Minggu, 30/06/2024 00:56 WIB

Siap Hadir Pemeriksaan, Staf Hasto Minta KPK Ganti Penyidik Kasus Harun Masiku

Kusnadi bakal diperiksa penyidik KPK sebagai saksi kasus Harun Masiku.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai diperiksa KPK sebagai saksi dalam kasus suap yang menjerat eks caleg PDIP Harun Masiku.

Jakarta, Jurnas.com - Staf dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi akan memenuhi panggilan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini, Rabu 19 Juni 2024.

Kusnadi bakal diperiksa penyidik KPK sebagai saksi kasus dugaan suap penetapan penggantian antarwaktu (PAW) anggota DPR dengan tersangka mantan caleg PDIP, Harun Masiku yang buron.

"Ya, hadir," kata Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Petrus Salestinus saat dikonfirmasi.

Petrus menyebut Kusnadi akan memenuhi panggilam meski masih dalam kondisi trauma. Hal itu sebagai bentuk tanggung jawab hukum atas pemanggilan KPK.

Kendati begitu, Petrus meminta KPK agar Rossa Purbo Bekti sebagai penyidik yang menangani kasus Harun Masiku diganti.

"Siap hadir walau trauma. Lebih penting tanggung jawab hukum sebagai saksi dari pada perasaan traumanya. Karena itu ada opsi untuk minta ganti penyidik," kata Petrus.

Sementara itu, Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya akan menggali keterangan Kusnadi soal barang-barang yang telah disita penyidik.

Barang dimaksud di antaranya, ponsel hingga buku dokumen. Barang itu disita KPK dari Kusnadi saat mendampingi pemeriksaan Hasto sebagai saksi dalam perkara ini pada Senin, 10 Juni 2024.

"Kepentingan kami memanggil KS (Kusnadi) karena memang juga ada barangnya yang kami sita juga dari yang bersangkutan. Yang disita itu akan ditanyakan. Artinya, akan diklarifikasi terhadap apa yang ada di dalamnya,” kata Asep kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat, 14 Juni 2024.

Untuk diketahui, KPK juga telah memeriksa seorang pelajar atau mahasiswa bernama Melita De Grave pada Jumat, 31 Mei 2024 lalu.

Saat itu, KPK mencecar Melita mengenai pihak yang diduga mengamankan keberadaan Harun Masiku. Melita diduga memiliki informasi terkait keberadaan Harun.

Tak hanya Melita, KPK juga telah memeriksa seorang pengacara bernama Simeon Petrus dan seorang pelajar lainnya bernama Hugo Ganda. 

Keduanya juga dicecar penyidik soal informasi keberadaan Harun Masiku. KPK mengendus adanya upaya menghalangi pencarian Harun Masiku yang buron sejak awal 2020 lalu.

KEYWORD :

KPK Harun Masiku PDIP Hasto Kristiyanto Kusnadi Buronan Korupsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :