Sabtu, 29/06/2024 22:37 WIB

Kebijakan Trump Dinilai Bakal Picu Inflasi oleh 16 Ekonom Pemenang Hadiah Nobel

Kebijakan Trump Dinilai Bakal Picu Inflasi oleh 16 Ekonom Pemenang Hadiah Nobel

Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump dalam kampanye di Philadelphia, Pennsylvania, AS, 22 Juni 2024. REUTERS

WASHINGTON - Enam belas ekonom pemenang hadiah Nobel menandatangani surat pada hari Selasa yang memperingatkan bahwa perekonomian AS dan dunia akan menderita jika calon presiden dari Partai Republik Donald Trump memenangkan pemilihan presiden AS pada bulan November.

Surat yang ditandatangani bersama tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh Axios, mengatakan bahwa agenda ekonomi Presiden AS Joe Biden, seorang Demokrat, “jauh lebih unggul” dibandingkan agenda Trump, mantan presiden Partai Republik yang sedang mengincar masa jabatan kedua.

Para ekonom mengatakan rencana ekonomi Trump akan menghidupkan kembali inflasi, sebagian karena janjinya untuk mengenakan tarif yang lebih ketat terhadap impor Tiongkok, yang menurut mereka akan menaikkan harga banyak barang yang dibeli oleh konsumen AS.

“Meskipun masing-masing dari kita memiliki pandangan berbeda mengenai berbagai kebijakan ekonomi, kita semua sepakat bahwa agenda ekonomi Joe Biden jauh lebih unggul daripada Donald Trump,” para ekonom menyatakan dalam surat mereka.

“Kami percaya bahwa masa jabatan Trump yang kedua akan berdampak negatif pada posisi ekonomi AS di dunia, dan dampak yang mengganggu stabilitas perekonomian domestik AS.”

Surat tersebut ditandatangani oleh ekonom terkemuka termasuk Joseph Stiglitz, peraih hadiah Nobel bidang ekonomi pada tahun 2001, dan Sir Angus Deaton, peraih Nobel bidang ekonomi pada tahun 2015.

Biden dan Trump bersaing ketat dalam pemilu. Pemilihan pada tanggal 5 November akan diputuskan oleh para pemilih di beberapa negara bagian yang bersaing ketat karena preferensi suara mereka dapat beralih ke Partai Republik atau Demokrat.

Meskipun inflasi umum telah melambat dalam dua tahun terakhir, banyak konsumen AS masih tidak puas dengan tingginya harga yang harus mereka bayar untuk makanan, bahan bakar, dan barang-barang lainnya, menurut jajak pendapat publik.

Trump telah berjanji untuk mengenakan tarif pada impor asing, dan setidaknya 60% pada barang-barang Tiongkok yang masuk ke AS, sebuah biaya yang menurut para ekonom akan dibebankan kepada konsumen AS dalam bentuk kenaikan harga.

“Banyak orang Amerika khawatir terhadap inflasi, yang telah turun dengan sangat cepat. Ada kekhawatiran yang wajar bahwa Donald Trump akan memicu kembali inflasi ini, dengan anggaran fiskalnya yang tidak bertanggung jawab,” tulis surat tersebut.

Tim kampanye Trump tidak segera menanggapi permintaan komentar. James Singer, juru bicara kampanye Biden, menyebut agenda ekonomi Trump berbahaya.

Perekonomian AS akan menjadi tema utama dalam debat presiden pertama antara Biden dan Trump pada hari Kamis. Trump menyalahkan Biden atas tingginya harga dan inflasi, sementara Biden mengklaim kebijakan perdagangan Trump, termasuk tarif, akan meningkatkan inflasi.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Donald Trump Calonkan Diri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :