Minggu, 29/09/2024 05:53 WIB

Rektor Untar Tekankan Urgensi PTS Kelola Reputasi dan Pendanaan

Prof. Agustinus Purna Irawan menekankan urgensi membangun reputasi bagi perguruan tinggi swasta (PTS).

Rektor Universitas Tarumanagara, Agustinus Purna Irawan (Foto: Youtube)

Jakarta, Jurnas.com - Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Prof. Agustinus Purna Irawan menekankan urgensi membangun reputasi bagi perguruan tinggi swasta (PTS).

Pasalnya, saat ini ada 5 juta mahasiswa yang sedang menempuh studi di perguruan tinggi, sementara PTS dituntut menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan sesuai kebutuhan masyarakat.

"PTS memang harus bangkit untuk membangun reputasinya. Karena kalau tidak ada reputasi, tentu akan menjadi masalah, bagaimana nanti kualitasnya, bagaimana keberlanjutan setelah lulus," kata Prof. Agustinus di sela-sela kegiatan `“Leadership Talks` Episode ke-2 di Kampus Untar pada Selasa (25/6).

Membangun reputasi, lanjut Prof. Agustinus, memang tidak mudah bagi PTS. Sebab, PTS harus meningkatkan biaya pendidikan guna mencari pendanaan. Tak seperti perguruan tinggi negeri yang ditopang oleh APBN.

"PTS harus mengejar reputasi, dan bagaimana mengkombinasikan antara reputasi untuk mendapatkan pembiayaan, pembiayaan untuk membangun reputasi, ini satu manajemen yang terintegrasi, sehingga dua-duanya bisa tercapai bersamaan," ujar dia.

"Kalau salah satu hilang pasti akan jadi masalah dalam pengelolaan perguruan tinggi," dia menambahkan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemdikbudristek, Abdul Haris, menyebut kegiatan `Leaders Talks` bertujuan membuka sudut pandang baru dan menajamkan strategi perguruan tinggi dalam mengelola reputasi.

"Reputasi sangat penting dalam pendidikan tinggi, biasanya hal ini dilihat dari perangkingan yang ada, namun saat ini tingkat reputasi perguruan tinggi dinilai dari besarnya dampak sosial yang dapat diberikan kepada masyarakat global," kata Abdul Haris.

Kepala LLDikti Wilayah III, Toni Toharudin, menambahkan bahwa kegiatan ini menjadi forum berbagi sumber daya dan praktik baik antarperguruan tinggi, utamanya yang berada di DKI Jakarta.

"PTS yang unggulnya sudah banyak, sehingga sudah waktunya harus sharing best practice dengan PTS-PTS lain, supaya PTS lain bisa terdorong dengan acara ini," ujar Toni.

KEYWORD :

Reputasi Perguruan Tinggi Untar Universitas Tarumanagara Agustinus Purna Irawan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :