Sabtu, 05/10/2024 06:31 WIB

Persetujuan Inggris terhadap Ekspor Senjata ke Israel Anjlok sejak Perang Gaza Dimulai

Persetujuan Inggris terhadap Ekspor Senjata ke Israel Anjlok sejak Perang Gaza Dimulai

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menyambut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Downing Street di London, Inggris 24 Maret 2023. REUTERS

LONDON - Persetujuan Inggris terhadap izin ekspor senjata ke Israel menurun tajam setelah dimulainya perang di Gaza, dengan nilai izin yang diberikan untuk penjualan peralatan militer kepada sekutunya turun terendah dalam 13 tahun.

Angka-angka tersebut, yang belum pernah dilaporkan sebelumnya, didasarkan pada informasi yang diberikan oleh pejabat pemerintah kepada Reuters dan data dari unit Pengendalian Ekspor Departemen Bisnis dan Perdagangan.

Amerika Serikat dan Jerman meningkatkan penjualan senjata ke Israel setelah dimulainya perang dengan Hamas.

Namun, nilai izin yang disetujui Inggris antara 7 Oktober dan 31 Desember tahun lalu turun menjadi 859.381 pound ($1,09 juta), kata pejabat pemerintah kepada Reuters. Angka tersebut merupakan angka terendah untuk periode antara 7 Oktober dan 31 Desember sejak 2010.

Bandingkan dengan pemerintah yang menyetujui penjualan senjata sebesar 20 juta pon ke Israel untuk periode yang sama pada tahun 2022, termasuk amunisi senjata kecil dan komponen untuk pesawat tempur, menurut data pemerintah.

Pada periode yang sama tahun 2017, pemerintah menyetujui penjualan senjata senilai 185 juta pound ke Israel, termasuk komponen untuk tank dan rudal permukaan-ke-udara, menurut data tersebut, angka tertinggi untuk periode tersebut dalam data yang tersedia untuk umum sejak tahun 2008.

Berbeda dengan AS, pemerintah Inggris tidak memberikan senjata secara langsung kepada Israel namun memberikan izin bagi perusahaan untuk menjual senjata, dengan masukan dari pengacara mengenai apakah perusahaan tersebut mematuhi hukum internasional.

Banyak dari izin yang disetujui pada periode setelah dimulainya perang di Gaza adalah untuk barang-barang yang terdaftar untuk “penggunaan komersial” atau barang-barang yang tidak mematikan seperti pelindung tubuh, helm militer atau kendaraan all-wheel drive dengan perlindungan balistik.

Reuters tidak dapat memastikan apakah penurunan nilai izin yang disetujui untuk Israel disebabkan oleh keputusan Inggris untuk membatasi penjualan barang-barang tertentu, atau karena adanya penurunan permintaan dari Israel.

Departemen Bisnis dan Perdagangan, yang bertanggung jawab untuk menyetujui izin ekspor, dan Kementerian Luar Negeri menolak berkomentar. Kedutaan Besar Israel di London tidak menanggapi permintaan komentar.

PEMBATASAN
Konflik Israel di Gaza dipicu ketika pejuang Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober dan menewaskan sekitar 1.200 orang, menurut penghitungan Israel. Pemboman dan invasi Israel selanjutnya ke Gaza telah menewaskan lebih dari 37.000 warga Palestina, menurut otoritas kesehatan di daerah kantong yang dikelola Hamas.

Anggota parlemen Inggris dan kelompok hak asasi manusia mengkritik pemerintah karena kurangnya informasi publik mengenai penjualan senjata ke Israel sejak awal konflik.

Beberapa negara seperti Italia, Kanada, dan Belanda telah memberlakukan pembatasan ekspor senjata ke Israel karena kekhawatiran mengenai cara penggunaan senjata tersebut.

Meskipun Jerman menyetujui ekspor senjata ke Israel senilai 326 juta euro tahun lalu, 10 kali lebih banyak dibandingkan tahun 2022, volume persetujuan turun menjadi sekitar 10 juta euro pada kuartal pertama tahun ini.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak adalah salah satu pendukung terkuat di Eropa yang mendukung hak Israel untuk merespons dengan kekuatan besar terhadap Hamas.

Dia menolak seruan untuk menghentikan transfer senjata ke Israel namun mengatakan pemerintah mematuhi “rezim perizinan yang sangat hati-hati”.

Inggris diperkirakan akan memberikan informasi tentang penjualan senjata ke Israel pada paruh pertama tahun ini dalam beberapa bulan mendatang.

Pemerintah di masa lalu telah memblokir penjualan senjata ke Israel, seperti pada tahun 2009 ketika Israel mencabut beberapa izin, dan pada tahun 1982 ketika ada pembatasan resmi setelah invasi ke Lebanon.

KEYWORD :

Persetujuan Ekspor Senjata Inggris Israel Turun Tajam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :