Minggu, 08/09/2024 07:06 WIB

Amerika Klaim Kemitraannya dengan Turki Makin Kuat Meski Ada Perpecahan di Gaza

Amerika Klaim Kemitraannya dengan Turki Makin Kuat Meski Ada Perpecahan di Gaza

Duta Besar AS untuk Turki Jeff Flake berbicara saat wawancara dengan Reuters di Ankara, Turki, 11 Juni 2024. REUTERS

ANKARA - Turki tetap berlabuh kuat di Barat dan kemitraannya dengan Amerika Serikat semakin kuat bahkan ketika kedua belah pihak masih terpecah dalam perang Israel di Gaza, kata Duta Besar AS untuk Ankara Jeff Flake kepada Reuters.

Flake, yang akan meninggalkan jabatannya pada musim gugur ini, mengatakan dukungan Turki terhadap perluasan NATO dan kesepakatan untuk menjual F-16 AS menandakan kecenderungan Ankara ke Barat pada tahun ini dan membuka peluang bagi momentum abadi dalam perdagangan dan investasi.

“Kemitraan strategis sangat kuat dan kami berada dalam posisi yang baik,” kata Flake, 61 tahun, dalam wawancara di kediamannya di Ankara.
Flake, mantan senator Partai Republik yang dicalonkan oleh Presiden Partai Demokrat Joe Biden, mulai menjabat pada awal tahun 2022 dan didominasi oleh dampak dari invasi Rusia ke Ukraina, yang terjadi enam minggu setelah ia tiba di Turki.

Washington telah menekan Ankara untuk menekan setiap penghindaran sanksi terhadap Moskow, dan juga untuk mendukung perluasan NATO, yang diselesaikan pada bulan Januari dengan restu Turki atas keanggotaan Swedia setelah penundaan selama 20 bulan.

Flake mengatakan meskipun Turki memiliki hubungan ekonomi, komersial, dan energi yang kuat dengan Rusia, perang di Ukraina menyoroti komitmen Turki terhadap NATO dan Barat.

Turki “sangat sempurna dalam mendukung integritas dan kedaulatan wilayah Ukraina,” kata Flake, mengutip penghentian kapal perang Rusia yang transit ke Laut Hitam dan pasokan drone ke Kyiv.

Dia menambahkan bahwa sentimen bipartisan terhadap Turki di Kongres AS telah berubah menjadi positif tahun ini, dan hal itu akan terus berlanjut terlepas dari hasil pemilu AS pada bulan November.
“Mereka tertanam kuat di Barat.”

Ketegangan utama dalam hubungan AS-Turki dalam beberapa tahun terakhir adalah aliansi AS dengan Kurdi Suriah yang dianggap Turki sebagai teroris, dan pembelian sistem pertahanan S-400 Rusia oleh Turki yang memicu sanksi AS dan penghapusan program jet F-35.

Perbedaan terbaru adalah mengenai perang Gaza, dimana Presiden Turki Tayyip Erdogan dengan tajam mengkritik apa yang disebutnya sebagai kejahatan perang Israel dan dukungan AS terhadap operasi melawan kelompok militan Palestina Hamas.

Utusan AS tersebut mengatakan bahwa meskipun rencana kunjungan Erdogan bersama Biden di Gedung Putih bulan lalu dibatalkan karena masalah penjadwalan, hal itu juga terjadi pada saat situasi di Gaza menunjukkan “latar belakang politik yang sulit”.

“Jelas akan ada perbedaan dengan situasi di Gaza, itu sulit,” katanya.
Namun Flake menambahkan bahwa hubungan dekat Ankara dengan para pemimpin politik Hamas memberikan saluran yang berharga selama konflik dan dalam perundingan gencatan senjata, dan bahwa Washington terkadang memintanya untuk menyampaikan pesan kepada mereka.

Pertemuan para pemimpin Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO) di Washington bulan depan memberikan peluang bagi pertemuan Biden-Erdogan mengingat “ada keinginan di kedua belah pihak,” katanya.

Selama 2-1/2 tahun di Turki, Flake berupaya memanfaatkan hubungannya dengan Kongres AS untuk mengatasi kekhawatiran beberapa anggota atas komitmen Turki terhadap Barat dan atas catatan Erdogan mengenai hak asasi manusia.

Penjualan jet F-16 dan peralatan modernisasi ke Turki – tepat setelah dukungan Swedia terhadap upaya NATO – menunjukkan meningkatnya kepercayaan antara kedua belah pihak, kata Flake, dan membantu “membuka” kerja sama di bidang manufaktur dan investasi langsung lainnya.

Komentar Flake muncul setelah Ankara mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya dapat mempertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok negara BRICS – yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, Tiongkok, Afrika Selatan, dan lainnya.

Menteri Luar Negeri Hakan Fidan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Rusia minggu ini dan menghadiri pertemuan BRICS. Fidan kemudian dikutip oleh media pemerintah yang mengatakan bahwa hubungan Turki-Rusia "benar-benar berjalan sangat baik."

Putin mengatakan pada hari Selasa bahwa Erdogan akan menghadiri pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Shanghai pada bulan Juli dan dia berharap untuk bertemu dengannya di sana.

Flake mengatakan meskipun ia berharap Turki tidak bergabung dengan BRICS, langkah tersebut tidak akan mengubah keberpihakannya pada Barat.

“Saya pikir mereka menyadari bahwa perekonomian Rusia sedang beralih ke perekonomian masa perang. Tidak ada banyak masa depan di sana, terutama dengan sanksi yang dijatuhkan oleh Barat,” katanya, seraya menambahkan bahwa Washington bekerja sama dengan Ankara untuk mengurangi ketergantungan energinya pada negara-negara Barat. Rusia.

KEYWORD :

Amerika Turki Konflik Gaza Penjualan F16




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :