Minggu, 06/10/2024 06:59 WIB

Industri Pelayaran Mendesak Tindakan di Laut Merah saat Houthi Tenggelamkan Kapal Lagi

Industri Pelayaran Mendesak Tindakan di Laut Merah saat Houthi Tenggelamkan Kapal Lagi

Penyelamatan kapal milik Yunani berbendera Liberia yang diserang oleh Houthi, di Laut Merah, 15 Juni 2024. Handout via REUTERS

LONDON - Tindakan mendesak harus diambil di Laut Merah untuk menghentikan serangan terhadap kapal dagang oleh kelompok Houthi Yaman, kata kelompok industri terkemuka pada Rabu, setelah tenggelamnya kapal kedua.

Militan Houthi yang bersekutu dengan Iran pertama kali melancarkan serangan pesawat tak berawak dan rudal di jalur perdagangan penting tersebut pada bulan November dalam apa yang mereka katakan sebagai solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza. Dalam lebih dari 70 serangan, mereka juga menyita satu kapal dan awaknya serta membunuh sedikitnya tiga pelaut.

“Sangat menyedihkan bahwa para pelaut yang tidak bersalah diserang ketika mereka sedang melakukan pekerjaan mereka, pekerjaan penting yang menjaga dunia tetap hangat, makan, dan berpakaian,” kata asosiasi pelayaran terkemuka dunia dalam sebuah pernyataan bersama.

“Serangan-serangan ini harus dihentikan sekarang. Kami menyerukan kepada negara-negara yang mempunyai pengaruh di kawasan ini untuk melindungi para pelaut kami yang tidak bersalah dan segera meredakan ketegangan di Laut Merah.”

Kapal pengangkut batubara Tutor milik Yunani yang diserang oleh militan Houthi Yaman di Laut Merah pekan lalu telah tenggelam, tim penyelamat mengkonfirmasi pada hari Rabu.

Kapal itu diserang dengan rudal dan sebuah kapal yang dikendalikan dari jarak jauh dan berisi bahan peledak, menurut sumber.

Pasukan angkatan laut internasional telah dikerahkan terutama untuk memberikan dukungan defensif bagi kapal-kapal yang masih berlayar melalui Laut Merah, namun serangan-serangan tersebut telah meningkat secara signifikan.

Sumber-sumber industri asuransi mengatakan pada hari Rabu bahwa ada juga kekhawatiran yang meningkat atas penggunaan kapal penyerang tanpa awak oleh Houthi.

“Mereka lebih sulit untuk dilawan dan berpotensi lebih mematikan ketika menyerang permukaan air,” kata salah satu sumber industri.
“Rudal – sampai saat ini – sebagian besar menyebabkan kerusakan dek dan suprastruktur (pada kapal).”

Sejauh ini terdapat 10 serangan Houthi pada bulan Juni dibandingkan dengan lima serangan pada bulan Mei, kata Munro Anderson, kepala operasi di risiko perang laut dan spesialis asuransi Vessel Protect, bagian dari Pen Underwriting.

“Keberhasilan pertama penggunaan kapal permukaan tak berawak merupakan tantangan baru bagi pelayaran komersial dalam lingkungan yang sudah kompleks,” tambahnya.

Sumber-sumber industri asuransi mengatakan bahwa premi tambahan risiko perang, yang dibayarkan ketika kapal berlayar melalui Laut Merah, telah mencapai hampir 0,7% dari nilai sebuah kapal dalam beberapa hari terakhir dari sekitar 1% pada awal tahun ini.

Mereka menambahkan bahwa dengan tenggelamnya kapal kedua dan kerugian yang mungkin timbul akibat tenggelamnya kapal tersebut, tarif kemungkinan akan naik, menambah biaya tambahan ratusan ribu dolar untuk setiap pelayaran.

Kapal harus mengalihkan rute di sekitar Afrika bagian selatan, yang merupakan cara terbaik untuk melindungi pelaut, kata Stephen Cotton, Sekretaris Jenderal Federasi Pekerja Transportasi Internasional, serikat pelaut terkemuka.

“Kami juga akan menyambut baik pengawalan yang tepat dan perlindungan kapal oleh angkatan laut, yang akan mengurangi risiko kapal terkena serangan,” tambahnya.

KEYWORD :

Israel Palestina Laut Merah Houthi Yaman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :