD :

KPK Pansel Capim Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :