Minggu, 08/09/2024 07:01 WIB

Hong Kong Berlakukan UU Keamanan Baru terhadap Enam Aktivis yang Diasingkan

Hong Kong Berlakukan UU Keamanan Baru terhadap Enam Aktivis yang Diasingkan

Aktivis pro-demokrasi Hong Kong yang diasingkan Nathan Law di luar Kementerian Luar Negeri Italia, di Roma, Italia 25 Agustus 2020 REUTERS

HONG KONG - Biro Keamanan Hong Kong pada Rabu mengatakan pihaknya akan menggunakan kewenangan dalam undang-undang keamanan nasional yang baru terhadap enam aktivis yang mengasingkan diri yang tinggal di Inggris. Termasuk juga membatalkan paspor mereka, setelah mereka meninggalkan kota yang dikuasai Tiongkok itu.

Keenamnya adalah Nathan Law, Christopher Mung Siu-tat, Finn Lau, Simon Cheng, Johnny Fok Ka-chi, dan Tony Choi Ming-da. Pemerintah kota memasukkan mereka ke dalam daftar orang yang dicari tahun lalu.
“Para penjahat yang dicari tanpa hukum ini bersembunyi di Inggris dan terus terang-terangan terlibat dalam aktivitas yang membahayakan keamanan nasional,” kata biro tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Mereka terus berkolusi dengan kekuatan eksternal untuk melindungi perbuatan jahat mereka. Oleh karena itu, kami telah mengambil langkah-langkah tersebut untuk memberikan pukulan keras kepada mereka," tambahnya. Dia mencatat bahwa langkah-langkah ini melibatkan pelaksanaan kekuasaan dalam serangkaian undang-undang keamanan nasional baru yang dikenal sebagai Pasal 23, yang disahkan pada bulan Maret.

Pihak berwenang Hong Kong telah melarang lebih dari selusin aktivis luar negeri yang berbasis di Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara lain. Hadiah sebesar HK$1 juta ($128.000) untuk informasi bagi para aktivis ini juga ditawarkan.

Langkah-langkah baru bagi keenam orang tersebut di Inggris melarang pemberian dana kepada mereka dan membatalkan transaksi bisnis mereka di Hong Kong. RUU keamanan yang baru mencakup hukuman untuk pelanggaran termasuk pengkhianatan, sabotase, dan penghasutan.

Kepala Keamanan Chris Tang menyebut tindakan terhadap para aktivis tersebut sebagai “tindakan yang perlu” pada konferensi pers pada hari Rabu.

Tang mengatakan keenamnya telah bersembunyi di Inggris dan terus berkolusi dengan kekuatan eksternal untuk terlibat dalam kegiatan yang membahayakan keamanan nasional Hong Kong dan Tiongkok.

Dia juga mengkritik politisi, organisasi, dan media Inggris karena "sengaja mendiskreditkan" pemerintah Hong Kong.

Ketika ditanya apakah pembatalan paspor para aktivis melanggar hak kebebasan bergerak mereka yang dijamin dalam Kovenan Internasional tentang Hak Sipil dan Politik, Tang mengatakan “ada pengecualian karena alasan keamanan nasional, dan ini tidak hanya berlaku di Hong Kong tetapi juga berlaku di Hong Kong.” seluruh masyarakat beradab”.

Undang-undang Pasal 23 ini merupakan tambahan dari undang-undang keamanan nasional yang diberlakukan Tiongkok pada tahun 2020 yang telah digunakan untuk memenjarakan aktivis pro-demokrasi, serta menutup outlet media liberal dan kelompok masyarakat sipil.

Kejahatan seperti subversi, kolusi dengan kekuatan eksternal, penghasutan, pencurian rahasia negara dan spionase kini dapat dijatuhi hukuman penjara beberapa tahun hingga seumur hidup.

Amerika Serikat, Inggris dan Australia, dimana beberapa aktivis ini bermarkas, telah mengkritik undang-undang keamanan nasional sebagai alat untuk membungkam perbedaan pendapat.

Namun pihak berwenang Hong Kong dan Tiongkok mengatakan undang-undang tersebut diperlukan dan telah memulihkan stabilitas sejak protes massal pro-demokrasi pada tahun 2019.

Hong Kong kembali dari pemerintahan Inggris ke Tiongkok pada tahun 1997 dengan janji bahwa kebebasannya, termasuk kebebasan berpendapat, akan dilindungi berdasarkan formula “satu negara, dua sistem”. Kritik terhadap undang-undang tahun 2020 mengatakan kebebasan tersebut telah terkikis dengan cepat.

Law mengatakan di Facebook-nya bahwa dia telah menyerahkan paspor Hong Kong-nya ketika mengajukan permohonan suaka ke Inggris pada tahun 2020 dan bahwa tindakan terbaru tersebut "berlebihan".

Lau mengatakan dia tidak pernah mengajukan atau memiliki paspor Hong Kong, dan menyebut tindakan tersebut sebagai “tindakan represi transnasional yang jelas.”

KEYWORD :

Hong Kong UU Keamanan Nasional Aktivis Diasingkan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :