Kamis, 27/06/2024 01:59 WIB

KPK Periksa Staf Hasto PDIP Terkait Kasus Harun Masiku Besok

Staf dari Hasto Kristiyanto yang bernama Kusnadi akan diperiksa sebagai saksi.

Juru bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto memberikan keterangan.

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan memeriksa staf dari Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto yang bernama Kusnadi pada Rabu, 19 Juni 2024 besok.

Kusnadi bakal diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap penetapan penggantian antarwaktu (PAW) anggota DPR dengan tersangka mantan caleg PDIP, Harun Masiku yang buron.

"Untuk (pemeriksaan) Kusnadi dijadwalkan besok Rabu," kata Jubir KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto saat dikonfirmasi, Selasa, 18 Juni 2024.

Belum diketahui materi yang bakal didalami tim penyidik saat memeriksa Kusnadi. Kuat dugaan Kusnadi akan dikonfirmasi soal ponsel milik Hasto yang disita penyidik.

"Diperiksa sebagai saksi. Untuk materi pemeriksaannya belum bisa disampaikan saat ini," katanya.

Penyidik KPK sedianya memeriksa Kusnadi pada Kamis, 13 Juni 2024. Namun, Kusnadi tidak hadir karena baru menerima surat panggilan pemeriksaan pada malam harinya. 

Selain itu, tim kuasa hukum Kusnadi menyebut kliennya masih trauma usai digeledah oleh penyidik pada 10 Juni 2024 di KPK.

Penggedelahan itu terjadi saat Kusnadi mendampingi Hasto yang diperiksa sebagai saksi dalam perkara Harun. Penyidik kemudian menyita tas dan HP Hasto yang sedang dibawa Kusnadi

Barang-barang tersebut disita penyidik KPK sebagai barang bukti lantaran diduga berkaitan dengan keberadaan Harun Masiku.

Sebelumnya, KPK juga telah memeriksa seorang pelajar atau mahasiswa bernama Melita De Grave pada Jumat, 31 Mei 2024 lalu.

Saat itu, KPK mencecar Melita mengenai pihak yang diduga mengamankan keberadaan Harun Masiku. Melita diduga memiliki informasi terkait keberadaan Harun.

Tak hanya Melita, KPK juga telah memeriksa seorang pengacara bernama Simeon Petrus dan seorang pelajar lainnya bernama Hugo Ganda. 

Keduanya juga dicecar penyidik soal informasi keberadaan Harun Masiku. KPK mengendus adanya upaya menghalangi pencarian Harun Masiku yang buron sejak awal 2020 lalu.

KEYWORD :

KPK Harun Masiku PDIP Hasto Kristiyanto Buronan Korupsi Kusnadi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :