Sabtu, 28/09/2024 20:11 WIB

Pemeran Presiden Snow `Hunger Games` Donald Sutherland Meninggal Dunia

Pemeran Presiden Snow `Hunger Games` Donald Sutherland Meninggal Dunia

Donald Sutherland di film Hunger Games sebagai Presiden Snow yang kejam. (FOTO: THE HUNGER GAMES)

JAKARTA - Donald Sutherland, aktor veteran yang dikenal dengan film The Hunger Games dan peran lainnya di film dan televisi, meninggal dunia di usia 88 tahun.

Donald Sutherland meninggal dunia Kamis (20/6/2024) di Miami setelah lama sakit, Missy Davy dari CAA mengonfirmasi kepada People.

Perayaan kehidupan secara pribadi akan diadakan oleh keluarga, kata Davy.

Aktor ini meninggalkan lima anak, termasuk putranya yang berusia 57 tahun, Kiefer Sutherland dari mantan istrinya aktris Shirley Douglas, dan lima cucu.

Donald Sutherland, yang sebelumnya juga menikah dengan Lois Hardwick, menikahi aktris Francine Racette pada tahun 1972, dan berbagi anak dengan Roeg, Rossif, dan Angus. Dia juga ayah dari putri Rachel dengan Douglas, yang meninggal pada tahun 2020 pada usia 86 tahun.

Donald Sutherland memerankan Mr. Bennet di Pride and Prejudice tahun 2005 bersama Keira Knightley dan Hawkeye Pierce di M*A*S*H tahun 1970-an, dan dia memiliki peran film terkenal yang tak terhitung jumlahnya dalam film seperti Ordinary People (1980) dan Invasion of the Body Snatchers (1978) , ditambah sebagai Presiden Snow yang jahat di keempat film Hunger Games bersama Jennifer Lawrence.

Perannya baru-baru ini termasuk di serial televisi seperti The Undoing, Trust dan Swimming with Sharks.

Donald Sutherland, yang memenangkan Emmy untuk film TV tahun 1995 Citizen X , dianugerahi Honorary Academy Award pada tahun 2017 "untuk karakter yang tak terhapuskan seumur hidup, yang ditampilkan dengan kejujuran yang tak tergoyahkan," meskipun ia tidak pernah dinominasikan untuk Oscar kompetitif selama karirnya yang panjang yang benar-benar melejit setelah The Dirty Dozen tahun 1967.

Dia mengatakan dalam pidato penerimaannya saat itu bahwa penghargaan tersebut "sangat penting bagi saya, bagi keluarga saya."

"Rasanya seperti sebuah pintu telah terbuka dan angin segar yang sejuk telah masuk. Saya harap saya bisa mengucapkan terima kasih kepada semua karakter yang telah saya perankan, berterima kasih kepada mereka karena telah menggunakan hidup mereka untuk memberi informasi dalam hidup saya," dia melanjutkan.

"Saya ingin sekali mengucapkan terima kasih kepada banyak orang yang bertanggung jawab atas keberadaan saya di sini."

Dia juga menambahkan tentang istrinya, "Dan, tentu saja, terima kasih kepada Francine Racette, yang merupakan sumber segala sesuatunya - yaitu keluarga saya - yang merupakan sumber segala sesuatu, dan kepada siapa segala sesuatunya berutang. Saya telah menjadi rekannya selama ini, selama 45 tahun, dan dalam semua itu dia telah mendukung saya dengan kecerdasannya, intuisinya, instruksinya, kemampuannya membuat saya tertawa dalam situasi yang paling buruk, indra perasanya yang luar biasa, sisa kepercayaannya pada saya."

Donald Sutherland melanjutkan, "Di antara semua ini, kemampuannya untuk menyerap dan mempertahankan naik turunnya kehidupan film gila yang luar biasa yang telah kita lalui. Maksudku, dia pantas mendapatkan medali untuk itu. Jadi, Francine, aku akan mendapatkan kamu sebuah medali."

Pada tahun 2022, Kiefer Sutherland memberitahu The Guardian bagaimana karier ayahnya yang terkenal menginspirasi jalannya sendiri di Hollywood.

Sulit membayangkan aktor lain yang produktif dan membuat film yang beragam seperti Ordinary People, Don`t Look Now, Casanova karya Fellini , 1900 karya Bertolucci, dan The Hunger Games, katanya.

"Pengaruhnya adalah membuat karir saya menjadi lebih beragam dan semenarik mungkin, yang dia ajarkan kepada saya dengan melakukan, bukan dengan mengatakan, dan itu sangat keren."

Donald Sutherland mengatakan kepada Variety pada tahun 2014 bahwa dia tidak menyangka perannya di Hunger Games menjadi begitu ikonik - sampai-sampai penggemar muda akan meminta fotonya selama bertahun-tahun setelahnya.

Tom Blyth memainkan versi muda Coriolanus Snow karya Donald Sutherland dalam film prekuel The Ballad of Songbirds and Snakes.

“Biasanya, sebelum foto diambil, perempuan muda itu akan berkata, `Kenapa kamu terlihat begitu jahat?`" canda Donald Sutherland, yang juga mengenang saat dia mengetahui bahwa waralaba adalah sebuah hal yang besar, "Saya berada di dokter kulit saya, dan dia bertanya kepada saya apa yang saya lakukan selanjutnya tersentak dan mulai memanggil semua orang ke dalam ruangan, dan mereka semua berlari. Itu adalah firasat pertamaku bahwa ini mungkin sesuatu yang besar." (*)

 

 

KEYWORD :

Seputar Film Kabar Artis Donald Sutherland Hunger Games meninggal dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :