Sabtu, 22/06/2024 03:11 WIB

Serang Konvoi Bantuan Kemanusiaan Gaza, Amerika Jatuhkan Sanksi ke Kelompok Israel

Serang Konvoi Bantuan Kemanusiaan Gaza, Amerika Jatuhkan Sanksi ke Kelompok Israel

Truk pembawa bantuan ke Gaza yang dihentikan setelah dirusak oleh pemukim Israel di dekat pos pemeriksaan Hebron di Tepi Barat yang diduduki Israel 14 Mei 2024. REUTERS

WASHINGTON - Washington menjatuhkan sanksi terhadap kelompok Israel pada Jumat karena menyerang konvoi bantuan kemanusiaan yang ditujukan untuk warga sipil yang kelaparan di Gaza. Para pejabat AS kepada Reuters mengatakn hal itu dalam langkah terbaru yang menargetkan aktor-aktor yang menurut Washington mengancam prospek perdamaian antara Israel dan Palestina.

Sanksi tersebut menargetkan Tsav 9, sebuah kelompok yang memiliki hubungan dengan tentara cadangan Israel dan pemukim Yahudi di Tepi Barat yang diduduki Israel, atas aktivitasnya termasuk memblokir, melecehkan, dan merusak pengiriman bantuan.

Warga Palestina sangat membutuhkan bantuan ketika Israel terus melakukan invasi dan pemboman selama delapan bulan, yang telah menewaskan sedikitnya 37.000 orang, menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut. Israel juga menghadapi tuduhan memblokir bantuan, namun mereka membantahnya.

Elemen sayap kanan di pemerintahan Israel, yang memiliki hubungan dengan gerakan pemukim, menentang upaya Presiden AS Joe Biden untuk membentuk perjanjian gencatan senjata antara Israel dan Hamas untuk mengakhiri perang Gaza yang dimulai dengan serangan Hamas terhadap Israel selatan pada 7 Oktober. yang menewaskan sekitar 1.200 orang, menurut penghitungan Israel.

Sanksi keuangan tersebut akan diberlakukan berdasarkan perintah eksekutif mengenai kekerasan di Tepi Barat yang ditandatangani Biden pada bulan Februari, yang sebelumnya digunakan untuk memberlakukan pembatasan keuangan terhadap pemukim Yahudi yang terlibat dalam serangan terhadap warga Palestina serta kelompok militan Palestina.

Tsav 9 terdaftar sebagai sanksi di situs Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Departemen Keuangan pada hari Jumat. Reuters adalah pihak pertama yang melaporkan sanksi tersebut.

“Kami menggunakan wewenang untuk memberikan sanksi kepada aktor-aktor yang semakin beragam, menargetkan individu dan entitas yang mengancam perdamaian, keamanan dan stabilitas Tepi Barat tanpa memandang agama, etnis atau lokasi,” Aaron Forsberg, direktur Departemen Luar Negeri AS. kantor kebijakan dan implementasi sanksi, kepada Reuters.

Pada tanggal 13 Mei, anggota Tsav 9 menjarah dan kemudian membakar dua truk bantuan di dekat kota Hebron, Tepi Barat.

Tsav 9 – bahasa Ibrani untuk Order 9, merujuk pada perintah pemanggilan pasukan cadangan militer Israel – mengatakan setelah insiden 13 Mei, pihaknya bertindak untuk menghentikan pasokan mencapai Hamas dan menuduh pemerintah Israel memberikan “hadiah” kepada kelompok Islam tersebut.

“Selama berbulan-bulan, individu dari Tzav 9 telah berulang kali berupaya menggagalkan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza, termasuk dengan memblokir jalan, terkadang dengan kekerasan, di sepanjang rute mereka dari Yordania ke Gaza, termasuk transit di Tepi Barat,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller. dalam sebuah pernyataan yang dilihat oleh Reuters.

“Mereka juga merusak truk bantuan dan membuang bantuan kemanusiaan yang menyelamatkan jiwa ke jalan.”

Langkah ini membekukan aset apa pun yang dimiliki kelompok tersebut di bawah yurisdiksi AS dan melarang warga Amerika untuk berurusan dengan kelompok tersebut.

Democracy for the Arab World Now (DAWN), sebuah kelompok hak asasi manusia yang berbasis di AS, pekan ini menyerukan sanksi AS terhadap Tsav 9 dan mengatakan kelompok tersebut mengumpulkan dana dari perusahaan-perusahaan Israel dan organisasi nirlaba Israel dan AS.

DAWN mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kelompok main hakim sendiri tersebut telah menikmati impunitas dari pemerintah Israel.
Warga Palestina dan kelompok hak asasi manusia telah lama menuduh militer dan polisi Israel sengaja tidak melakukan intervensi ketika pemukim menyerang warga Palestina di Tepi Barat.

Israel menangkap empat orang yang terlibat dalam serangan 13 Mei, termasuk seorang anak di bawah umur, menurut pengacara.

“Kami akan terus menggunakan semua alat yang kami miliki untuk mendorong akuntabilitas bagi mereka yang mencoba melakukan atau melakukan tindakan keji tersebut,” kata Forsberg. “Kami telah mengangkat masalah ini di semua tingkat pemerintahan Israel dan kami berharap pemerintah Israel akan melakukan hal yang sama.”

KEYWORD :

Israel Palestina Bantuan Gaza Amerika Jatuhkan Sanksi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :